Pengaruh Tingkat Literasi Digital dan Kualitas Teknologi Informasi terhadap Keputusan Berkunjung Turis ke Wisata Bahari Lampung pada masa Pandemi Covid-19

Rahmat Indra Pratama Anom, Tina Miniawati Barusman, Andala Rama Putra Barusman, Tri Lestira Putri Warganegara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat Literasi Digital dan kualitas Teknologi Informasi terhadap Keputusan Berkunjung wisatawan ke wisata bahari Lampung pada masa Pandemi Covid-19. Dari hasil kuisioner yang disebar pada 106 wisatawan. Didapatkan hasil bahwa 30 pertanyaan dalam angket yang diberikan dinyatakan 100% valid, dengan membandingkan nilai r-hitung setiap item pertanyaan telah lebih dari nilai rtable (0,195). Pada hasil per-hitungan uji reliabilitas, maka seluruh variable X1, X2, dan Y memiliki koofisien alfa lebih dari 0,6. Sehingga seluruh variable dinyatakan reliabel. Selanjutnya jika melihat hasil uji hipotesis maka disimpulkan bahwa Tingkat Literasi Digital, Kualitas Teknologi Informasi, maupun Tingkat Literasi Digital dan Kualitas Teknologi Informasi secara bersamaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Keputusan Berkunjung pada Wisata Bahari di Lampung di masa pandemi Covid-19. Dan untuk nilai R-square sebesar 0,631 yang menunjukkan bahwa tingkat Literasi Digital dan kualitas Teknologi Informasi secara bersamaan mampu menjelaskan Minat Keputusan Berkunjung pada Wisata Bahari di Lampung di masa pandemi Covid-19.


Keywords


Literasi Digital, Teknologi Informasi, Keputusan Berkunjung, dan Covid-19

Full Text:

PDF

References


Aang, Soenandi, I; Perangin Angin, P., & Anu, B. (2021). Peningkatan Kesiapan Literasi Digital Dalam Menunjang MBKM Kampus Mengajar di Wilayah Desa Tajur Halang SD, SMP Sinar Kasih dan Masyarakat Sekitar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ, 4(3).

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa,Bandung: Alfabeta.

Akbar, L.O.J., Yusufa, D., Kasim, M. (2019). Analisis Potensi Wisata Bahari Berbasis Sistem Informasi Geografis di Pantai Langala Provinsi Gorontalo. Jambura Geoscience Review 1(1).

Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia. (2020). Laporan Survei Internet APJII 2019 – 2020 (Q2). Jakarta: Indonesia Survey Center

Athique, A. (2020). Integrated commodities in the digital economy. Media, Culture & Society, 42(4), 554–570.

Arisandi, A., Tamam, B. (2018). Pengembangan Wisata Edukasi dan Konservasi Bawah Laut – Usaha Travel Wisata Snorkeling dan Diving Antar Pulau. Jurnal Ilmiah Pengabdhi, 4(1).

Barusman, M Yusuf S & Setiawan, Adetia Riki. (2014). Studi Kualitatif Perkembangan Klaster Pedagang Kaki Lima Klaster Pasar Mambo dan Klaster Lapangan Korpri. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No; 1.

Barusman, Andala Rama Putra & Suwandi, Felicia. (2020). The Impact of Lifestyle, Social Media Marketing, and Influencer Marketing on Purcase Decision for Ayam Geprek Culinary Business. International Journal of Psychosocial Rehabilition, Vol. 24, Issue 09, pp 2854-2860.

Barusman, Andala Rama Putra & Habiburrahman, Habiburrahman. (2022). The role of supply chain management and competitive advantage on the performance of Indonesian SMEs. Uncertain Supply Chain Management, 10(2), 409–416. https://doi.org/10.5267/j.uscm.2021.12.011

Barusman, Tina Miniawati; Barusman, Andala Rama Putra; Barusman, Muhammad Yusuf Sulfarano & Redaputri, Appin Purisky. (2021). Antecedent of Tourists’ Behavioral Intentions and the Effect of Travel Companions as Moderating Variable on Nature Based Tourism. Linguistica Antverpiensia, 3(1).

Fitri, J.Z., dan Madiawati, P.N. (2020). Potential Market, Elektronik Word of Mouth (E-WOM), Media Sosial Yang Mempengaruhi Citra Destinasi Dan Berdampak Kepada Minat Berkunjung Ke Taman Wisata Hutan Mangrove Sebalang, Desa Tarahan, Lampung Selatan. E-Proceeding of Management, 7(2).

Fitriana, S., Rinandiyana, L.R., & Kurniawan, D. (2019). Pengaruh Integrasi Teknologi Dan Literasi Digital Terhadap Keunggulan Bersaing Cinema 21. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(1).

Ghozali, Imam. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. (2012). Aplikasi Analisis Hipotesis dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Murti, H.T., Puspita, V dan Ratih, R., (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Manajemen Perubahan Organisasi dalam Mendukung Bisnis Berkelanjutan Pasca Covid19 pada UMKM di Kota Bengkulu. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran Digital, 1(1).

Handoko, H. Dampak Pandemi Covid-19 di Sektor Pariwisata Lampung, Kunjungan Wisatawan Hanya Dua Juta Setahun. https://www.kupastuntas.co/2021/01/28/dampakpandemi-Covid-19-di-sektor-pariwisata lampung kunjungan-wisatawan-hanya-dua-jutasetahun diakses pada 8 Desember 2021.

Halimah, H., dan Kinanti, D. (2017). E- Customer Relationship Management (CRM) untuk Sistem Informasi Paket Wisata pada CV Alea Tour & Travel Bandar Lampung. Explore: Jurnal Sistem Informasi Dan Telematika, 8(2).

Hantrais, L., Allin, P., Kritikos, M., Sogomonjan, M., Anand, P. B., Livingstone, S., Williams, M., & Innes, M. (2021). Covid-19 and the digital revolution. Contemporary Social Science, 16(2), 256–270.

Henilia, Yulita. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Keputusan Untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 2(2).

Husna, N & Novita, D. (2020). Peran Aesthetic Experential Qualities dan Perceived Value Untuk Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Wisata Bahari di Provinsi Lampung. Jurnal Pariwisata Pesona, 5(2).

Kotler, P., & Amstrong, G. (2010). Prinsip-prinsip Pemasaran. (14th ed.). Jakarta: Erlangga. Kotler, P., dan

Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. (2nd ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L .(2008).Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. Kurniawan, D., dan Rosyadi, A. (2020). Pengaruh Technology Integration, Digital Literacy Dan Perceived Ease of Use Terhadap Consumer Needs for Uniqueness. Jurnal Ekonomi Manajemen, 6(2).

Murniati, M.P. (2013). Alat-Alat Pengujian Hipotesis. Semarang: Unika Soegijapranata. Paramita, I.B.G.,

Putra, I.G.G.P.A. (2020) New Normal Bagi Pariwisata Bali Di Masa Pandemi Covid 19. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata Agama dan Budaya, 5(2).

Pradana, R. (2021). Pengaruh Akses Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Banten Tahun 2015-2019. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 5(1).

Savero, K., Handoko, Y., & Pradiani, T. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Berkunjung Pada Wisata Edukasi Kampoeng Kidz Batu. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 2(1).

Satria, F., Sudewi, S., & Apriato, R. (2016). Implementasi E-Tourism Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Objek Wisata Kabupaten Pringsewu. Jurnal Kelitbangan Bappeda Pringsewu, 1(1).

Setyawan, D., & Sundari, F. (2020). Marketing Digital Wisata Pinus Ecopark Dalam Etika Bisnis Islam di Lampung Barat. Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah Dan Perbankan Islam, 5(1), 21–51.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Widyanto, A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). Pengaruh E-Wom di Instagram Terhadap Minat Berkunjung dan Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Hawai Waterpark Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 45(1)




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i2.2873

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub