Pengaruh Kompetensi Pegawai Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Penerima Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya

Doniy Akbar, Defrizal Defrizal

Abstract


Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi pegawai dan kualitas pelayanan baik parsial maupun simultan terhadap tingkat kepuasan pasien penerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan metode penelitian menggunakan penelitian survei dengan pendekatan statistik. Analisis data dilakukan dengan menggonakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pegawai berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien penerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya dengan tingkat pengaruh yang rendah, kemudian kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien penerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya, dengan tingkat pengaruh yang sedang dan kompetensi pegawai dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan pasien penerima pelayanan kesehatan di Puskesmas Panaragan Jaya dengan tingkat pengaruh yang sedang. Saran yang dapat dikemukakan hendaknya setiap pegawai Puskesmas Panaragan Jaya memiliki pengetahuan secara teoritis mengenai masalah kesehatan sehingga dapat membantu dalam setiap pelaksanaan pekerjaannya, kemudian hendaknya petugas lebih berinisiatif melayani masyarakat yang datang dan membutuhkan pelayanan di Puskesmas Panaragan Jaya serta pegawai Puskesmas hendaknya cepat dan tanggap dalam memberikan pelayanan kepada setiap orang serta tidak apatis terhadap kebutuhan pasien/keluarga pasien


Keywords


Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien

Full Text:

PDF

References


Antina, Rila Rindi (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Peserta Bpjs Di Puskesmas Pandian Kabupaten Sumenep. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 2(2), 567–576.

Apridani, A., Mantikei, Bambang & Syamsudin, Achmad. (2021). Pengaruh kompetensi, lingkungan kerja dan motivasi terhadap kinerja pegawai pada Puskesmas Kecamatan Tanah Siang. Journal of Environment and Management, 2(1), 82–88.

Ariyulinda, Nita. (2019). Analisis Yuridis Pengaturan Konsil Kebidanan Dalam Undang Undang Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Kebidanan Dikaitkan Dengan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan Dan Peraturan Presiden Nomor 90 Tahun 2017 Tentang Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia. Jurnal Legislasi Indonesia, 16(4), 400-407.

Barusman, Andala Rama Putra & Rulian, Evelin Putri. (2019). The Antecedent of Customer Satisfaction and Its Impact on Customer Retention in Tourism as Hospitality Industry. International Journal of Advanced Science and Technology, 28(8), 322–330.

Eninurkhyatun, Biyanda., Suryoputro, Antono & FatmaSari, Eka Yunita. (2017). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat (Undip), 5(4), 33–42. http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Gandana, Dudi. (2022). Implementasi Peraturan Menteri Nomor 43 Tahun 2019 Tentang Kesahatan masyarakat (Studi di UPTD Puskesmas Cikalong Kabupaten Tasikmalaya). Indonesian Journal Of Education And Humanity, 2(4), 197–203.

Kuntoro, Wahyu & Istiono, Wahyudi. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 140–147.

Nababan, merry Christiani ., Listiawaty, Renny & Berliana, Novi. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi, 2(2), 6–16.

Pundenswari, Pupung. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13–21.

Rensi, Nika. (2019). Pengaruh Kompetensi Tenaga Medis dan Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pada Puskesmas Poncowati Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Simplex, 2(2), 141–152.

Rohida, Leni. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 6(1), 114–136.

Sutisna, Icam. (2020). Statistika Penelitian. Universitas Negeri Gorontalo, 1(1), 1–15.

Tan, Christine Nya Ling., Ojo, Adedapo Oluwaseyi., Cheah Jun Hwa & Ramayah, T. (2019). Measuring the influence of service quality on patient satisfaction in Malaysia. Quality Management Journal, 26(3), 129–143.

Wowor, O. H., Liando, D. M., & Rares, J. (2016). Pelayanan Kesehatan Di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Ilmiah Society, 3(20), 103-122.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub