Rancang Bangun Game Edukasi Matematika untuk Tingkat Sekolah Dasar Kelas 1 dan 2 Berbasis Android

Jiki Romadoni, Eko Mailansa, Mayrina Saparina

Abstract


Pengembangan game edukasi matematika berbasiskan Android telah menjadi salah satu strategi dalam memanfaatkan teknologi, khususnya smartphone, dalam pendidikan. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi game edukasi matematika yang diperuntukkan bagi siswa kelas 1 dan kelas 2 di Sekolah Dasar Negeri Cahaya Baru. Game ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan berpikir dan konsentrasi siswa dalam memecahkan masalah matematika, serta memperkuat motivasi dan minat belajar mereka. Metode pengembangan game edukasi sangat diharapkan bisa mengatasi berbagai faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika pada siswa. Lewat penelitian ini, diharapkan bisa memperoleh gambaran yang nyata tentang sejauh mana game edukasi metematika dapat merangsang respon positif siswa dan memotivasi mereka dalam pembelajaran matematika, terkhusus dalam konsep penjumlahan dan pengurangan.


Keywords


Adobe Flash; Android; Game Edukasi; MDLC

Full Text:

PDF

References


J. Sistem, D. Padhlurrahman, I. Handayani, J. Informatika, and F. Sains, “Implementasi Augmented Reality untuk Media Pembelajaran Tata Surya pada Anak Usia Dini,” vol. 14, no. 2, pp. 142–147, 2023.

S. K. Nur, S. Ngareng, and H. Prayuda, “Game Mainmatika Berbasis Android,” pp. 256–262, 2023.

I. N. Q. Aini, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Aplikasi Pembelajaran Interaktif Augmented Reality Tata Surya Sekolah Dasar Menggunakan Metode Marker Based Tracking,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 4, no. 1, p. 178, 2020, doi: 10.30865/mib.v4i1.1875.

D. Wulandari, Pengembangan Game Edukasi Berbasis Android. Sumanto Al Qurtuby. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=M6OBEAAAQBAJ

Q. J. Adrian and A. Apriyanti, “Game Edukasi Pembelajaran Matematika Untuk Anak Sd Kelas 1 Dan 2 Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 13, no. 1, p. 51, 2019, doi: 10.33365/jti.v13i1.159.

V. H. Saputra, D. Darwis, and E. Febrianto, “Rancang Bangun Aplikasi Game Matematika Untuk Penyandang Tunagrahita Berbasis Mobile,” Comput. J. Comput. Sci. Inf. Syst., vol. 3, no. 2, p. 116, 2019, doi: 10.24912/computatio.v3i2.6033.

E. Yayuk, PEMBELAJARAN MATEMATIKA SEKOLAH DASAR. Ummpress, 2019. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=uc_oDwAAQBAJ

E. Agustina Silitonga and I. Magdalena Universitas Muhammadiyah Tangerang, “Gaya Belajar Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Cikokol 2 Tangerang,” PENSA J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 1, pp. 17–22, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

A. Talakua and A. Aha Pekuwali, “Aplikasi Game Edukasi pengenalan Nama Hewan dan Habitat dalam 3 Bahasa bagi Anak Usia Dini,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 14, no. 1, p. 24, 2023, doi: 10.36448/jsit.v14i1.2982.

E. Nathaniel, T. A. P. Sidhi, and V. Citrayasa, “Pembangunan Game Edukasi untuk Pengenalan Rambu Lalu Lintas Pada Anak Sekolah Dasar,” Inform. Atma Jogja, vol. 2, no. 2, pp. 87–94, 2021, [Online]. Available: https://ojs.uajy.ac.id/index.php/jiaj/article/view/5474

D. B. Sukma, G. Y. Swara, and E. K. Putra, “Permainan Edukatif Untuk Anak Usia Dini Berbasis Multimedia Interaktif,” vol. 14, no. 2, pp. 155–161, 2023.

F. Rozi and K. Khomsatun, “Rancang Bangun Game Edukasi Pengenalan Warna Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Menggunakan Adobe Flash Berbasis Android,” JIPI (Jurnal Ilm. Penelit. dan Pembelajaran Inform., vol. 4, no. 1, p. 12, 2019, doi: 10.29100/jipi.v4i1.781.

A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

savitri wanabuliandari sri ayu, sekar dwi ardianti, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Universitas Muria Kudus , Kudus , Indonesia E-mail : Abstrak PENDAHULUAN Pentingnya ilmu matematika dalam kehidupan sehari-hari bisa meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan menyerap pelajaran l,” J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 3, pp. 1611–1622, 2021, doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.3824.

Marzuki and F. Chandra, “Game Berbasis Adventure Sebagai Pendukung Pembelajaran Pengenalan Kata Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini,” Explor. J. Sist. Inf. dan Telemat., vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2014, doi: 10.36448/jsit.v4i2.535.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v15i1.3496

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub