Pengaruh Kompetensi dan Kualitas Pelayanan Aplikasi ETLE Terhadap Kepatuhan Masyarakat dalam Berlalu Lintas (Studi pada Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung)
Abstract
Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui pengaruh: (1) Kompetensi terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas (2) Kualitas pelayanan aplikasi ETLE terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. (3) Kompetensi dan kualitas pelayanan ETLE secara bersama-sama terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif verifikatif, dengan mengambil sampel yaitu sebanyak 100 orang pengendara kendaraan bermotor. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuisioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Kompetensi petugas Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini berarti bahwa apabila kompetensi ditingkatkan maka kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas juga akan mengalami peningkatan. (2) Kualitas pelayanan ETLE oleh petugas Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini berarti bahwa apabila kualitas pelayanan ditingkatkan maka kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas juga akan mengalami peningkatan. (3) Kompetensi dan kualitas pelayanan ETLE oleh petugas Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah Lampung secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. Hal ini berarti bahwa apabila kompetensi ditingkatkan dan kualitas pelayanan ditingkatkan maka kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas juga akan mengalami peningkatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ma’ruf. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (Vol. 1).
Agus, A Aco ., Mustari, Mustari & Umar, Fiman. (2016). Analisis Tingkat Kepatuhan Hukum Berlalu Lintas Bagi Pengemudi Angkutan Umum antar Kota di Makasar. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik" Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik, 6(2), 55–64.
Dewi, Ni Putu Krisna.,Yuliartini, Ni Putu Rai & Dantes, Komang Febrinayanti. (2022). Implementasi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan terhadap Penegakan Hukum Pelaku Balapan Liar Di Kabupaten Jembrana. E-Journal Komunikasi Yustisa, 5(2), 383–393.
Gunawan, Her. (2022). Analisa Etika dan Keterampilan terhadap Tingkat Pelanggaran Lalu Lintas (Roda Dua) Di Indonesia. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(8), 823–830.
Hendrik, Jhon., Barusman, Andala Rama Putra & Habbiburahman, Habbiburahman. (2016). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tanggamus. Jurnal Visionist, 5(1), 34–41.
Hutagalung, Bob Alexandro. (2022). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kompetensi, Motivasi dan Lingkungan Kerja (Penelitian Literature Review Manajemen Sumber Daya Manusia). JMPIS Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 201–210.
Nurmasitha, Faiza., Hakim, Abdul & Prsetyo, Wima Yudo. (2013). Pengaruh Kompetensi Pegawai dan Lingkungan Kerja terhadap Kualitas Pelayanan (Studi pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik, 1(6), 1220–1228.
Pamudi, Pamudi & Suryani, Erma. (2018). Penerapan Sistem Dinamik dalam Intelligent Transport Systems (Its) Untuk Lebih Meningkatkan Efektifitas, Efisiensi dan Safety (Study Kasus Dinas Perhubungan Kota Surabaya). An International Journal on Information and Communication Technology, 3(1), 19–25.
Paranoan, Natalia., Tandirerung, Christina Jeane & Paranoan, Anthon. (2019). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Kompetensi Sumber Daya Manusia terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Akun Nabelo, 2(1), 181–196.
Pardede, Charles Rio Valentine., Nita, Surya & Setyabudi, Chairul Muriman. (2022). Analisis Program Electronic Traffic Law Enforcement (Etle) Dalam Rangka Menciptakan Kamseltibcarlantas (Studi Kasus Kota Serang). Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(8), 533–542.
Patmawati, Heti & Earlyanti, Novi Indah. (2014). Pengaruh Locus of Control dan Role Ambiguity terhadap Efektivitas Kerja Anggota Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Kepolisian Daerah Lampung. Fiat Justisia Jurnal Ilmu Hukum, 8(1), 1–14.
Prasitwi, Yurika Eva., Bahri, Subur & Wilujeng, Sri. (2021). Pengaruh Kinerja Aparatur Kepolisian Bagian Satuan Lalu Lintas terhadap Kepatuhan Berlalu Lintas Masyarakat di Kecamatan Banyuwangi. Jurnal KATARSIS Ilmu Administrasi Publik, 1(1), 1–7.
Sarmini, Ade. (2019). Kualitas Pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) Pada Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Karimun. Soumatera Law Review, 2(2), 246–257.
Sasambe, Ramly O. (2016). KajiantTerhadap Penyelesaian Pelanggaran Peraturan Lalu Lintas oleh Kepolisian. Lex Crimen, 5(1), 82–90.
Tondok, Marselius Sampe., Ardiansyah, Ficky & Ayuni, Ayuni .(2012). Intensi Kepatuhan Menggunakan Helm pada Pengendara Sepeda Motor: Aplikasi Teori Perilaku Terencana. JUrnal Sains Psikologi, 2(2), 96–112.
Wibowo, Nanang Wahyu., Aminanto, M Ezra & Yola, Lin. (2022). Evaluasi Penerapan E-Policing dalam Program Tilang Elektronik (Etle) di Ruas Jalan Margonda Raya Kota Depok. FOCUS Jpurnal of Social Studies, 3(2), 164–172. https://doi.org/10.37010/fcs.v3i2.970
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v13i1.3540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Visionist saat ini terindeks:
Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub