Analisis Portopolio Produk Pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung Menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG)

M. Yusuf S. Barusman, Soni Gunardi

Abstract


Produk dapat dinilai potensial oleh target pasar karena keunggulannya atau kutilitas yang dapat dihasilkannya demikian juga yang di harapkan PT. Asuransi Umum Bumiputera 1967 Cabang Lampung. Masalah pada penelitian ini tahun 2013 hanya tercapai target se-besar 91% dan pertumbuhan tidak maksimal hanya sebesar 8,10% pada PT. Asuransi Umum Bumiputera Muda 1967 Cabang Lampung. Berdasarkan masalah maka perumusan masalah pada penelitian ini  yaitu: Bagaimana pemetaan  portopolio  produk  dan staretegi yang diterapkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung meng-gunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG)”. Adapun Tujuan penelitian ini yaitu: menganalisis pemetaan portopolio produk dan strategi yang diterapkan pada PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung.  Metode analisis menggunakan Matrik Boston Consulting Group (BCG). Berdasarkan hasil pemetaan pada matrik Boston Consulting Group (BCG) dapat dijelaskan bahwa  kesebelas produk PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung  menempati kuadran (posisi) yang berbeda-beda yaitu : Pada kuadran I  atau Question Mark terdapat enam produk yang dipetakan dalam posisi ini yaitu produk asuransi kebakaran, asuransi mobil, asuransi motor, asuransi kredit, asuransi uang, dan asuransi kebongkaran. Ini menunjukan 55% produk yang dipasarkan PT.Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung pangsa pasarnya masih lebih kecil dibandingkan kompetitor utama, tetapi tingkat pertumbuhan produk 5 tahun terakhir cukup tinggi. Pada Kuadran II atau Star, terdapat empat produk asuransi yaitu asuransi ke-sehatan, asuransi kecelakaan diri, asuransi surety bond, dan asuransi dokter liability. Ini menunjukan 37% produk yang dipasarkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung dalam posisi yang optimal, di mana posisi yang semua perusahaan menginginkannya, di mana tingkat pertumbuhan dan tingkat pangsa pasar cukup tinggi. Pada Kuadran IV atau Dog terdapat satu produk asuransi yaitu marine cargo. Ini menunjukan hanya ada 0.09% produk yang dipasarkan PT. Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 Cabang Lampung dalam kondisi tidak lagi memiliki daya saing yang unggul dan tingkat pertumbuhan yang lambat.

The products can be considered as potential market target because it’s excellence or quality that can be produced, as well as the expected in PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch. The problem in this research is: by the year of 2013, they only reached the target of 91% and the growth is not maximum, only by 8.10% in PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch. Based on this  problem formulation in this research is: How is mapping of product portfolios and strategy applied by PT. Bumiputeramuda General Insurance 1967, Lampung Branch using Boston Consulting Group (BCG) Matrix. The purpose of this study are: to analyze mapping product portfolio and strategy applied to the PT. General Insurance 1967 Bumiputeramuda Lampung branch. The method of analysis using  Boston Consulting Group (BCG) Matrix. Based on the mapping results of the matrix of the Boston Consulting Group (BCG) can be explained that the eleven product of PT. Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch occupies different a quadrant (position) : In the first quadrant or Question Mark there are six products that are mapped in this position. the product are fire insurance, automobile insurance, motorcycle insurance, credit insurance, money insurance, and insurance burglary. It shows 55 % of products marketed by PT .Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch market share is still smaller than the main competitors , but the rate of growth of the past 5 years the product is high enough. In Quadrant II or Star, there are four insurance products, the product are health insurance, personal accident insurance, surety bond insurance, and physician liability insurance. It shows 37 % of products marketed by PT .  Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch in the optimal position, in which position all companies want, which pertubuhan level and the level of market share is quite high. In Quadrant IV or the Dog, there is one product that is marine cargo insurance. It shows only 0:09 % of products marketed by PT. Bumiputeramuda 1967 General Insurance Lampung Branch in a state that  no longer has a superior competitiveness and slower growth rates .


Keywords


Pemetaan Portopolio; Matrix Boston Consulting Group (BCG); Strategi Pemasaran; Mapping Portfolio; Marketing Strategy.

Full Text:

PDF

References


Bailey, Kenneth D. 1982. Methdology of Sosial Research. New York : The Free Press. A Division of Mac Millan Publishing Co. Inc.

Bambang, Hariadi 2003. Strategi Manage-men, Strategi Memenangkan Perang Bisnis, Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Malang : Bayu Media Pub-lishing

Darmawi, Herman. 2004. Managemen Asuransi, Jakarta: Bumi Aksara

David, Fred. 2004. Managemen Startegis Konsep-Konsep. Edisi ke-9. Alih Bahasa Kresno Sansu. Jakarta : Indeks

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasar-an di Indonesia, Jakarta: Salemba Empat,

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pe-masaran : Analisis, Perencanaan,

Implementasi dan Kontrol, terj : Hendra Teguh dan Ronny Antonius

Rusly, Edisi 9, Jilid 1 dan 2, Jakarta: PT Prenhalindo,

Kotler, Philip & Kenin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

PT. Asurnasi Umum Bumiputeramuda 1967. 2013. Buku Panduan Kebijakan Underwriting. Jakarta.

Sugiyono. 2002. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : CV. Alfadita

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pen-didikan Pendekatan Kuantutatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfadita.

Swastha, Basu Dh dan Irawan, 2003. Managemen Strategi dan Kelayakan Perusahaan, Jakarta : Erlangga

Tjiptono, Fandy. 2000. Strategi Pemasaran Edisi II. Jakarta; Penerbit Andi

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.

Umar, Husein. 2002. Strategik Managemen In Action. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Undang- Undang nomor 2 tahun 1992. Tentang Perasuransian Indonesia.

Widyatmini, 2009. Analisa Matrik BCG pada Strategi Pemasaran Produk, Jakarta

Widjaja, Tunggal Amin. 2004. Managemen Strategik. Jakarta : Harvarindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i2.709

Article Metrics

Abstract view : 355 times
PDF - 345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub