Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Nathani Indonesia di Bandar Lampung

Hepiana Patmarina, Harto Hentonto

Abstract


Perkembangan dunia usaha yang dinamis dan akan terus berkembang semakin bersaing secara ketat . hal ini juga yang dirasakan PT. Nathani Indonesia yang merupakan usaha yang bergerak di bidang penjualan peralatan pertanian. Masalah yang dihadapi yaitu volume penjualan mengalami fluktuasi, beberapa tahun terakhir yaitu Pada tahun 2012 mengalami penurunan sebesar 10,02 % dan  pada  tahun 2014 mengalami penurunan sebesar 0,72%. Berdasarkan masalah maka rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah terdapat pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen?  Adapun tujuan pada penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi  terhadap kepuasan konsumen. Disain penelitian ini yaitu penelitian assosiatif, populasi dari penelitian ini yaitu konsumen PT. Nathani Indonesia, teknik pengambilan sampel yaitu dengan  purposive sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 48 responden. Teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu  Nilai koefisien determinasi (adjusted R2) yang diperoleh sebesar 0,689 atau sebesar 68,9 % variabel kepuasan konsumen dapat dipengaruhi oleh variasi dari variabel kualitas produk, kualitas pelayanan dan lokasi.  Berdasarkan hasil uji simultan diperoleh F hitung 35,651 > F tabel 2,82 dan tingkat signifikansi a 0.000 <0,05, maka dapat dikatakan bahwa kualitas produk, kualitas pelayanan, dan Lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap  kepuasan konsumen. Sedangkan Hasil analisis uji t untuk variabel kualitas produk diperoleh  nilai t hitung 5,323 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,000 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Artinya  bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Untuk variabel kualitas pelayanan diperoleh nilai t hitung 3,050 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,004 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Serta untuk variabel lokasi diperoleh nilai t hitung 2,340 > nilai t tabel 2,015 dan tingkat signifikansi 0,024 < probabilitas signifikansi α = 0,05. Dengan demikian hasil penelitian ini menyatakan bahwa lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan penjelasan tersebut berarti semua hipotesis yang diajukan dapat diterima.

The development of a dynamic business world and will continue to grow more and compete closely. it is also perceived PT. Nathani Indonesia which is a business engaged in the sale of agricultural equipment. Problems faced by the volume of sales has fluctuated, the last few years, namely the year 2012 decreased by 10.02% and in 2014 decreased by 0.72%. Based on the formulation of the problem of this research problem is: Is there any influence product quality, service quality, and location of the customer satisfaction? The purpose of this research is: To determine the effect of product quality, service quality and location of the customer satisfaction. The design of this study is associative study, the population of this research that consumers PT. Nathani Indonesia, the sampling technique is purposive sampling, so the sample size in this study is 48 respondents. Technique data collecting by observation, interviews, documentation and questionnaires. The analytical tool used is multiple regression analysis. The results of this analysis, coefficient of determination (adjusted R2) obtained at 0.689 or 68.9% of consumer satisfaction variables can be influenced by variation of the variable product quality, service quality and location. Based on test results obtained simultaneous 35.651 F count> F table of 2.82 and a significance level of 0.000 <0.05, it can be said that the quality of products, quality of service, and location together affects customer satisfaction. While the t-test analysis results for the variable quality of the products obtained by value t count 5,323> t table 2.015 and 0.000 significance level <probability of significance of α = 0.05. This means that product quality and significant positive effect on customer satisfaction. For service quality variables obtained t value 3,050> t table value of 2.015 and a significance level of 0.004 <α = 0.05 significance probability. Thus the results of this study stated that service quality and significant positive effect on customer satisfaction. As well as to the location variable obtained t count 2,340> t table value of 2.015 and a significance level of 0.024 <α = 0.05 significance probability. Thus the results of this study stated that the location of positive and significant impact on customer satisfaction. Based on the explanation means all hypothesis can be accepted.


Keywords


Kualitas Produk; Kualitas Pelayanan; Loakasi dan Kepuasan Konsumen; Product Quality; Service Quality; Location and Customer Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 2004. Manajemen Pe-masaran dan Pemasaran Jasa Cetakan Keenam.Bandung: Alfabeta.

Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Mana-jemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. : Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Handoko, T. Hani. 2000. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Ma-nusia, Edisi , Cetakan Keempat Belas.. Yogyakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pe-masaran di indonesia : Analisis, Perencanaan, Impelementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Philip. 2004. Manajemen Pe-masaraan. Jakarta: PT. Prenhallinda

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaraan (Edisi Kedua Belas). Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Garry Armstrong. 2008. Prinsip  prinsip Pemasar-aan Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pe-masaraan (Edisi 13 Jilid. 1). Jakarta: Erlangga

Lupiyoadi, Rambat. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek (Edisi Pertama). Jakarta: Salemba Empat

Ruky, Achmad S. 2003. Sukses sebagai manajer profesional tanpa gelar MM atau MBA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV . Alfabeta

Suharyadi dan Purwanto. 2004. Statistika Dasar. Jakarta PT. Raja Grafindo Persada.

Supranto, J. 2006. Pengukuraan Tingkat Kepuasan Pelanggan. Untuk menaikan Pangsa pasar. Jakarta: Rineka Cipta

Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa (Edisi Pertama Dan Kedua). Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. 2001. Strategi Pe-masaraan (Edisi Pertama). Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2002. Strategi Pemasar-an (Edisi Kedua). Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy. 2003. Strategi Pe-masaraan (Edisi Kedua). Yogyakarta: Andi

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2005. Service, Quality, and Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2011. Service, Quality, and Satis-faction (Edisi Ketiga). Yogyakarta: Andi

Widayat. 2004. Metode Penelitian Pe-masaran (Edisi Pertama). Malang: CV. Cahaya Press




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v7i1.842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub