Inovasi dalam Layanan Barbershop Melalui Implementasi Customer Relationship Management dengan Pendekatan Rapid Application Development

Reva Ragam Santika, Anita Diana, Achmad Khoiri

Abstract


[id] Persaingan yang ketat dalam industri barbershop mendorong pemilik bisnis untuk mencari inovasi dalam menjaga dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan. Salah satu solusi yang ditemukan adalah dengan mengembangkan aplikasi Customer Relationship Management (CRM) yang dapat membantu barbershop dalam mengelola dan memahami kebutuhan serta preferensi pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi aplikasi CRM dalam barbershop menggunakan metode Rapid Application Development (RAD) dengan pengujian system menggunakan black box testing dalam memastikan bahwa aplikasi tanpa masalah yang signifikan dan Acceptance Model dikumpulkan melalui survei dan wawancara digunakan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan aplikasi, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi aplikasi CRM dengan metode RAD dan pengujian black box testing dapat memberikan manfaat signifikan bagi barbershop dalam mengelola hubungan pelanggan. Selain itu, model penerimaan membantu dalam memahami faktor-faktor yang memengaruhi tingkat penerimaan aplikasi oleh pengguna. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pemahaman tentang bagaimana inovasi teknologi dapat membantu bisnis kecil seperti barbershop untuk bersaing dalam pasar yang semakin kompetitif.

[en] The intense competition in the barbershop industry has driven business owners to seek innovation in maintaining and enhancing customer relationships. One solution that has been found is the development of a Customer Relationship Management (CRM) application that can assist barbershops in managing and understanding the needs and preferences of their customers. This research aims to investigate the implementation of a CRM application in barbershops using the Rapid Application Development (RAD) method with system testing conducted through black box testing to ensure that the application functions without significant issues. Acceptance Model data was collected through surveys and interviews to analyze the factors influencing the acceptance of the application. The results of this study indicate that the implementation of the CRM application using the RAD method and black box testing can provide significant benefits to barbershops in managing customer relationships. Additionally, the acceptance model aids in understanding the factors influencing the acceptance of the application by users. This research makes an important contribution to the understanding of how technological innovation can assist small businesses like barbershops in competing in an increasingly competitive market.


Keywords


Customer Relationship Management; RAD; Barbershop

Full Text:

PDF

References


M. Bachtiar and E. S. T. Marnaek, “Perancangan Sistem Informasi Berbasis Aplikasi Dengan Metode Costumer Relationship Management (Crm) Pada Barbershop (Studi Kasus: Sian Barbershop),” Pros. SENAPENMAS, p. 1477, 2021, doi: 10.24912/psenapenmas.v0i0.15221.

D. Ngelyaratan and D. Soediantono, “Customer Relationship Management ( CRM ) and Recommendation for Implementation in the Defense Industry : A Literature Review Customer Relationship Management ( CRM ) dan Usulan Penerapannya Pada Industri Pertahanan : A Literature Review,” J. Ind. Eng. Manag. Res., vol. 3, no. 3, pp. 17–34, 2022.

M. Saleh Malawat; D. Harwini; N. Mulyani; J. Hutahaean, “E-Commerce Penjualan Menggunakan Metode Customer Relationship Management (CRM),” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 98–104, 2018.

O. ;Galih B. A. L. Irnawati, “Metode Rapid Application Development (RAD) pada Perancangan Website Inventory PT. SARANA ABADI MAKMUR BERSAMA (S.A.M.B) JAKARTA,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 12–18, 2018, doi: 10.31294/evolusi.v6i2.4414.

Migunani, Rekayasa Perangkat Lunak. Semarang: Yayasan Prima Agus Teknik, 2022.

Ahmad Fauzi ; Ginabila; Mochammad Abdul Azis, “Pengembangan Aplikasi E-learning dengan Metode Rapid Application Development,” Infotek J. Inform. dan Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 82–91, 2023.

L. Nilawati1, D. Sulastri, and Y. Yuningsih, “Penerapan Model Rapid Application Development Pada Perancangan Sistem Informasi Jasa Pengiriman Barang,” Paradig. – J. Inform. dan Komput., vol. 22, no. 2, pp. 197–204, 2020.

P. F. Sofiana, Safira Dwi ; Rachmadita, Andreswari ; Alam, “Jurnal Perancangan Modul Customer Relationship Management (CRM) Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD) Pada Startup Maiproyek,” e-Proceeding Eng., vol. 7, no. 2, 2020.

S. A. Azahra and M. Mansur, “Penerapan Metode Rapid Application Development (Rad) Dalam Perancangan Sistem Penjualan Online Di Toko Elektronik 85,” Informatics Digit. Expert, vol. 4, no. 2, pp. 81–87, 2023, doi: 10.36423/index.v4i2.993.

Dicky Hariyanto; Ricki Sastra; Ferina Eka Putri, “Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Sistem Informasi Perpustakaan,” 2002, vol. 13, no. 1, pp. 110–117, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/expert.v13i2.3263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.