Perancangan Aplikasi Edukasi Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini Berbasis Android
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin canggih memaksa setiap orang harus memiliki perangkat pintar yang salah satunya adalah smartphone. Hampir semua kalangan dan lapisan masyarakat menggunakan gadget baik anak-anak, remaja, orang dewasa dan orang tua. Anak Usia dini juga menjadi salah satu pengguna gadget dikarenakan kebiasaan orang tua yang menunjukkan tayangan kartun untuk mengalihkan perhatian anak. Fenomena tersebut membawa dampak yang positif dan juga negatif. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk memberikan pilihan aplikasi yang baik untuk anak usia dini saat mereka mengakses gadget agar dampak yang ditimbulkan saat menggunakan gadget adalah dampak yang positif. Metode yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari tahapan Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi edukasi mengenal angka berbasis android. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan adalah aplikasi dapat berjalan dengan baik setelah dilakukan pengujian menggunakan pengujian black Box dan diharapkan aplikasi ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk anak saat menggunakan gadget.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
W. Detya, N. Selina and K. Rio, "Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Perubahan SIstem Komunikasi Indonesia," NOMOSLECA, vol. vol.08 no.2, pp. 242-252, 2020.
L. Aan and N. Guswati, "Dampak Positif Penggunaan Smarphone pada Anak Usia 2-3 Tahun dengan Peran Aktif Pengawasan Orang Tua," Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. Vol. 18 (1), pp. 97-111, 2020.
N. Ria and G. Meyke, "Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini; Tantangan Baru Orang Tua milenial," Jurnal Obesi: JUrnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. vol 4, no. 2, pp. 1000-1010, 2020.
R. Sajani, G.-D. Sara, L. Jennifer, B. Miraides, O. Sarah, L. Diane and C. D. John, "Screen Exposure During Daily Routines and a Young Child’s Risk for Having Social-Emotional Delay," Clinical Pediatrics, vol. 56, no. 13, pp. 1233-1253, 2017.
S. Latifatus and S. E. A. I. Deka, "Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku SOsial Anak di Desa Jekulo Kudus," EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 03 no. 04, pp. 2132-2140, 2021.
S. S. Irma, "Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip," TILA : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, vol. vol 02. no 01, pp. 140-153, 2022.
Nirwana, M. A and Chairunnisa, "The Effect of Gadget Toward Early Childhood Speaking Ability," Indonesian Journal of Early Childhood, vol. 7, pp. 87-90, 2018.
G. Zulfu, "Parents’ Perceptions about the Mobile Technology Use of Preschool Aged Children," Procedia - Social and Behavioral Sciences, vol. 146, pp. 55-60, 2014.
Y. Juliana, "Perancangan Aplikasi Edukasi Pengenalan Angka Dan Karakter Untuk Balita Berbasis Android (Studi Kasus TK AN-Nisa)," Jurnal Imu Komputer JIK, vol. vol V no 1, pp. 55- 63, 2021.
H. Ani, Fajriyah and K. Wijaya, "Game Edukasi Anak Usia Dini Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS 6," JPSII (Jurnal Pengembangan SIstem Informasi dan Informatika), vol. vol 2 no 1, pp. 1-15, 2021.
R. Riana, Mustaji and S. B. Bachtiar, "Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android dalam Meningkatkan Keaksaraan," Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 06 no 04, pp. 3399-3409, 2022.
F. Firman and F. Suherman, "Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Android dalam Pembelajaran Kontekstual Materi Kegiatan Ekonomi di Sekolah Dasar," Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. Vol 04 no 04, pp. 5176 - 5185, 2022.
F. Siti, W. Sri and Solomon, "Peningkatan Self-Awarness Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pembelajaran Lagu Daerah Riau," PERNIK Jurnal PAUD, vol. Vol 04 No 1, pp. 100-105, 2021.
S. Haitami, Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
S. P. Alitya, "Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan ISPRING untuk meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII SMP NEgeri 37 Semarang," UNNES, 2017.
L. Ratrie, T. Sri and Wisnumurti, "Rancang Bangung Aplikasi Layanan Pengaduan Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Oku Berbasis Android menggunakan Android Studio," Jurnal Informatika dan Komputer (JIK), vol. 14 No. 2, pp. 25-35, 2023.
F. Alvina, I. Tuti and S. H. Santoso, "Penerapan Model ADDIE dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcment," Jurnal Pendidikan West Science, vol. Vol 01 No 08, pp. 506-516, 2023.
Z. Agustinus, P. Swingly and D. Dedi, "Perangkat Lunak Aplikasi Pembelajaran Flowchart," Jurnal Teknologi Informasi dan Industri , vol. Vol. 4 No 1, pp. 61 - 70, 2023.
H. Yunhar, "Perancangan Sistem Informasi Rental Mobil Berbasis Web Pada PT.APM Rent Car," Jurnal Intra-Tech, vol. Vol 2 No 2, pp. 64-77, 2018.
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/expert.v15i1.4270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi
Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA
Indexed by:













This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.