ANALISIS PENGEMBANGAN BUTIK BRILLIANT FASHION ON MENGGUNAKAN STRATEGI 4P MASA PANDEMI COVID-19

Yanti Tayo, Rima Nindiafani

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menemukan dan menganalisis Pengembangan Butik Brilliant Fashion On Pada Masa Pandemi Covid-19. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yaitu informan kunci yang menentukan informan adalah pemilik Butik Brilliant Fashion On, dan informan utama yang menentukan informan adalah konsumen dan pelanggan Butik Brilliant Fashion On. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 7 orang pelanggan, 2 orang karyawan dan 1 pemilik Butik Brilliant Fashion On. Berdasarkan temuan riset lapangan, Butik Brilliant Fashion On memiliki strategi bisnis. Analisis menghasilkan strategi untuk meningkatkan penjualan Butik Brilliant Fashion On pada masa pandemi Covid-19 adalah menggunakan strategi 4P yaitu meningkatkan kualitas produk, menjaga stabilitas harga, lokasi yang strategis dan promosi melalui berbagai media sosial.


Keywords


Pengembangan Butik, Strategi 4P, Pandemi Covid 19

Full Text:

PDF

References


Adi, N. P., & Kurniawan, Y. (2018). Meningkatkan Higher Order Thinking Skill Dan Sikap Terbuka Melalui Media Pembelajaran Android. Journal Of Komodo Science Education, 1(01), 79-94.

Barusman, Andala Rama Putra & Riorini, Vandayuli Sri. (2012). Zone of Tolerance Moderates Satisfacation Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank.

Barusman, Andala Rama Putra. (2019). The Impact of 7p’s (Marketing Mix) on Student Parents’ Decision at School for Disable Students with Special Need. IOSR Journal of Business and Management Vol, 21, Issue. Ser. II (May. 2019), PP 22-28.

David, Fred, R. 2017. Strategic Management Manajemen Strategi Konsep Edisi 12. Jakarta. Salemba Empat.

Nurrohmah, Isnaini. 2015. Analisis Perkembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Sebelum dan Sesudah Menerima Pembiayaan Musyarakah Pada Koperasi Jasa Keuangan Syariah BMT (Studi Kasus: BMT Beringharjo Yogyakarta). Skripsi FE UNY.

Kartika Putri, dkk, Pengaruh Karakteristik Kewirausahaan, Modal Usaha, Business Development Service Terhadap Pengembangan Usaha (Studi Pada Sentral Industri Kerupuk Desa Kedungrejo Sidoarjo Jawa Timur), Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Dipenorogo Semarang, 2014, h. 4

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

Noviyanti Supardi, Pengaruh Pembiayaan terhadap Pengembangan Usaha Mikro (Studi: Nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Kendari) IAIN Kendari 2018, h. 14-15

Yuliana. (2020). Corona Virus Diases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Wellness and Healthy Magazine, 2 (1), 188.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Taufik, T., & Ayuningtyas, E. A. (2020). Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Bisnis Dan Eksistensi Platform Online. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 22(01), 21-32.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i1.2550

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub