Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Jasa Pendidikan pada STIE Lampung

Sri Kriswandari

Abstract


Problems of STIE Lampung is not achieving the target number of students. It indicates the lack of customer satisfaction of service users colleges of STIE Lampung. The purpose of this study is to determine the factors that have a significant effect simultaneously and partially on customer satisfaction and what factors contribute the greatest influence on customer satisfaction of service users STIE Lampung education. Based on the questionnaires about the performance of 30 students obtained results STIE Lampung 66.67% said it was not satisfied and 33.33% said they were satisfied. The results of preliminary research states there are four factors that affect customer satisfaction, namely: Quality of Lecturer, Quality of Facilities, Cost of Education, Service Quality. Logistic Regression Using the model obtained by the equation: Li = 42.127 + 0.889 X1 + 0.417 X2 + 2.218 X3 + 0.895 X4, with regression coefficient 0.889 Quality of Lecturer=0.889: Quality of Facilities=0.417; Cost of Education=2.218; and Quality of Service=0.895. It shows the Quality of Lecturers, Quality of Facilities, Cost of Education, and Service Quality influence on consumer satisfaction, and which contributes the greatest influence is Cost of Education. From the results of T-test and F-test can be concluded that the Quality of Lecturers, Quality of Facilities, Cost of Education, Service Quality have a significant effect simultaneously and partially on Consumer Satisfaction. The coefficient of determination (R2) = 0.999, mean Quality of Lecturer, Quality of Facilities, Cost of Education, Service Quality simultaneously affect consumer satisfaction for the remaining 99.92% and 0.08% influenced by other factors. Thus, it can be concluded that the hypothesis which states Lecturer Quality, Quality of Facilities, Cost of Education, and Service Quality have a significant effect simultaneously and partially on the Customer Satisfaction of service users STIE Lampung by the acceptable level, while the hypothesis Quality Lecturer to contribute the greatest influence on consumer satisfaction is not acceptable because, according to the results studies Cost of Education that contribute the greatest influence. To that end, the head of Lampung STIE must consider factors that affect consumer satisfaction, especially in the Cost of Education.

Masalah yang dihadapi STIE Lampung yaitu belum tercapainya target jumlah mahasiswa. Hal ini mengindikasikan masih kurangnya tingkat kepuasan konsumen pengguna jasa perguruan tinggi STIE Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap kepuasan konsumen dan faktor apa yang memberikan kontribusi pengaruh terbesar terhadap kepuasan konsumen pengguna jasa pendidikan STIE Lampung. Berdasarkan angket 30 mahasiswa tentang kinerja STIE Lampung diperoleh hasil 66,67% menyatakan tidak puas dan 33,33% menyatakan puas. Hasil penelitian pendahuluan menyatakan ada empat faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen yaitu: Kualitas Dosen, Kualitas Fasilitas, Biaya Pendidikan, Kualitas Pelayanan. Dengan menggunakan model Regresi Logistik diperoleh persamaan: Li = 42,127 + 0,889 X1 + 0,417 X2 + 2,218 X3 + 0,895 X4, dengan koefisien regresi Kualitas Dosen 0,889; Kualitas Fasilitas 0,417; Biaya Pendidikan 2,218; Kualitas Pelayanan 0,895. Ini menunjukkan Kualitas Dosen, Kualitas Fasilitas, Biaya Pendidikan, serta Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap Kepuasan Konsumen, dan yang memberikan kontribusi pengaruh terbesar adalah Biaya Pendidikan. Dari hasil Uji-F dan Uji-t dapat disimpulkan bahwa Kualitas Dosen, Kualitas Fasilitas, Biaya Pendidikan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Kepuasan Konsumen. Koefisien Determinasi (R2)= 0,999, berarti Kualitas Dosen, Kualitas Fasilitas, Biaya Pendidikan, Kualitas Pelayanan secara simultan mempengaruhi Kepuasan Konsumen sebesar 99,92 % dan sisanya 0,08% dipengaruhi faktor lain. Jadi, dapat disimpulkan ahwa Hipotesis yang menyatakan Kualitas Dosen; Kualitas Fasilitas; Biaya Pendidikan; serta Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan secara simultan dan parsial terhadap Kepuasan Konsumen pengguna jasa pendidikan STIE Lampung dapat diterima, sedangkan hipotesis yang menyatakan Kualitas Dosen memberikan kontribusi pengaruh terbesar terhadap Kepuasan Konsumen tidak dapat diterima karena menurut hasil penelitian Kelayakan Biaya Pendidikan yang memberikan kontribusi pengaruh terbesar. Untuk itu, pimpinan STIE Lampung harus memperhatikan faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumennya, terutama dalam hal Biaya Pendidikan.

 

Keywords


Consumer Satisfaction; Quality of Lecturer; Quality of Facilities; Cost of Education; Service Quality

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchori. 2004. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Cannon, Joseph P. 2008. Pemasaran Dasar Pendekatan Manajerial Global. Alih bahasa Afia Fitriati. Jakarta: Salemba Empat.

Dimyati, M. 2001. Analisis Kesenjangan antara Harapan dengan persepsi atas Kualitas Jasa Pendidikan Tinggi. Studi Kasus di Universitas Jember. Jurnal Riset Ekonomi Manajemen. Vol.1, No.1.

Gujarati, N. Damodar. 1995. Basic Econometrics, 3rd Edition.Mc. Graw-Hill: Books Company.

Hanafiah, M Yusuf. 1994. Pengelolaan Mutu Total Pendidikan Tinggi, Jakarta.

Kotler, Philip dan Swie Hoon Ang. 2004.Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Alih bahasa Zein Isa. Jakarta: Indeks.

Kotler, Philip dan Swie Hoon Ang. 2004. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Alih bahasa Zein Isa. Jakarta: Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pema-saran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Nazir, M. 2003. Metode Penelitian. Jakrata : Galia Indonesia.

Tampubolon, Daulat Purnama. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Vincent, Gaspersz. 1990. Analisis Kuantitatip untuk Perencanaan. Bandung: Tarsito.

Kriswandari, Sri. 2011. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Jasa Pendidikan pada STIE Lampung. Universitas Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v2i1.45

Article Metrics

Abstract view : 571 times
PDF - 266 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub