Peran Experiental Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen pada Wisata Kuliner Fina di Bandar Lampung
Abstract
Perkembangan persaingan dalam dunia bisnis kuliner semakin meningkat dan semakin banyak persaingan maka perusahaan perlu meningkatkan tempat usahanya agar konsumenya terus loyal. Salah satu tempat yang berupaya memberikan pengalaman yang baik terhadap konsumennya adalah wisata kuliner Fina di Bandar Lampung. Berdiri sejak tahun 2009, wisata kuliner Fina menawarkan tidak hanya menyajikan makanan untuk para pengunjungnya, tetapi berbagai macam aneka minuman dengan harga yang relative terjangkau. Masalah dalam penelitian ini yaitu terjadi penurunan jumlah pengunjung, bnayak komplain dari pelanggan di antaranya lalapan kurang segar, pelayanan penyajian makanan terlalu lama, makanan terlalu asin, daging ayam rasa kurang gurih, dan pelayan kurang tanggap terhadap keinginan pelanggan. Perumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah experiential Marketing berpengaruh terhadap loyalitas konsumen wisata kuliner Fina di Bandar Lampung? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Experiential Marketing yang terdiri dari feeling, idea, action, dan interaction terhadap loyalitas konsumen wisata kuliner Fina di Bandar Lampung. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linier sederhana. Metode penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan wawancara. Smpel yang digunakan 100 orang pelanggan, analisis yang digunakan menggunakan statistik SPSS. Hasil penelitian ini yaitu herdasarkan hasil pengujian statistik diperoleh nilai t hitung (12,521) > t tabel (1,660) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, nilai siginifikan ini lebih kecil dar α sebesar 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti experiential marketing berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas konsumen wisata kuliner Fina, yang artinya hipotesis yang diajukan dapat diterima.
Development of competition in the culinary business world is increasing and more and more competition, the company needs to improve his business that keeps loyal customers. One place that seeks to provide a good experience to its customers is a culinary tour Fina in Bandar Lampung. Founded in 2009, Fina culinary tour offers not only serves food for visitors, but a wide variety of beverages with a relatively affordable price. The problem in this research that the decline in the number of visitors, bnayak complaints from customers of which less fresh vegetables, food preparation services for too long, the food is too salty, less savory chicken flavor, and the waitress is less responsive to the customer's wishes. The formulation of the problem in this study is whether Experiential Marketing effect on consumer loyalty culinary Fina in Bandar Lampung? The purpose of this study to analyze the effect of Experiential Marketing that consists of feeling, idea, action and interaction on consumer loyalty culinary Fina in Bandar Lampung. Methods of data analysis in this study using simple linear regression. This research method is a descriptive study, data collection techniques through observation, interviews, documentation and interviews. Samples used 100 subscribers, using statistical analysis used SPSS. The results of this study are herdasarkan statistical test results obtained by value t (12.521)> t table (1.660) with significant value of 0.000, the value is significantly smaller dar α of 0.05 so that H0 rejected and Ha accepted which means experiential marketing effect significant consumer loyalty culinary Fina, which means that the hypothesis can be accepted.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2004. Prosedur Pene-litian: Suatu pendekatan Praktek. Bandung: Rineka Cipta.
Andreani, Fransisca. 2007. Experimental Marketing (Sebuah Pendekatan Pemasaran). Jurnal Manajemen Pemasaran Vol 2. No.1
Griffin, Jill, 2005. Customer Loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahan-kan Kesetiaan Pelanggan, Jakarta.: Erlangga
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Badan. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: UNDIP
Kartajaya, H. 2005. Markplus on strategy: 12 Tahun Perjalanan Markplus & Co Membangun Strategi Per-usahaan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Kotler, Pilip. 2004. Marketing Insight From A to Z: 80 Konsep yang Harus dipahami setiap Manajer. Jakarta: Erlangga
Kotler Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Ika, Nuraini dan Kustini. 2007. Penerapan Experimental Marketing dalam Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis Vol 7 No. 2 Hal 44-57
Nazhif, Muhamad Wildan dan Dhewanto, Wawan. 2013. Experimental Mar-keting Influence oncustomer Loyalty in dapur iga restaurants. Journal Of Business and management Vol 2, No. 1 2013: 130-140
Rini, Sulitya Endang. 2009. Menciptakan Pengalaman Konsumen dengan Experimental Marketing. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 2 No 1 Hal 15-20
Schmit Bernd H. 1999. Experimental Marketing : How to Get Customers to sense feel, think act, ralate to your Company dan Brands. The Free Pres, New York
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
Swastha Basu. 2005. Manajemen Penjualan, Cetakan Kedua Belas, Yogyakarta: BPFE
Tjiptono Fndy. 2007, Strategi Pemasaran, Edisi 2 Yogyakarta : penerbit Andi
Yulianto A. 2010. Dampak Experimental Marketing Terhadap Loyalitas Pelanggan Resort Kampoeng Legok Lembang. http://alumniunikom.ac.id diakses 8 maret 2012)
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v6i2.835
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:
Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by: RYE Education Hub