Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Metro No. 30 Tahun 2018 Tentang Pembayaran Pajak Secara Online Pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Metro
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Peraturan Wali Kota Metro Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pembayaran Pajak Secara Online di Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kota Metro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap sejumlah informan kunci di instansi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan telah dilakukan dengan menugaskan pegawai sesuai latar belakang dan kompetensi, namun pelaksanaannya masih belum optimal. Hambatan utama yang ditemukan meliputi kurangnya pemahaman pegawai terhadap isi kebijakan, padatnya beban kerja yang menyebabkan tumpang tindih tugas, serta keterbatasan sarana dan prasarana pendukung, termasuk akses internet. Selain itu, rendahnya literasi digital masyarakat turut menghambat efektivitas pelaksanaan kebijakan. Oleh karena itu, diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya manusia, penyediaan fasilitas yang memadai, serta sosialisasi yang lebih intensif kepada masyarakat agar kebijakan dapat diimplementasikan secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R., Rahmawati, Y., & Eprianto, I. (2023). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Sanksi Perpajakan, Pemahaman Peraturan Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Economina, 2(9), 2310–2321. https://doi.org/10.55681/economina.v2i9.812
Arikunto, S. (2017). Metode Penelitian Metode Penelitian.Metode Penelitian Kualitatif.
Barusman, A. R. P., Pranata, T. H., Agustina, M., Maulana, I., Oktaviannur, M., & Heldan, E. (2024). The Influence of Motivation, Work Environment and Work Professionalism on Employee Performance at the Office of The Regional Development Planning Agency of West Tulang Bawang Regency. Journal of Administration, Policy and Service Integration, 1(1), 85–96. http://journal.ubl.ac.id/index.php/japsi
Ekawati, E., & Setiawati, B. (2020). Efektivitas Tingkat Penerimaan Pajak Sebelum Dan Sesudah Penggunaan Pajak Online Di Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Tabalong. JAPB, 3(2), 921–935.
Hafsah, H., & Loka, R. F. (2021). Analisis Pengendalian Intern Penerimaan Pajak Bumi Dan Bangunan Pada Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kota Medan. LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI), 4(1), 24–37. https://doi.org/10.30596/liabilities.v4i1.6724
Hariyanto, H. (2020). Hubungan Kewenangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah Berdasarkan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Volksgeist: Jurnal Ilmu Hukum Dan Konstitusi, 3(2), 99–115. https://doi.org/10.24090/volksgeist.v3i2.4184
Hubalillah, H., Badaruddin, B., & Kusmanto, H. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Bus Samsat Keliling Unit Pelayanan Pendapatan Daerah Medan Selatan Badan Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Provinsi Sumatera Utara. PERSPEKTIF, 11(1), 372–384. https://doi.org/10.31289/perspektif.v11i1.5662
Liswatin, L. (2022). Inovasi Pengelolaan Pajak Dan Retribusi Daerah Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Konawe. Sibatik Journal, 1(3), 83–96.
Malik, M., & Verawati, N. (2015). Compensation Policy Implementation Of Fuel Oil, In The District Konawe, Southeast Sulawesi Province (Study on Implementation of Direct Cash Assistance). International Multidiciplinary Conference on Social Sciences (IMCoSS), 1, 21.
Mansur, J. (2021). Implementasi Konsep Pelaksanaan Kebijakan dalam Publik. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, 6(2), 324. https://doi.org/10.30829/ajei.v6i2.7713
Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI(1), 1–18.
Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan e-government dalam pelayanan publik (studi kasus: Mal pelayanan publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 45–57.
Perdana, N., Sanjaya, H., Holawarno, I., Rudin, M., Purnomo, A., Wahyudi, A., & Suharyo, A. (2024). Implementation of Mayor’s Regulation Number 27 of 2021 Concerning Talent Management of Civil Servants in the Government Bandar Lampung City. Journal of Administration, Policy and Service Integration, 1(1), 24–36. http://journal.ubl.ac.id/index.php/japsi
Permatasari, I. A. (2020). Kebijakan Publik (Teori, Analisis, Implementasi Dan Evaluasi Kebijakan). TheJournalish: Social and Government, 1(1), 34–38. http://thejournalish.com/ojs/index.php/thejournalish/index
Rahmatullisa, S., Astuti, M., & Hidayat, H. (2024). Pelaksanaan Pelayanan Publik di Kantor Badan Pengelola Pajak Daerah Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir. EKOMA: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, 3(3), 935–945.
Ramdhani, A., & Ramdhani, M. A. (2017). Konsep Umum Pelaksanaan Kebijakan Publik. Jurnal Publik, 11(1), 1–12. www.jurnal.uniga.ac.id
Setijaningrum, E. (2017). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik: Best Practice di lndonesia. Airlangga University Press (AUP).
DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v10i3.4285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.