Pengaruh Segmentasi Terhadap Preferensi Konsumen di Koperasi BMT Insan Amanah Natar Lampung Selatan

Defrizal DEFRIZAL, Gunawan Suryaatmaja

Abstract


Lembaga keuangan mikro sebagai salah satu penopang perekonomian negara indonesia dengan memberikan pembiayaan terhadap usaha kecil sangat diharapkan dapat membantu dalam pengentasan kemiskinan di Indonesia. Salah satunya adalah Baitul Maal wat Tamwil (BMT) yang memiliki standar operasional yang berbasis syariah. BMT menyelenggarakan usaha pelayanan jasa keuangan dalam skala mikro, kecil dan menengah memiliki misi sosial dan bisnis.BMT Insan Amanah merupakan koperasi jasa keuangan syariah yang berlokasi di Desa Natar, Lampung Selatan. Masalah dalam penelitian ini adalah terdapat penurunan jumlah nasabah yang terjadi setiap tahunnya, tingkat penghasilan nasabah yang pas-pasan dapat berpengaruh terhadap kurangnya modal, serta kurang tepatnya strategi segmentasi dalam meningkatkan jumlah nasabah. Permasalahan yang dirumuskan adalah seberapa besar pengaruh variabel segmentasi terhadap preferensi konsumen.Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh segmentasi geografik, demografik, psikografik, dan perilaku terhadap preferensi yang ada di BMT Insan Amanah. Metode penelitian yang di lakukan dalam penelitian ini meliputi jenis penelitian deskriptif, studi kepustakaan, dan studi lapangan. Analisis yang di lakukan adalah analisis regresi linier berganda dan diperoleh persamaan Y = 2.370 + 0. 265 X  + 0.397 X  + 0. 345 X  + 0. 172 X4 + e. Sedangkan untuk hasil Uji Koefisien Regresi Secara Bersama-Sama, diperoleh persamaan F hitung > F tabel (51.214 > 2.50) maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh secara signifikan antara segmentasi konsumen terhadap Preferensi BMT Insan Amanah di Natar Lampung selatan.Uji Koefisien Regresi Secara Parsial (Uji t), diperoleh hasil Df = n – k – 1 = 80 – 4 – 1 = 75diperoleh nilai t Tabel (0,05;75) = 1,992.Dari hasil berdasarkan penjelasan variabel-variabel penelitian dengan pola yang diprediksi (berdasarkan teori) diperoleh bahwa segmentasi geografik, segmentasi demografik, segmentasi psikografik, dan segmentasi perilaku sangat berperan terhadap preferensi konsumen di BMT Insan Amanah.Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa segmentasi geografik, segmentasi demografik, segmentasi psikografik, dan segmentasi perilaku berpengaruh positif terhadap preferensi konsumen.

Microfinance institution as one pillar of Indonesian economy by providing financing for micro, small, and medium enterprises is expected to assist in alleviating poverty in Indonesia. One of them is the Baitul Maal wat Tamwil (BMT), which has operational standards based on sharia. BMT organize business financial services in the micro, small and medium enterprises and also have a social mission and business. BMT Insan Amanah is a cooperative islamic financial services that is located in the village of NataR, South Lampung . The problem in this study is the decrease in the number of customers that always happen each year, the limited income of customer can affect the lack of capital, as well as the unsuitable segmentation strategy in increasing the number of customers. The formulted problem is : how much influence of the segmentation variables to consumer preferences. The purpose of this study was to determine the effect of geographic segmentation , demographic , psychographic , and behavior of the existing preferences in BMT Insan Amanah . The analysis is multiple linear regression and get equation as follows, Y = 2.370 + 0 . 0397 265 X + X + 0 . 345 X + 0 . X4 172 + e . As the results of Regression Coefficient Test which has done together, equation F count > F table ( 51 214 > 2.50) then Ho is rejected and Ha is accepted , it means there is significant influence between consumer segmentation to Preferences BMT Insan Amanah in South Lampung, Natar . Partial regression coefficient test (t test ) , the results obtained Df = n - k - 1 = 80 - 4 - 1 = 75 t Table value obtained ( 0.05 ; 75 ) = 1.992 . Explanation of the results based on the study variables with the predicted pattern ( based on theory ) found that geographic segmentation , demographic segmentation , segmentation psikografik , and behavioral segmentation greatly contributes to consumer preferences in BMT Insan Amanah . Thus the hypothesis that geographic segmentation , demographic segmentation , psychographic segmentation and behavioral segmentation have positive effect on consumer preferences .


Keywords


segmentasi; geografik; demografik; psikografik; perilaku; preferensi; Segmentation; Segmentation Strategy; Consumer Preferences.

Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pe-masaran. Jakarta: Rajawali Press.

Charles W. Lamb, Joseph F. Hair, Carl Mcdaniel. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Gitosudarmono, Indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Edisi II, BPFE.

Hadi, Sutrisno. (1994). Metodologi Reseach Jilid 2, cet. 24, Yogyakarta: Andi Offset.

Kotler, Philip. 1997. Marketing Manage-ment “Analysis, Planning, Imple-mentation and Control” (9th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Kotler, Philip. 2000, Marketing Manage-ment, London : Prentice Hall.

Kotler, Philip. 2002. Marketing Manage-ment, Millenium Edition. North Western University. New Jersey: Prentice Hall Inc

Kotler, Philip, Hermawan Kertajaya, Hool Den Huan dan Sandra Liu, 2003. Rethinking Marketing, Jakarta: Indeks.

Loudon, D. L. dan Bitta, A. J. D. 1993. Consumer Behavior, Concepts and

Applications. Fouth edition. Singa-pore: McGraw-Hill

McBurnie,T. & Clutterbuck, D. 1988. Give Your Company the Marketing Edge, London: Penguin Books.

Rismiati, Catur E, Suratno, lg Bondan. 2001. “Pemasaran Barang dan Jasa” Jakarta: Kanisius

Simamora, Bilson. 2003. Membongkar Kotak Hitam Konsumen , Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, CV.Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i2.713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub