Analisis Efektivitas Strategi Promosi Test Ride Terhadap Persepsi Pengguna Sepeda Motor Yamaha

Dwi Hardani, Agus Wahyudi, Hendri Dunan

Abstract


Strategi promosi Test Ride dilaksanakan oleh PT Lautan Teduh Interniaga Lampung dengan tujuan untuk memperkenalkan dan mengujicobakan secara langsung produk sepeda motor Yamaha Mio M3 kepada konsumen. Test ride ini mengusung tiga konsep sepeda motor Yamaha Mio M3, yaitu efisen, bertenaga dan handal. Rumusan masalah penelitian ini adalah: “Bagaimanakah efektivitas strategi promosi test ride terhadap persepsi pengguna sepeda motor Yamaha Tipe Mio di Bandar Lampung?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas strategi promosi test ride terhadap persepsi pengguna sepeda motor Yamaha Tipe Mio di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan mengambil sampel sebanyak 98 konsumen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner data selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk membandingkan persepsi konsumen sebelum dan sesudah Test Ride. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perubahan persepsi konsumen ke arah yang baik positif pada produk sepeda motor Yamaha Mio M3 sebelum dan sesudah melaksanakan Test Ride. Sebelum Test Ride hanya 19.7% konsumen yang menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah efisien, tetapi sesudah melaksanakan Test Ride sebanyak 100% konsumen menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah efisien. Sebelum Test Ride hanya 29.6% konsumen yang menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah bertenaga, tetapi sesudah melaksanakan Test Ride sebanyak 90.1% konsumen menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah bertenaga. Sebelum Test Ride hanya 54.8% konsumen yang menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah handal, tetapi sesudah melaksanakan Test Ride sebanyak 85.2% konsumen menyatakan sepeda motor Yamaha Mio M3 adalah handal.

Keywords


Strategi Promosi, Test Ride, Persepsi

Full Text:

PDF

References


Alam, Iskandar Ali, Effend, Risky. 2013. Pengaruh Brand Image Produk Terhadap Kesetiaan Pelanggan Pengguna

Internet Modem Smartfren Connex di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No; 1.

Barusman, Andala Rama Putra, Yoshoa. 2014. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen

di Bubur Gabe Bandar Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol, 4, No, 2.

Basu, Swasta D.H dan Sukotjo, Ibnu. 2002. Pengantar Bisnis Modern-Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern.

Penerbit Liberty Yogyakarta

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran; Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Penerbit

Erlangga Jakarta

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis, Penerbit Alfabeta Bandung

Patmarina, Hepiana, Wiratama, M. Faqih. 2016. Analisis Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap Nilai

Penjualan Motor Yamaha Mio M3 p




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmv.v4i1.1661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Visionist saat ini terindeks:

Penerbit Journal: Program Studi Manajemen (S2) Program Pascasarjana Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub