PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENERIMAAN SISWA PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS LANGUAGE EXCHANGE (LE) KOTA BANDAR LAMPUNG

Eka Travilta Oktaria, Hairudin Hairudin, Riki Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Language Exchange. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Language Exchange yaitu sebanyak 75 orang yang terdiri dari 15 siswa SD, 30 siswa SMP, 20 siswa SMA dan 10 orang yang telah lulus dari sekolah. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh responden. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan pangkat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru. Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru.


Keywords


Promosi, Kualitas Pelayanan, Peningkatan.

Full Text:

PDF

References


Lovelock, Christopher dan Wright, Lauren, 2005. Pemasaran Jasa (terjemahan), Jakarta: Gramedia.

Armstrong, G., dan Kotler, P. 2017. Principles of Marketing 17th red. New York.

Negara, L. A. 2003. Penyusunan Standar Pelayanan Publik.

Adi, S. 2003. Pengertian Peningkatan Menurut Ahli. Duniapelajar.Com. http://www.duniapelajar.com.pengertian-peningkatan-menurut-paraahli.html

Tjiptono, Fandy dan Anastasia, Diana. 2019. Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran dan Strategi. Penerbit Andi Yogyakarta.

Gie, The Liang. 2000. Administrasi Perkantoran Modern. Yogyakarta. Liberty.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. 2012. Service Quality Satisfaction. Jogjakarta: Andi Offset.

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Gronroos, C. 2016. Service Management and Marketing: A Customer Relationship Management Approach. Chishester: Jhon Wiley and Sond, Ltd.

Garvin, David A. 2016. Alih Bahasa Fandy Tjiptono. Strategi Pemasaran.Yogyakarta.

Feigenbaum, A.V. 1992. Kendali Mutu Terpadu. Penerbit Erlangga.

Juran, Joseph M. 1998. Juran’s Quality Handbook 5th Edition. New York: McGrawHill.

Ginting, Ginta. 2018. Pemasaran Jasa (Modul). Tangerang: Universitas Terbuka.

Ali Hasan. 2018. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesian Indovisi Institute, 1(III), pp. 83-104.

Morissan, Alexander. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Ramdina Prakars.

Pande Komang, Intan Triana Putri. 2020. Analisis Pengaruh Harga Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Kursus Bahasa Inggris (Studi Kasus Pada Pengguna Jasa Kursus Program Confidence Jolly Roger Education Cabang Gianyar). Repository Universitas Ngurah Rai.

Assegaf, Mohammad. 2009. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Perusahaan Penerbangan PT. Garuda di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Unisulla Semarang, Vol. 10, No. 2, Juli, pp. 171-186.

Kotler, Philip dan Amstrong. 2017. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v14i1.3124

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub