PENGARUH KOMPETENSI AUDITOR, PENGALAMAN AUDITOR DAN INDERPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA INSPEKTORAT KOTA BANDAR LAMPUNG

Haninun Haninun, Linda Warina Septiyenti, Aminah Aminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi auditor, pengalaman auditor dan independensi auditor secara parsial dan bersama-sama terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung.

Penelitian ini merupakan penelitian kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi auditor, pengalaman auditor dan independensi auditor terhadap kualitas audit. Populasi dalam penelitian ini adalah pegawai yang mempunyai tugas dan kewajiban di bidang audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung yang berjumlah 74 orang, sehingga sampel dalam penelitian ini diambil seluruh populasi atau penelitian populasi (sensus). Selanjutnya, alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan uji t.

Berdasarkan hasil pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung, pengalaman auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung, independensi auditor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung, serta kompetensi auditor, pengalaman auditor dan independensi auditor secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas audit pada Inspektorat Kota Bandar Lampung.

Implikasi yang disampaikan yaitu auditor Inspektorat Kota Bandar Lampung hendaknya benar-benar teliti dan bekerja secara maksimal dalam proses pengumpulan alat bukti di lapangan, sehingga mampu menghasilkan audit yang berkualitas.


Keywords


Kompetensi Auditor, Pengalaman Auditor, Independensi Auditor, Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). (2013). Pengawasan Keuangan Negara. BPKP. Jakarta.

Barusman, A. R. P (2019). The effect of security, service quality, operations and information management, reliability &trustworthiness on e-loyalty moderated by customer satisfaction on the online shopping website. International Journal of Supply Chain Management, 2019, 8(6), pp. 586–594

Barusman, Andala Rama Putra, Virgawenda, Tina M.B., dan Arwis, Yola Aprila. (2020). Factors that Effect the Level of Consumers Loyalty for Budget Hotel in Indonesia. Talent Development & Excellence. Volume 12 Number 1.

Barusman, M Yusuf S & Saputra, Muhammad Rizki. (2013). Analisis Pengaruh Pengawasan dan Perencanaan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai PT. Bank Lampung Kantor Cabang Pembantu Sukadana Provinsi Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 1.

Barusman, Andala Rama Putra, Khairudiin, Tarmizi Rosmiati, Aminah, Nurdiawansyah. (2018). Welfare And Audit Opinion.

Bedard. (2011). Modern Auditing. Edisi Ketujuh. Erlangga. Jakarta.

Elfarini, Eunike Christina. (2012). Pengaruh Kompetensi Dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Kantor Akuntan Publik di Jawa Tengah. Jurnal Akuntansi. April 2012.

Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Badan Penerbit Undip. Semarang.

Habiburrahman, H., Laksana, P. A., & Haninun, H. (2011). Pengaruh Modal Asing Terhadap Kinerja Keuangan (Studi kasus Pada PT. Karya Mandiri Di Bandar Lampung). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2(1),115 128.

Halim, Abdul. (2013. Auditing I (Dasar-Dasar Audit Laporan Keuangan). Edisi Kedua (Revisi). UPP. AMP YKPN. Yogyakarta.

Harhinto. (2014). Pengaruh Keahlian dan Independensi Terhadap Kualitas Audit Studi Empiris Pada KAP di Jawa Timur. Jurnal Akuntansi dan Manajemen. Vol. 1 No. 2. Maret. Hal. 20-35.

Khairudin dan Erlanda, Rina. (2016). Pengaruh Transparansi dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Terhadap Tingkat Korupsi Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kota se-Sumatera). Jurnal Akuntansi & Keuangan. Volume 7 Nomor 2.

Kell et al., (2012). Working White Emotional Intelligence. (Terjemahan Alex Tri Kantjono W). PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Lee dan Stone. (2012). The 150-hour Rule. Journal of Accounting and Economics. 27 (2). pp. 203-228

Lowenshon, et al. (2013). Auditor Specialization, Perceived Audit Quality, and Audit Fee in the Local Government Audit Market. Journal of Accounting and Public Policy. 26: 705-732.

Lubis. (2013). Auditing Pendekatan Terpadu. Salemba Empat. Jakarta.

Luthans. (2012). Auditing. Edisi ke-5. Salemba Empat. Jakarta.

Mardiasmo. (2010). Akuntansi Sektor Publik. Penerbit Andi Offset. Yogyakarta.

Miniawati, Tina & Pratiwi, Tia Rizna. 2016. Pengaruh Pendapatan Asli Daerah dan Belanja Modal TerhadapPeningkatan Indeks Pembangunan Sumber Daya Manusia pada Pemerintah Daerah di Provinsi Lampung Periode 2013-2015. Jurnal Ekonomi dan Bisnis.

Murtanto dan Gudono. (2010). Identifikasi Karakteristik-Karakteristik Audit Profesi Akuntan Publik di Indonesia. Riset Akuntansi dan Auditing. Vol. 2 No. 1. Januari 2010.

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 01 Tahun 2007 tentang Standar Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN).

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2011 tentang Kode Etik Badan Pemeriksa Keuangan.

Perdany, Annisa dan Suranta, Sri. (2012). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit Investigatif Pada Kantor Perwakilan BPK-RI Yogyakarta. Publikasi Jurnal. Volume 10. No. 1-28.

Reksohadiprodjo. (2011). Teori dan Perilaku Organisasi Perusahaan. Ed. 2. BPFE. Yogyakarta.

Robbins dan Judge. (2013). Auditing (Pengauditan). Buku I Cetakan Pertama. STIE YKPN. Yogyakarta.

Rusvitaniady, Marlin. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi Auditor, dan Objektivitas Terhadap Kualitas Audit (Studi Pada Auditor BPK-RI Perwakilan Provinsi Jawa Barat). Jurnal Eproc. Volume 2. No. 1-14. Juni 2014.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Wijaya, M. Ardi, Barusman, Tina Miniawati dan Defrizal. (2020). Pengaruh Sistem Administrasi Perpajakan Modern Dan Kualitas Layanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Teluk Betung. Jurnal Manajemen Visionist. Volume 9. Nomor 1.

Wirasuasti. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Motivasi Terhadap Kualitas Audit Aparat Inspektorat dalam Pengawasan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bangli dan Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bulelang). e-Journal S1 AK. Volume 2 No: 1 Tahun 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v11i1.2548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub