SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN (DECISION SUPPORT SYSTEM) PENILAIAN KEDISIPLINAN SISWA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (STUDI KASUS: SMK MA’ARIF SUKOHARJO)

Rina Wati, Suyono Suyono

Abstract


Penanaman kedisiplinan merupakan susuatu yang perlu diberikan kepada setiap siswa agar setiap sekolah dapat  menjadikan siswa yang tertib dan berprilaku baik. Kedisiplinan memerlukan Penilaian sehingga setiap sekolah dapat mengetahui seberapa besar nilai kedisiplinan setiap siswa. Dalam penelitian ini kriteria – kriteria dan penerapan metode TOPSIS (Technique For Order Preference By Similarity To Ideal Solution) dalam pengambilan keputusan dapat mempermudah dalam memberikan  penilaian kedisiplinan siswa di SMK Ma’arif Sukoharjo  agar  penilaian dapat dilakukan dengan lebih optimal, dan waktu yang diperlukan menjadi lebih efisien sehingga siswa dapat lebih disiplin waktu, disiplin menegakan aturan, disiplin sikap, dandisiplin beribadah. Nilai yang diperoleh dari penelitian ini maka V4 merupakan  siswa yang memiliki kedisiplinan tinggi, dan V5 merupakan siswa yang mempunyai kedisiplinan yang rendah sehingga sekolah dapat memberikan tegurakn kepada V5 agar dapat lebih meningkatkan kedisiplinan.

Keywords


Penilaian Kedisiplinan, Sistem Pendukung Keputusan, TOPSIS

Full Text:

PDF

References


Kusumadewi, S., dkk., 2006, “Fuzzy Multi- Attribute Decision Making (Fuzzy MADM)”, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Turban, E.,Aronson; & J.E.; & Liang, 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems.New Jersey: Pearson Education Inc. [3] Sutrisno, Edy. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta:Prenada Media.

Sri Minarti. 2013 , Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta : Amzah.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmsit.v9i1.1223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


EXPERT: Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi

Published by Pusat Studi Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Bandar Lampung
Gedung M Lt.2 Pascasarjana Universitas Bandar Lampung
Jln Zainal Abidin Pagaralam No.89 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung,
LAMPUNG, INDONESIA

Indexed by:



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.