Peranan Penjaminan Mutu Satuan Pendidikan Di Sekolah

Setiyo Setiyo

Abstract


Penjaminan mutu pendidikan dilakukan guna meningkatkan kualitas/ mutu pendidikan di lembaga satuan pendidikan sekolah/madrasah. Selain itu dengan sistem penjaminan mutu pendidikan, maka para stekeholders merasa puas dengan adanya sistem penjaminan mutu tersebut, sehingga dapat mengetahui kualitas lembaga pendidikan tersebut untuk memenuhi kebutuhan pendidikan masyarakat yang disesuaikan dengan Standar Pendidikan Nasional.

Penjaminan mutu pendidikan  diharapkan  dapat  terus  dilaksanakan  oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah sebagai lembaga independen.  Lembaga ini perlunya kerjasama yang baik dengan pihak pemerintah sebagai pemegang kepentingan. Sebagai pelaksana akreditasi yang dilakukan oleh asesor guna melaksanakan verifikasi terhadap kelayakan sekolah baik negeri dan swasta, untuk kesesuaian dengan standar nasional pendidikan.

Sebagai asesor pendidikan perlunya diklat khusus mengenai etika profesionalisme pendidikan dan kompetensi asesor tersebut, guna mendapatkan hasil yang akuntabel dan dapat dipertanggung jawabkan kelayakannya terhadap  satuan pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan akan sulit terwujud bila tidak dilakukan secara professional dan perlunya hubungan yang baik antara internal satuan pendidikan dengan lembaga eksternal pendidikan dan  tim  penjamin  mutu serta hubungan baik antara pemerintah dengan lembaga pendidikan tersebut.


Keywords


Penjaminan mutu pendidikan;satuan pendidikan;asesor secara internal dan eksternal

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v11i2.1953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub