RANCANG BANGUN MODEL PELAYANAN PRIMA PADA KANTOR SAMSAT SUKADANA LAMPUNG TIMUR

Nurvi Murdiyanto, Tina Miniawati, V Saptarini

Abstract


Pelayanan prima adalah kepedulian terhadap pelanggan. Pelayanan prima pada dasarnya adalah rasa keperdulian organisasi yang berorientasi keuntungan (profit oriented) atau organisasi yang berorientasi sosial (nonprofit) terhadap pelanggan yang ditunjukkan dengan adanya sikap, perhatian, dan tindakan nyata, sehingga pelanggan merasa nyaman dengan pelayanan prima yang diberikan Dalam keputusan itu sendi- sendi pelayanan prima antara lain kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisiensi, ekonomis,keadilan yang merata dan ketepatan waktu. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah Permasalahan dalam pelayanan prima di Samsat Sukadana, berdasarkan sifatnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu permasalahan yang bersifat uncontroled merupakan permasalahan yang seharusnya tidak perlu ada,namun munculnya sebagai suatu masalah yang tidak dapat dihindari. Sedangkan permasalahan yang bersifat controlled merupakan permasalahan yang tingkat kesulitannya dapat dikendalikan. Seperti contoh Sistem Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Samsat Sukadana Lampung Timur yang menggunakan sistem tiga loket dianggap kurang efektif dan Masih banyak dijumpai calo dalam pelayanan pada Samsat Sukadana dikarenakan kurangnya pengawasan dari instansi terkait , belum adanya Standar Pelayanan Prosedur dan Tarif Biaya , serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat tentang besarnya tarif pelayanan dan prosedur pelayanan.

Keywords


Pelayanan Prima

Full Text:

PDF

References


Agung Kurniawan, 2005, Transformasi Pelayanan Publik, Penerbit: Pembaharuan Yogyakarta, Cetakan I.

Arikunto, Suharsimi, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Barusman, M Yusuf S. 2013. The Strategic Development Model Of Organizational Dynamic Capabilities At

Private Higher Education Institutions Using Soft System Methodology. The First International

Conference on Law, Business and Government 2013, UBL, Indonesia.

Bayley, David H. 1990. Police for Future, Sanduran Oleh Kunarto dan NKM Arief. Polisi Masa Depan. Jakarta:

Cipta Manunggal.

Endra, Robby Yuli. 2014. Layanan SMS Nilai Dengan Menggunakan Teori CRM Untuk Meningkatkan

Pelayanan Mahasiswa. Jurnal Ssistem Informasi dan Telematika. Vol, 4, No; 2.

Undang- Undang Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Undang- Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Intruksi Bersama Menteri Pertahanan Keamanan, Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan Nomor

INS/03/M/X/1999, Nomor 29 Tahun 1999, Nomor 6/IMK.014/1999 tanggal 11 Oktober 1999 tentang

Pelaksanaan Samsat dalam Penerbitan STNK,TNKB,TCKB dan Pemungutan PKB,BBN-KB serta SWDKLLJ.

Peraturan Pemerintah No.44 Tahun 1993 tentang Kendaraan Bermotor dan Pengemudi.

Peraturan Pemerintah No.50 Tahun 2010 tentang Jenis dan Tarif atas Jenis PNBP yang berlaku pada Polri




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v5i2.1748

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub