Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Konsumen di Bubur Gabe Bandar Lampung

Andala Rama Putra Barusman, Yoshoa YOSHOA

Abstract


Dalam mengatasi persaingan di dunia bisnis  diperlukan strategi pemasaran yang titik sentralnya ad alah kepuasan pelanggan adalah titik sentralnya. didalam pemasaran mnggunakan strategi sebagai penentu hidup dan matinya sebuah usaha. Bubur Gabe merupakan salah satu jenis usaha dibidang makanan cepat saji atau instan yang belokasi di Jalan Pangeran Antasari no 109 Bandar lampung.Permasalah dalam penelitian ini adalahKurang dominannya pengaruh strategi bauran pemasaran promosi mengakibatkan kurang puasnya konsumen.Tujuan penelitian ini ingin mengetahui strategi bauran pemasaran manakah yang paling dominan terhadap kepuasan konsumen di bubur gabe, Bandar Lampung. Metode Penelitian yang dilakukan dalam penulisan ini meliputi penelitian deskriptif, Studi Kepustakaan dan Studi Kelapangan yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data secara Observasi, Wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Analisis yang digunakan analisis Koefisien Korelasi dimana korelasi dilambangkan (r) dengan ketentuan nilai r tidak lebih dari harga ( - 1 < r < + 1) apabila nilai r = -1 artinya korelasi negatif sempurna r = 0 artinya tidak ada korelasi dan r = 1 berarti korelasi sangat kuat dan analisis Koefisien Determinasi untuk menyatakan besar kecilnya pengaruh variabel X terhadap Y dapat ditentukan dengan  KP = r2 x 100%. Sedangkan hasil pengujian Hipotesis t tabel didapat dari n-2 dimana  (30- 2 = 28 ) dapat kita lihat pada lampiran t tabel dengan tingkat signifikan 0,05 Dengan hipotesis nol (Ho) dari hipotesis alternatif (Ha), yaitu : Jika thitung   ≥ttabel, maka tolak Ho, terima Ha artinya signifikan dan,  thitung≤ ttabel, terima Ho, tolak Ha artinya tidak signifikan. Berdasarkan keempat variabel tersebut yaitu produksi, harga, promosi dan saluran distribusi dimana keempat variabel tersebut merupakan komponen yang digunakan untuk mengukur bauran pemasaran maka dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan,. Hal ini terbukti bahwa keempat variable tersebut memiliki nilai  thitung  ≥ttabel.

In the current era of globalization, the competition in business world is getting tougher. To be able to maintain our business there’s a need to plan our  marketing strategy. The most fundamental thing in the marketing strategy is an understanding of the concept of marketing where customer satisfaction is the central point. Marketing use a strategy as the life and death determinant of business. Gabe porridge is one kind of business in fast food or instant that located in Jalan Pangeran Antasari No. 109 Bandar Lampung. Problem in this study is a less dominant effect of promotional marketing mix strategy caused  less consumer satisfaction. The purpose of this study :  To know which one is the most dominant marketing mix strategy to consumer satisfaction in Gabe Porridge, Bandar Lampung. Research methods conducted in this paper include descriptive studies, literature study and spaciousness study conducted with data collected by observation, interview, documentation and questionnaires. The analysis used the analysis of correlation coefficients which symbolized correlation (r) with the provisions of the r value of not more than the price (- 1 <r <+ 1) if the value of r = -1 means a perfect negative correlation r = 0 means no correlation and r = 1 means the correlation is very strong and analysis coefficient of determination to declare the size of the effect of variable x to Y can be determined by KP = r2 x 100%. While the test results obtained from the table Hypothesis t n-2 where (30- 2 = 28) we can see in the attachment t table with a significant level of 0.05 the null hypothesis (Ho) of the alternative hypothesis (Ha), namely: If thitung ≥ ttabel, then reject Ho, Ha received significant meaning and, thitung ≤ ttable, thank Ho, Ha reject means insignificant. Based on the four variables, namely production, price, promotion and distribution channels in which the four variables are used to measure the components of the marketing mix, it can be concluded that the marketing mix and significant impact on customer satisfaction. It is evident that the four variables that have tcount ≥ ttable.


Keywords


Bauran Pemasaran; 4P; Kepuasan Pelanggan;Marketing Mix; Customer Satisfaction.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2003. Prosedur Pe-nelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Kelima, Jakarta: Rhieka Cipta.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jonathan, Sarwono. 2006. Metode Pen-elitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kotler, Philip, 2002. Manajemen Pemasar-an, Edisi Millenium., Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong 2003. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler dan Keller, 2007. Manajemen Pe-masaran, Edisi 12, Jilid 1, Jakarta: PT.Indeks.

Kotler and Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid Satu, Edisi Ketigabelas. Jakarta : erlangga.

Lupiyoadi, Rambat,2001. Manajemen pemasaran jasa: Teori dan Praktek, Edisi Pertama, Malang: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy, 1997. Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Siegel, Sidney, 1997. Statistik Non Para-metrik Untuk Ilmu Sosia,. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Supranto. J. 2000. Metode Riset dan Aplikasinya Dalam Pemasaran. Edisi Kelima. Jakarta: LPFE-UI.

Supranto, J. 2006. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan : Untuk Menaikkan Pangsa Pasar, Jakarta, Rineka Cipta.

Swastha, Basu DH dan Irawan. 2002. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: penerbit Liberty.

Umar, Husein. 2000. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Umar, Husein. 2004. Metode Penelitian Untuk Skripsi data Dengan SPSS. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Usmara A, B Budiningsih. 2007. Marketing Classics, Edisi Revisi, Yogyakarta: Amara Books.

Vardiansyah, Dani. 2008. Filsafat Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Indeks, Jakarta .




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i2.711

Article Metrics

Abstract view : 1031 times
PDF - 437 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub