Pengaruh Farmasi Klinis dan Kualifikasi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Hermina Lampung

Muhammad Rizky Yuwana

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh farmasi klinis dan kualifikasi sumber daya kefarmasian baik secara parsial maupun simultan terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Hermina Lampung. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian menggunakan penelitian survei dengan pendekatan statistik. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan bantuan Program SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa farmasi klinis berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Hermina Lampung, kemudian kualifikasi sumber daya manusia kefarmasian berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Hermina Lampung serta farmasi klinis dan kualifikasi sumber daya kefarmasian berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Rumah Sakit Hermina Lampung. Saran yang dapat dikemukakan perlu kiranya tenaga teknis kefarmasian menanyakan lebih mendalam mengenai mengenai riwayat penggunaan obat melalui wawancara atau data rekam medik sehingga dapat memperkecil resiko akibat reaksi obat yang tidak dikehendaki (efek samping obat), kemudian sebagai self awareness hendaknya apoteker dan tenaga teknis kefarmasian senantiasa menunjukkan empati dengan menunjukkan perhatian dan sopan santun dalam melayani kepada pasien/keluarga/ konsumen yang membutuhkan pelayanan dari apoteker dan teknis kefarmasian.


Keywords


Farmasi Klinis, Kualifikasi Sumber Daya Manusia, Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Husaini. (2017). Peranan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi. Jurnal Warta Edisi, 51, 1–11.

Abdullah, Ma’aruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 1).

AT, Trianengsih., Hardisman, Hardisman & Almasdy, Dedy. (2019). Implementasi permenkes Nomor 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Terhadap Tatakelola SDM Instalasi Farmasi Rsu Mayjen H.A Thalib Kerinci Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(2), 356–365.

Bachtiar, Meity. A. P., Germas, Alih & Andarusito, Nurcahyo. (2019). Analisis Pengelolaan Obat Di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Jantung Bina Waluya Jakarta Timur Tahun 2019. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (MARSI), 3(2), 119–130.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Effect of Security, Service Quality, Operations and Information Management, Reliability &Trustworthiness on E-Loyalty moderated by Customer Satisfaction on the Online Shopping Website. International Journal of Supply Chain Management, 8(6), 586–594.

Djamaluddin, Furqan., Imbaruddin, Amir & Muttaqin, Muttaqin. (2019). Kepatuhan Pelayanan Farmasi Klinik di Rumah Sakit di RSUP DR. Wahidun Sudirohusodo. Jurnal Administrasi Negara, 25(3), 176–193.

Irawan, Beny & Sitanggang, Erwin Daniel (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (JKF), 3(1), 58–64.

Megawati, Fitria & Antari, Ni Putu Udayana. (2017). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung tahun 2016. Jurnal Ilmiah Medicamento, 3(2), 115–119.

Muhammad, Diki., Almasyhuri, Almasyhuri & Setiani, Lusi Adi. (2020). Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Sekarwangi Cibadak Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi, 4(2), 174–186.

Nadi, Aliasghar., Shojaee, Jalil, Abedi, Ghassem., Siamian, Hasan., Abedini, Ehsan & Rostami, Farideh. (2016). Patients’ Expectations and Perceptions of Service Quality in the Selected Hospitals. Medical Archives (Sarajevo, Bosnia and Herzegovina), 70(2), 135–139.

Yuniar, Yuyun & Handayani, Rini Sasanti. (2016). Kepuasan Pasien Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional tehadap Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 6(1), 39–48.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub