PENGARUH BUDAYA ORGANISASI DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT

Darwin HS, Andala Rama Putra, V. Saptarini V. Saptarini

Abstract


Pimpinan organisasi perlu memberikan dorongan dan motivasi kepada karyawanya secara berkesinambungan dengan memenuhi kebutuhan karyawan sehingga karyawan puas dengan pekerjaannya. Kepuasan kerja karyawan merupakan hal yang mutlak dilakukan sebagai tolok ukur untuk mengetahui kinerja yang dicapai setiap karyawan, dengan adanya kepuasan kerja bagi karyawan berarti para karyawan telah berhasil mendorong diri mereka untuk giat bekerja, dengan syarat proses penilaian jujur, adil, dan obyektif yang dinilai jelas serta harus ada tindak lanjutnya. Rendahnya kinerja menjadi salah satu indikasi bahwa pegawai dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat terlihat dari perilaku menunda-nunda pekerjaan. Indikasi lain berkaitan kinerja pegawai yang belum sepenuhnya mencapai ketetapan target. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi dan kepuasan kerja  secara bersama-sama terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat. Tipe penelitian adalah tipe penelitian deskriptif, Populasi dalam penelitian adalah seluruh pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat berjumlah 37 orang pegawai.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Budaya organisasi berpengaruh secara positif terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat, 2) Kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat.dan 3) Budaya organisasi dan Kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat. Budaya organisasi pegawai yang perlu ditingkatkan pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat adalah pada aspek bahwa pegawai berupaya melakukan strategi untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan, Kepuasan kerja yang perlu ditingkatkan ditingkatkan pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat adalah pada aspek perbaikan prestasi kerja yaitu dengan cara diberikan apresiasi agar dapat meningkatkan kinerja lebih maksimal, Kinerja pegawai yang perlu ditingkatkan pada Dinas Sosial Kabupaten Lampung Barat  adalah pada aspek bahwa setiap pegawai mengetahui aturan-aturan yang berlaku dalam organisasi


Keywords


Budaya organisasi, Kepuasan kerja, kinerja

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Barusman, Andala Rama Putra dan Mihdar, Fauzi. 2014. The Effect of Job Satisfacation and Organaziotional Justice on Organizational Citizenship Behavior with Organization Commitment as the Moderator. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 4, No:9, pp 118-126.

Barusman, M Yusuf S & Saputra, Muhammad Rizki. 2013. Analisis Pengaruh Pengawasan dan Perencanaan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pegawai PT. Bank Lampung Kantor Cabang Pembantu Sukadana Provinsi Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 1.

Gibson, James L. dan John M. Ivancevich, dkk. 1985.Organisasi : Perilaku, struktur, proses Jilid I Edisi Kelima. Erlangga. Jakarta.

Dessler, G. 2000. Human Resource Management. 8th edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc

Hasibuan, Malayu SP. 2001. Manajemen Personalia, Bina Kawan Club, Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 1979 tentang Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan Pegawai Negeri Sipil

Prabu mangkunegara, Anwar. 2008. Perilaku dan Budaya organisasi. PT Refika Aditama. Bandung.

Robbins, Stephen P. 1995. Teori Organisasi : Struktur, Desain dan Aplikasi. Arcan. Jakarta.

Sedarmayanti, 2002. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Alphabeta Jakarta.

Warganegara, Tri Lestira P, 2016. The Influence of Leadership Style and Work Motivation Toward Employee Performance at Department of Communication and Information in Bandar Lampung City. International Conference On Law, Business and Governance (ICon-LBG).




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i2.1736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub