Pengaruh Perilaku Profesionalisme dan Kepemimpinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada SMP Negeri 13 Bandar Lampung

Rochdalela Rochdalela, Iskandar Ali Alam

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perilaku profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa pada SMP Negeri 13 Bandar Lampung, mengetahui pengaruh kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada SMP Negeri 13 Bandar Lampung, dan mengetahui pengaruh perilaku profesionalisme dan kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa pada SMP Negeri 13 Bandar Lampung. pendekatan kuantitatif non-eksperimental dengan metode desain cross-sectional design yang digunakan dalam penelitian ini. sampel pada penelitian ini sebanyak 75 siswa kelas IX. Sumber data dalam penelitian didapatkan dari data primer. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui self report survey yang berupa kuesioner dengan pendekatan metode Likert. Hasil analisis regresi linear berganda mendapatkan hasil persamaan regresi Y = 12,626 + 0,219X1 + (-0,004) X2. Hasil uji t diperoleh koefisien antara variabel perilaku profesionalisme terhadap motivasi belajar sebesar 0,550 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), hal ini menunjukkan terdapat pengaruh positif secara signifikan antara perilaku profesionalisme terhadap motivasi belajar. Untuk variabel kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar terdapat nilai koefisien sebesar 0,463 dengan taraf signifikansi 0,000 (p<0,05), hal ini menunjukkan terdapat pengaruh secara positif dan signifikan antara kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar. Hasil uji F didapatkan nilai Sig sebesar 0,000 (< 0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara bersama-sama antara perilaku profesionalisme dan kepemimpinan guru terhadap motivasi belajar siswa. nilai koefisien (R) = 0,550 menunjukkan tingkat pengaruh kedua variabel tersebut adalah cukup kuat dan nilai R Square = 0,302 yang berarti variabel perilaku profesionalisme dan kepemimpinan guru mempengaruhi variabel motivasi belajar sebesar 30,2%.


Keywords


Perilaku Profesionalitas, Kepemimpinan Guru, Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ady, Fransiskus & Wijono, Djoko. (2013). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maksipreneur, 2(2), 101–112.

Anggraeni, Anggraeni., Lubis, M.Syukri Azwar & Yulia, Fitria. (2022). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akidah akhlak. Tajribiyah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 1–13.

Arisman, Arisman., Getteng, Rahman & Nuryamain, Nuryamin. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTSN 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskusi Islam, 6(3), 418–443.

Barusman, Andala Rama Putra. (2014). The Role of Student Satisfaction at Private Universities. Business and Entrepreneurial Review, 14(1), 33–56.

Dau, yoseph Lodowik Deki. (2020). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dosen, Perilaku Belajar, Motivasi Belajar Terhadap Kualitas Soft Skill Mahasiswa Stipas Keuskupang Agung Kupang. Jurnal Seputar Penelitian Pendidikan Keagaman, 1(1), 1–18.

Emda, Amna. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 173–182.

Gosal, Vini H R., ManampirIng, Aaltje E & Waha, Caecilia. (2022). Perilaku Profesional Tenaga Medis terhadap Tanggung Jawab Etik dan Transaksi Terapeutik dalam Menjalankan Kewenangan Klinis. Medical Scope Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.35790/msj.v4.i1.41689

Gupta, P. K & Mili, Rashmi. (2016). Impact of Academic Motivation on Academic Achievement: a Study on High Schools Students. European Journal of Education Studies, 2(10), 44–51. https://doi.org/10.5281/zenodo.321414

Hamdu, Ghullam & Agustina, Lisa. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Kasmawati, Kasmawati. (2015). Pengaruh Guru Profesional Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada SMPN 1 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. AULADUNA, 2(1), 42–64.

Laili, Ummiyah Fauziyah & Nafi’ah, Istiana Malikatin. (2020). Penggunaan Metode Trading Places Dalam Pembelajaran Asmāul Husna Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar the use of Trading Places Method In Asmāul Husna Learning To Improve Learning Achievements. Sittah: Journal of Primary Education, 1(1), 45–56.

Rahmawati, Rima. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMA N 1 Piyungan Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 5(4), 326–336.

Risman, Arisman., Getteng, Rahman & Nuryamin, Nuryamin. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik MTSN 2 Bone Kabupaten Bone. Jurnal Diskusi Islam, 6(3), 418–443.

Sari, Mutia., Rachman, Habibur., Astuti, Noni Juli., Afgani, Muhammad Win & Siroj, Rusdy Abdullah. (2023). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(1), 10–16. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1953

Seftiani, Sholihat., Sesrita, Afridha & Suherman, Irman. (2020). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138.

Theodora, Olivia. (2015). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sejahtera Motor Gemilang. AGORA, 3(2), 187–195.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v12i2.3589

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub