KUALITAS LAYANAN DAN IKATAN EMOSIONAL TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PT PEGADAIAN CABANG KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

Chindy Marina Putri, Vonny Tiara Narundana, Farida Efriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan ikatan emosional terhadap loyalitas nasabah di PT Pegadaian Cabang Kedaton Kota Bandar Lampung. Populasi dalam penelitian ini adalah semua nasabah di PT Pegadaian Cabang Kedaton Kota Bandar Lampung yang diamati selama 1 bulan dengan jumlah rata-rata sebanyak 65 orang dan sampel sebanyak 65 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kualitas layanan dan ikatan emosional terhadap loyalitas nasabah di PT Pegadaian Cabang Kedaton Kota Bandar Lampung

Keywords


Ikatan Emosional, Kualitas Layanan, Loyalitas

Full Text:

PDF

References


Adimah, N., & Oktriawan, W. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan

terhadap kepuasan Nasabah dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi

Kasus pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)

Ketenagakerjaan kantor Cabang Purwakarta). Muttaqien: Indonesian

Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 3(2).

Amnah, N. S. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan

Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Bjb Syariah Kcp Jatibarang. JSEF: Journal of Sharia Economics and Finance, 1(1), 20-35.

Ardiansyah, A. P. (2023). Pengaruh CSR dan Kepuasan Konsumen terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Konsumen pada Perusahaan BSI

(Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Assauri. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa (Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Haryanti, N., & Baqi, D. A. (2019). Strategi Service Quality Sebagai

Media Dalam Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.

Journal of Sharia Economics, 1(2), 101-128.

Husna, I. (2020). Peran Kepuasan Dan Keterikatan Emosional Pada

Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Anggota Persebaya Selamanya).

Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 599-605.

Ibrahim, M., & Thawil, S. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan

Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Riset

Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1),

-182.

Kadarusman, K., Maria, E., & Deccasari, D. D. (2019). Cinta Merek Sebagai Mediasi Antara Kepercayaan Merek, Gairah Merek Dan Niat Beli Kembali. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 92-105.

Khairunnisa, K., & Inayatillah, I. (2023). Pengaruh Kedekatan Emosional Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada BSI KCP 1 Ulee Kareng Banda Aceh. Jihbiz: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 5(1), 63-78.

Kotler dan Keller. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kurnianingsih, A. (2021). Kualitas Layanan dan Nilai Pelanggan: Pengaruhnya Terhadap Kepuasan dan Loyalitas. Jurnal Manajemen Dan Retail, 1(02), 62-84.

Lestari, W., Musyahidah, S., & Istiqamah, R. (2019). Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Usaha Percetakan Pada CV. Tinta Kaili dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis

Islam, 1(1), 63-84.

Lusy, L., & Putra, A. (2020). Anteseden Loyalitas Pengunjung. JCA of

Economics and Business, 1(02).Magdalena, M., & Putra, I. (2023).

Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Brand Image Terhadap Volume

Penjualan Vivo Pada J-Bross Computer Dan Smartphone Padang.

Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan,

(1), 374-398.

Mahanani, P. A. R. (2017). Customer Relations Management sebagai

Salah Satu Upaya Public Relations Perusahaan Jasa Perbankan

Menciptakan Good Image. Jurnal ASPIKOM, 1(6), 551-562.

Marwanto, B., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 120-128.

Marwanto, B., Welsa, H., & Kurniawan, I. S. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang (pada Konsumen Produk Sayuran Cv Tani Organik Merapi Pakem Sleman). Jurnal Kolaboratif Sains, 5(2), 120-128.

Mashar, M. F. (2021). Fungsi Psikologis Ruang Terbuka Hijau. Jurnal Syntax Admiration, 2(10), 1930-1943.

Maulyan, F. F., Drajat, D. Y., Angliawati, R. Y., & Sandini, D. (2022) Pengaruh Service Excellent Terhadap Citra Perusahaan Dan Loyalitas Pelanggan: Theoretical Review. Jurnal Sains Manajemen, 4(1), 8-17.

Novianti, N., & Hufron, M. (2017).

Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Ahass Setio Motor Jombang. E-JRM: Elektronik

Jurnal Riset Manajemen, 6(04).

Prastya, N. M. (2016). Analisis Framing dalam Riset Public Relations. Jurnal Informasi, 46(2), 193-204.Rangkuti. (2018). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan

OCAI. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Siyamto, Y. (2017). Kualitas Pelayanan Bank Dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Dan Customer Satisfaction Index (CSI) Terhadap Kepuasan Nasabah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 63-76.

Sudrajat, A. R. (2021). Perilaku Organisasi Sebagai Suatu Konsep &

Analisis.

Nilacakra.Sukatin, S., Chofifah, N., Turiyana, T., Paradise, M. R., Azkia, M., & Ummah, S. N. (2020). Analisis Perkembangan Emosi Anak Usia

Dini. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini,

(2), 77-90.

Sutisna dan Pawitra. (2017). Perilaku Konsumen dan Komunikasi

Pemasaran. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Tabrani, P. (2015). Pendidikan Seni, Hubungannya Dengan Ambang

Sadar, Imajinasi Dan Kreativitas Serta Manfaatnya Untuk Proses

Belajar Yang Bermutu. Jurnal Komunikasi Visual & Multimedia,

(1), 1-18.

Tjiptono. (2018). Total Qualiy Management. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono.(2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.

Uno, H. B., & Umar, M. K. (2023). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran: Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan.

Bumi Aksara.

Violin, V., Hasan, S., & Sufri, M. (2022). Pengaruh Konsep Low-Cost Carrier dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan pada Maskapai Lion Airlines di Indonesia. Journal of Management Science (JMS), 3(1), 150-160.

Wicaksono, D. A. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas

Pelanggan (Suatu Kajian Teoritis). Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 504-509




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v14i2.3746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub