Pengembangan Model Manajemen Salon Kecantikan dan SPA yang Dikelola di SMKN 8 Bandar Lampung
Abstract
Berdasarkan hasil pada penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan model manajemen teaching factory di SMK Negeri 8 Bandar Lampung ditinjau dari (a) perencanaan sudah dilakukan dengan baik seperti peng administrasian waktu, alat-alat dan bahan pratikum pada sanggar; (b) pengorganisasian teaching factory yang tersusun dengan baik mulai dari ketua kompetensi keahlian, ketua salon, guru mata pelajaran, dan toolman; (c) pelaksanaan sudah dilakukan dengan baik; (d) pengawasan dilakukan terpadu oleh seluruh komponen sekolah. hasil dari penerapan manajemen teaching factory memberikan bekal terjun di industri, kepercayaan dari DUDI, dan outputnya terserap dengan baik oleh dunia industri. Pengelolaan usaha Sanggar kecantikan skapan cukup baik, dan kelemahan yang dimiliki oleh Sanggar kecantikan skapan yaitu kurangnya usaha pemasaran, jumlah sumber daya manusia yang kurang efektif, dan kurangnya kompetensi sumber daya manusia. Strategi alternatif untuk pengembangan bagi Sanggar kecantikan skapan merupakan combination strategy (strategi kombinasi), dimana peneliti menganjurkan strategi penetrasi pasar untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek pemasaran, dan menganjurkan beberapa strategi alternatif untuk mengatasi masalah atau kekurangan pada aspek sumber daya manusia.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Barusman, Andala Rama Putra & Mihdar, Fauzi. (2015). The Effect of Perceived Social Support on Student Loyalty with Student Satisfaction as Mediating Variable at Private University. International Journal of Recent Advances in Organizational Behaviour and Decision Sciences (IJRAOB), An Online International Research Journal, 1–15. https://www.researchgate.net/publication/327814531
Imbing, Berliana Glorya Liebe & Andry, Johanes Fernandes. (2020). Analisis Proses Bisnis Pada Sekolah Musik Menggunakan Zachman Framework. Positif: Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 6(1), 1–11.
Kusumadewi, Subekti. (2019). Pengembangan Model Manajemen Kurikulum Berbasis Penguatan Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah Dasar. REFLEKSI EDUKATIKA: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1), 88–96. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Mustoro, Ponco Nofian & Alifah, Widiati. (2022). Implementasi Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Untuk Peningkatan Pendapatan Usaha Rias Salon Implementation of Marketing Management Courses for Increase in Income from Make Up Salon Business. Garina, 14(2), 323–338. https://www.sampoernauniversity.ac.id/
Octaviani, Riska., Amalia, Faizatul & Brata, Adam Hendra. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Dinda Salon Di Kota Malang Berbasis Website. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 4(11), 3804–3812. http://j-ptiik.ub.ac.id
Permana, Hinggil., Fauzi, Ibnu Abdillah Hammam., Hasanah Aan & Arifin, Bambang Samsul. (2021). Pengembangan Model Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 02(1), 41–55.
Qibtiah, Elin Asrofah., Retnowati, Rita & Laihad, Griet Helena. (2018). Manajemen Sekolah Alam Dalam Pengembangan Karakter Pada Jenjang Sekolah Dasar Di School Of Universe. Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 626–635.
Rachman, Maman., Masrukhi, Masrukhi., Munandar, Aris & Suhardiyanto, Andi. (2017). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Dan Pengembangan Pendidikan Karakter Berlokus Padepokan Karakter. Jurnal Refleksi Edukatika, 8(1), 17–26. http://jurnal.umk.ac.id/index.php/RE
Rahmiati, Rahmiati., Astuti, Murni & Dewi, Ika Parma. (2019). Peningkatan Pengetahuan Make Up Dan Mehndi (Go Salon Muslimah Berbasis Android) Untuk Menciptakan Kewirausahaan Mahasiswa Dan Alumni Jurusan Tata Rias Dan Kecantikan Unp. Journal of Community Service, 1(1), 130–138. http://idm.or.id/JCS
Ramadhan, M. Agphin., Murtinugraha, R. Eka & Subarkah, Muhamad. (2021). Kelayakan Standar Sarana dan Prasarana SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Kota dan Kabupaten Bekasi (Studi Kasus di SMKN 6 Kota Bekasi dan SMKN 1 Cikarang Barat). Risenologi, 6(1), 37–46. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.171
Rianda, Metsy., Rostamailis, Rostamailis & Yanita Merita. (2015). Manajemen Usaha Salon Kecantikan di Kecamatan Padang Timur. Journal of Home Economics and Tourism, 10(3), 1–17.
Rindaningsih, Ida. (2012). Pengembangan Model Manajemen Strategik Berbasis (Beyond Center and Circle Time) BCCT PADA PAUD. Pedagogia, 1(2), 213–223.
Sari, Adha Kurnia., Giatman, Muhammad & Ernawati, Ernawati. (2022). Manajemen pembelajaran teaching factory dalam meningkatkan kompetensi keahlian siswa jurusan tata kecantikan di sekolah menengah kejuruan. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(2), 148–155. https://doi.org/10.29210/30031696000
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Dalam Penelitian Kualitatif. Komika, 10(2), 342–362.
Widiana, Wine., Hubies, Musa & Raharja, Sapta. (2013). Tingkat Kepuasan Pelanggan dan Strategi Pengembangan Usaha Jasa Salon Kecantikan Keraton di Tangerang. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah , 8(1), 88–98. http://journal.ipb.ac.id/index.php/jurnalmpi/
Wijaya, M Burhan R. (2013). Model Pengelolaan Teaching Factory Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(2), 125–132.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3592
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub