Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Online Melalui Platform Shopee di Bandar Lampung

Luwiha Luwiha, Andala Rama Putra Barusman

Abstract


Perubahan paradigma yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah pergeseran sikap berbelanja dari pendekatan konvensional atau tradisional ke arah yang lebih modern, dengan pemanfaatan teknologi yang sedang berkembang pesat saat ini. Transformasi ini sering disebut sebagai fenomena belanja online, yang melibatkan proses jual beli menggunakan infrastruktur teknologi seperti perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan internet. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi pengaruh secara bersamaan maupun parsial dari berbagai variabel seperti kualitas produk, citra merek, resiko, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian online. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kuantitatif dengan menerapkan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara parsial, variabel kualitas produk (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), begitu pula dengan citra merek (X2) dan resiko (X3), serta kepercayaan (X4) yang juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Secara keseluruhan, variabel kualitas produk (X1), citra merek (X2), resiko (X3), dan kepercayaan (X4) secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y), khususnya dalam konteks aplikasi Shopee.


Keywords


Kualitas Produk; Citra Merek; Resiko; Kepercayaan dan Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Ariella, Irfan Rizqullah. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(2).

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). Supply Chain Strategy and Service Recovery as an Antecedent of Customer Loyalty for Insurance Company. International Journal of Supply Chain Management , 8(5), 285–293. http://excelingtech.co.uk/

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Effect of Security, Service Quality, Operations and Information Management, Reliability &Trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 586–594. http://excelingtech.co.uk/

Bastian, Danny Alexander. (2014). Analisa Pengaruh Citra Merek (Brand Image) dan Kepercayaan Merek (Brand Trust) Terhadap Loyalitas Merek (Brand Loyalty) ADES PT. Ades Alfindo Putra Setia. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra, 2(1), 1–9.

Canestren, Inggardini Asarila & Saputri, Marheni Eka. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Metode Pembayaran Shopee Paylater. EProceedings of Management, 1–15.

Fahrudin, Muhammad Fajar & Yulianti, Emma. (2015). Pengaruh promosi, lokasi, dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian nasabah Bank Mandiri Surabaya. Journal of Business & Banking, 5(1), 149–162. https://doi.org/10.14414/jbb.v5i1.385

Haryani, Dwi Septi. (2019). Pengaruh Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Online di Tanjungpinang. DIMENSI, 8(2), 198–209.

Khasanah, Siti Hertiwi., Ariani, Nani & Argo, Jenji Gunaedi. (2021). Analisis Citra Merek, Kepercayaan Merek, dan Kepuasan Merek terhadap Loyalitas Merek. Prosiding Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi., 2, 394–411.

Lisdiana, Nuning. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online di Online Shop Lazada. Jesya Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syriah, 4(2), 1356–1367.

Magerite, MN., Wangke, SJC., Magerite, Monicha N & C Wangke, S. J. (2022). The Influence of Product Quality And Location Towards Customer Satisfaction At Kopi Kenangan Manado Town Square Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kopi Kenangan Manado Town Square. Jurnal EMBA, 10(4), 190–198.

Mahira, Mahira., Hadi, Prasetyo & Nastiti, Heni. (2021). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi, 2, 1267–1283.

Njoto, Dea Putri & Sienarta, Krismi Budi. (2018). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Wenak Tok. PERFORMA: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 3(5), 613–618.

Pratiwi, Kandi Dwi. (2022). E-Commerce and Economic Growth In Indonesia: Analysis of Panel Data Regression (Vol. 7, Issue 1).

Putri, Nur Afifah Rosnadia & Iriani, Sri Setyo. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keputusan Pembelian Melalui E-Commerce Shopee. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(2), 69–77. https://doi.org/10.31504/komunika.v8i2.2391

Solihin, Dede. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38–51. https://doi.org/10.33753/mandiri.v4i1.99

Suari, Made Tiya Yogi., Telagawathi, Ni Luh Wayan Sayang & Yulianthini, Ni Nyoman. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Bisma: Jurnal Manajemen, 5(1), 26–33.

Sutisna, Nana & Sutrisna, Sutrisna. (2023). Implementasi Sistem Informasi dalam Mendukung Perilaku Pembelian Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce. Jurnal MENTARI: Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 20–30. https://journal.pandawan.id/mentari/article/view/343

Yam, Jim Hoy & Taufik, Ruhiyat. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. PERSPEKTIF: Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i2.4223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub