Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan BPNT menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Topsis

Rusmawati R

Abstract


Dalam pemberian bantuan masih memiliki kendala ataupun permasalahan data penerima BPNT yang masuk ke desa tidak sesuai dengan data masyarakat miskin yang ada di desa. Banyak warga yang mengeluh karena dianggap data tidak sesuai dengan kondisi di lapangan dan data pemerintah yang dianggap tidak teratur, warga yang seharusnya lebih layak mendapatkan bansos tetapi tidak menjadi sasaran pemerintah.  Kurang selektifnya dalam pemilihan penerima bantuan karena masih terdapat subjektifitas dalam menentukan calon penerima bantuan. Diperlukan sebuah sistem yang dapat membantu aparatur desa dalam menentukan calon penerima bantuan agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran sesuai kriteria yang ada. Pada penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan TOPSIS  yang dapat membantu memberikan rekomendasi kepada aparatur desa dalam memilih masyarakat Desa Entibab yang layak mendapatkan bantuan BPNT. Terdapat 7 kriteria yang digunakan dalam pemberian bantuan BPNT yaitu: pendidikan, pekerjaan, penghasilan, status, tempat tinggal dan jumlah anak.  Sistem yang dibangun berbasis website dengan menggunakan Bahasa pemograman PHP dengan basis data Mysql. Hasil perbandingan antara keluaran sistem dan hitungan manual, menunjukkan bahwa sistem pendukung keputusan penerima bantuan BPNT menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Technique for Order of Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS) telah memberikan hasil yang konsisten dan akurat. Peringkat alternatif yang dihasilkan oleh sistem dengan nilai V dapat dilihat serupa dengan peringkat hasil hitungan manual. Setiap alternatif, mulai dari A3 hingga A10, diurutkan secara konsisten sesuai dengan nilai V yang dihitung, menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi dalam menentukan penerimaan bantuan BPNT. Hasil pengujian fungsionalitas lebih lanjut menegaskan bahwa sistem mampu beroperasi dengan baik, menghasilkan perangkingan alternatif sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Keseluruhan, implementasi metode AHP dan TOPSIS dalam sistem pendukung keputusan ini memberikan keyakinan bahwa sistem dapat memberikan rekomendasi penerima bantuan dengan tingkat akurasi yang memadai.


Keywords


Bantuan; BPNT; AHP; Topsis; Sistem Pendukung Keputusan

Full Text:

PDF

References


R. Nugraha and D. Gustian, Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan Bantuan Sosial Dengan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process, Sukabumi, 2022.

A. M. A, H. N and S. , Sistem Pendukung Keputusan Penentian Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierrarchy Process - Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (AHP-TOPSIS), vol. Vol. 2, 2018, p. No.10.

R. Rahardian, N. Hidayat and R. K. Dewi, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process - Preference Ranking Organization for Enrichment Evaluation II (AHP - PROMTHEE II), vol. Vol. 2, Mei 2018, pp. 1980-1985.

M. S. R, D. H. Hutahaean and H. T. Sihotang, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bahan Pangan Bersubsidi Untuk Keluarga Miskin Dengan Metode AHP Pada Kantor Kelurahan Mangga, vol. 2, Medan, Sumatera Utara: Journal Of Informatic Pelita Nusantara, 2017.

Kemensos, Pedoman Umum Bantuan Pangan, Jakarta Pusat: Tim Pengendali Pelaksanaan Penyaluran Bantuan Sosial, 2019.

A. B. and A. D. Cahyani, Yogyakarta: Deepublish, 2016.

I. H. Firdaus, G. Abdillah and F. Renaldi, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode AHP dan Topsis, Yogyakarta: Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2016.

Parhusip, J. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Pada Desain Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Di Kota Palangka Raya, Jurnal Teknologi Informasi Vol 13 No 2, 2019

S. B, Pemograman Web dengan PHP, Solo: Santika Kencana, 2014.

Ignas, Sistem Informasi Penjualan Online Untuk Tugas Akhir, Yogyakarta: ANDI, 2014.

Riyanto, Sistem Informasi Penjualan dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus: Aplikasi Apotek Integrasi Barcode Scanner), Yogyakarta: Gava Media, 2011.

A. Solichin, Pemograman Web dengan PHP dan MySQL, Jakarta, 2016.

R. Abdulloh, Web Programmer, Jakarta: PT. Eks Media Komputindo, 2015.

A. Solichin, Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL - Achmad Solichin - Google Buku, Univ. Budi Luhur, 2016.

N. P. e. all, Sistem Pendukung Keputusan Penerima Bantuan, vol. 17, J. Transform, 2020, pp. 200-208.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v15i1.3416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


About the JournalJournal PoliciesAuthor Information

Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika)
e-ISSN: 2686-181X
Website: http://jurnal.ubl.ac.id/index.php/explore
Email: explore@ubl.ac.id
Published by: Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Office: Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No 89, Gedong Meneng, Bandar Lampung, Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Technical Support by:  RYE Education Hub