STUDI KUALITATIF LOYALITAS NASABAH BANK EKONOMI RAHARJA Tbk BANDAR LAMPUNG

Yeni Hermawanto, M Yusuf S Barusman, Iskandar Ali Alam

Abstract


Pada Penelitian ini penulis menganalisis tentang loyalitas nasabah Bank Ekonomi Raharja Tbk Bandar lampung. Penelitian ini terfokus pada kualitas pelayanan serta Keunggulan produk Bank Ekonomi yang merupakan indikator dalam terbentuknya suatu loyalitas nasabah Bank Ekonomi Raharja Tbk Bandar Lampung.

Pada Penelitian ini, Loyalitas nasabah Bank Ekonomi terbentuk oleh kualitas pelayanan dan keunggulan produk. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada nasabah Bank Ekonomi mengenai kualitas pelayanan dan keunggulan produk menghasilkan loyalitas yang terdapat beberapa tingkatan loyalitas pelanggan berturut-turut dimulai dari tingkatan yang paling rendah sampai paling tinggi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan, dan keunggulan produk terhadap loyalitas nasabah Bank Ekonomi Raharja Tbk Bandar Lampung. Untuk Mendukung Penelitian ini metode yang digunakan penulias adalah deskriptif kualitatif.

Disimpulkan bahwa tingkatan loyalitas nasabah Bank Ekonomi dimulai dari paling rendah sampai yang paling tinggi. Nasabah Susanti Gunawan termasuk dalam tingkatan commited buyer yaitu yang setia dan mempunyai kebanggaan dalam menemukan dan menjadi pelanggan dari suatu merek. diimpilkasikan pada Bank Ekonomi lebih meningkatkan kualitas pelayanan serta lebih meningkatkan lagi keunggulan produk agar lebih dapat membangun loyalitas nasabah Bank Ekonomi Raharja Tbk Bandar Lampung.


Keywords


Kualitatif, Kualitas Pelayanan, Keunggulan Produk.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, Iskandar Ali & Effendi, Risky. 2013. Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Kesetiaan Pelanggan Pengguna Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 1.

Barusman, M Yusuf S & Setiawan, Adetia Riki. 2014. Studi Kualitatif Perkembangan Klaster Pedagang Kaki Lima Klaster Pasar Mambo dan Klaster Lapangan Korpri. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 5, No; 1.

Barusman, Andala Rama Putra, Riorini, Vandayuli Sri. 2012. Zone of Tolerance Moderates Satisfacation Customer Trust and Inertia - Customer Loyalty in Commercial Bank.

Dharmmesth, B. Swastha. 1999.“Loyalitas Pelanggan: Sebuah Kajian Konseptual sebagai Panduan Bagi Peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia.

Kotler Philip. 1992.Manajemen Pemasaran. Edisi Millenium Jilid I. Prenhalindo, Jakarta

Kotler, Philip, 1994, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, Jilid II, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, 1996, Principles of Marketing, Intermedia, Jakarta

Kotler, Philip, 1997, Dasar-dasar Pemasaran, Alih Bahasa Drs. Alexander Sindoro, Prenhalindo, Jakarta

Kotler, Philip, 2000.Manajemen Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.

Setiawan.2005.Analisis Pengaruh Atribut Tabungan dan Kualitas Pelayanan Dalam MembentukLoyalitas

Nasabah. Studi Kasus Tabungan Britama di Kodya Cilegon. Magister Manajemen Universitas Diponegoro.

Song, Michael and Parry, Mark E. 1997.“A Cross National Comparative Study of New Product Development Process. Japan and the US”. Journal of Marketing.

Sparadley dan Faisal. 1990. Format-Format Penelitian Sosial. PT Rajawali Perss. Jakarta

Spreng, Richard A., Scott B. Mackenzie and Richard W. Olshavsky, 1996, “A Reexamination of The Determinants of Customer Satisfaction,” Journal of Marketing.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kualitatif R dan D. Alfabeta. Bandung.

Supriyanto, E.B. 2003.Memaksimalkan Keuntungan dengan Loyalitas Nasabah. Infobank. Edisi 286. Maret 2003.

Tjiptono, Fandy, 2006. Manajemen Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v7i1.1729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub