Strategi Penjualan Produk Fruit Salad Lampung berbasis Soft System Methodology

Wenny Permata Sari, M Yusuf Sulfarano Barusman, M Oktavianur, Hepiana Patmarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model strategi penjualan produk Fruit Salad Lampung (FSL) menggunakan Soft System Methodology. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik produk Fruit Salad Lampung dan karyawan Fruit Salad Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi peningkatan penjualan produk Fruit Salad Lampung merupakan sejumlah strategi untuk meningkatkan kapabilitas dan kualitas para pemain di perusahaan yang sangat kompetitif khususnya dalam menghadapi persaingan global dan ASEAN. Satu dari pendekatan Soft System Methodology dapat menjelaskan permasalahan dengan baik dan menemukan model konseptual sebagai perumusan strategi peningkatan penjualan Fruit Salad lampung. Melalui pelibatan berbagai pemangku kepentingan, baik pemerintah, swasta maupun lembaga penelitian, direkomendasikan untuk lebih meningkatkan berbagai program pengembangan guna meningkatkan strategi pemasaran produk Fruit Salad Lampung. Hasil penelitian menyimpulkan 3 pedoman, pertama adalah menggunakan program pemerintah daerah melalui instansi terkait untuk merumuskan strategi pengembangan pasar. Kedua, sistem sertifikasi produk. Ketiga, dalam rangka mempromosikan dan menjamin produknya, inisiatif sendiri akan melibatkan komunitas peminat makanan sehat di tingkat lokal, serta lembaga penelitian, baik universitas maupun pemerintah


Keywords


Strategi Peningkatan Penjualan, Fruit Salad Lampung, Soft System Methodology

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. (2013). Strategic Management. Jakarta: Rajawali Pers

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School for Disable Students with Special Needs. Journal of Business and Management, 21(5), 22–28. https://doi.org/10.9790/487X-2105022228

Barusman, M Yusuf Sulfarano. (2017). Soft System Methodology Solusi untuk Kompleksitas Manajemen UBL Press Bandar lampung

Coulter Mary & Robbins, Stephen P. (2013). Manajemen. Pearson. United State America. Edisi Kedelapan Jilid 2. Coulter,2013

David, Fred, R. (2006). Strategic Management: Concepts and Cases (Manajemen Strategis : Konsep) . Edisi sepuluh. Salemba Empat, Jakarta

Duncan, Peter J & Tarcy, Brian, (2007). Simplified Strategic Planning: A No- Nonsense Guide for Busy People Who Want Results Fast!, [Online] Available: http://www.QuickMBA.com/Strategy/SWOTAnalysis

Dirgantoro. (2011). Manajemen Strategi. Jakarta: PT. Gramedia

Kotler, Philip & Kevin L. Keller. (2009). Marketing Management Pearson Intenational Edition; New Jersey

Magretta. (2014). Understanding Michael Porter, Yogyakarta Andi,

Moeloeng, Lexy. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Rosda Karya Jakarta.

Pearce, John A. & Robinson, Richard B. (2013.) Manajemen Strategis: Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat,

Potter, Michael. (2010). Strategi Bersaing, Teknik Menganalisis Industry dan Pesaing, Jakarta: Erlangga

Suyanto. (2017). Marketing Strategy, Yogyakarta: Andi Offset

Swastha, Basu & Ibnu, Sukotjo. (2012). Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga, Yogyakarta: Liberty

Swastha, Basu & Irawan. (2012), Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Bisnis. Penerbit CV. Alfabeta. Bandung.

Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra. (2014). Pemasaran Strategik. Yogyakarta. ANDI.

Thompson, (2008), Crafting & Executing Strategy; The Quest for Competitive advantage, sixteenth edition, McGraw-Hill International Edition.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i2.2875

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub