Pengaruh Kompetensi Kerja, Responsif Kerja, Dan Courtesy Kerja Karyawan Terhadap Kualitas Pelayanan

Refyana Anindya Wirawan,, Andala Rama Putra, Defrizal Defrizal

Abstract


Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 150 orang responden yang merupakan populasi guest pada Aston Lampung City Hotel. Metode pengumpulan data dilakukan secara langsung  dengan menggunakan kuesioner dan wawancara kepada para guest Aston Lampung City Hotel. Sedangkan analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas  kompetensi (X1), responsif (X2) dan courtesy (X3) terhadap variabel terikat (Y) yaitu kualitas pelayanan adalah analisis regresi linear berganda, dengan program SPSS 18.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan tingkat signifikansi 0,05 karena uji dua sisi maka 2,5% dan N = 150 diperoleh t tabel sebesar = 1,97635. Sedangkan  t hitung untuk kompetensi dilihat dari output olah data adalah 2,023 (t hitung > t tabel) maka berdasarkan uji t ini disimpulkan kompetensi berpengaruh terhadap kualitas pelayanan..

Dengan uji F Tingkat signifikansi menggunakan 0,05 (∂ = 5%) maka diperoleh F tabel sebesar 2,67. Sedangkan berdasarkan output olah data diperoleh F hitung sebesar 71,387,  karena F hitung > dari F tabel maka dapat disimpulkan bahwa secara bersama ada pengaruh signifikan antara variabel bebas (kompetensi, responsif dan courtesy) terhadap variabel terikat (kualitas pelayanan) pada Aston Lampung City Hotel.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kompetensi, responsif dan courtesy terhadap kualitas pelayanan reservasi pada Aston Lampung City Hotel.


Keywords


Kompetensi; Responsif; Courtesy; Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

A, Parasuraman. 1990. Delivering Quality Service. New york: The Free Press.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Prosedur Penelitian. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Barusman, Andala Rama Putra, Yoshoa. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No, 2.

Dessler, Gary. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alih bahasa: Eli Tanya. Penyunting Bahasa: Budi Supriyanto. Jakarta: Indeks.

Defrizal & Fardlani, Faris Mohammad. 2016. Analisis Pengaruh Kompensasi Manajemen Terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada Bursa Efek Indonesia). Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 7, No; 1.

Duwi Priyatno. 2010. Paham Analisa AStatistik Data dengan SPSS. Yogyakarta: MediaKom.

Fuad, Noor & Gofur Ahmad. 2009. Integrated HRD . Jakarta : Grasindo.

Gunawan, Johana Susanti. 2015. Organizational Citizenship Behavior Yang Berpengaruh Pada Kinerja Karyawan dan Kepuasan Konsumen di Hotel Sheraton Surabaya. Univ Kristen Petra.

Martul, Shadiqqin, 2004. Implementasi Dimensi Kualitas Pelayanan Konsumen. Penerbit Sinar Grafika,Jakarta.

Nurafni, Dara. 2011. Pengaruh Persepsi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Jemaah Haji Khusus PT. Manajemen Qalbu Travel 2010. UIN. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v6i1.1704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub