Model Transformasi Manajemen Pelayanan Hak Tanggungan dari Manual ke Elektronik Pada Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menggambarkan transformasi manajemen pelayanan yang dikhususkan kepada pelayanan pemberian hak tanggungan dari manual ke digital/elektronik pada Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur. Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sejak aturan mengenai HT-el dikeluarkan, maka saat itu kementerian ATR/BPN memerintahkan kantor pertanahan di seluruh Indonesia melaksanakan aturan mengenai HT-el tersebut termasuk Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur. Berdasarkan hasil wawancara bersama Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur Bapak Joni Imron, S.Si., M.H. di jelaskan bahwa : “Kantor Pertanahan Kabupaten Lampung Timur saat ini, masih punya pekerjaan rumah yang besar. Sebab pelayanan Hak Tanggungan sudah harus diterapkan full elektronik sejak Tahun 2020, namun Hak Tanggungan yang terbit sebelum tahun 2020 masih berlaku. Jadi dalam pelaksanaannya transformasi pelayanan dikerjakan berdampingan dan berkesinambungan agar nantinya semua pelayanan Pertanahan bisa full elektronik” (W.K.BPN, 31.07.2023). Oleh sebab itu, maka pelayanan Hak Tanggungan Elektronik sudah diberlakukan semenjak keluarnya Permen ATR/BPN nomor 5 Tahun 2022 namun untuk pelayanan roya manual masih dapat diberikan untuk Hak Tanggungan Manual yang terbit sebelum keluarnya peraturan tersebut.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
-
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3597
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub