ANALISIS PERANAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI PADA SEKRETARIAT DEWAN PENGURUS KORPRI KABUPATEN TANGGAMUS

Rola Pola Anto, Ruwiyati Ruwiyati

Abstract


Korps Pegawai Republik Indonesia, atau disingkat KORPRI, adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa. Meski demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan. KORPRI yang merupakan wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia.

Rumusan dalam penelitian ini adalah: 1). Apa peran gaya kepemimpinan, kinerja organisasi, aspek apa yang menghambat dan mendukung, upaya apa yang telah dilakukan dalam mengatasi hambatan dan masalah di Sekretariat Dewan Manajemen Korpri Kabupaten Tanggamus.

Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan metode dokumentasi.

Hasil penelitian tentang Analisis Peranan Gaya Kepemimpinan Dalam Peningkatan Kinerja Organisasi Pada Sekretariat Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia Kabupaten Tanggamus dapat disimpulkan : Gaya Kepemimpinan yang diterapkan dalam Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Tanggamus adalah Gaya Kepemimpinan Situasional. Kinerja Organisasi di Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Tanggamus sudah optimal. Dalam melaksanakan aktivitas kepemimpinan juga dapat dipengaruhi oleh aspek penghambat dan pendukung diantaranya kurangnya kemampuan, kecakapan, dan keahlian kinerja pegawai. Disamping itu ketergantungan bawahan terhadap atasan apalagi dalam hal mengambil keputusan. Selain aspek tersebut satu faktor yang dapat mendorong atau menghambat kinerja aparatur adalah faktor kesejahteraan pegawai. 4). Adapun upaya apa yang telah dilakukan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Tanggamus dalam mengatasi hambatan dan masalah yaitu melakukan pembenahan kearah manajemen kinerja, dengan malakukan penataan mengenai penyusunan tujuan, penempatan pegawai sesuai dengan kemampuan individu, melaksanakan dan mengikuti kegiatan diklat bagi pegawai. Hal ini dimaksudkan agar antara faktor kepemimpinan dan budaya birokrasi difokuskan untuk mendukung peningkatan kinerja Organisasi di Sekretariat Dewan Pengurus Korpri Kabupaten Tanggamus secara keseluruhan.


Keywords


Analisis Peranan, Gaya kepemimpinan, Kinerja Organisasi

Full Text:

PDF

References


Badeni. 2014. “Kepemimpinan Dan Perilaku Organisasi”. Bandung: Alfabeta Bungin, Burhan. 2008. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja

Grafindo Persada.

Djanaid, Djanalis. 2012. Kepemimpinan: Teori dan Praktek. Malang: Indonesia Multy Management.

Gibson, Ivancevich, Donnely. 2009. Organisasi. Jakarta: Binarupa Aksara Kartono, Kartini. 2008. Pemimpin Dan Kepemimpinan, Apakah Kepemimpinan Abnormal itu? Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

, James. L, et all 2015. Organisasi dan Manajemen. Alih Bahasa: Djoerban Wahid. Edisi Keempat. Erlangga. Jakarta.

Gomes, Faustino Cordoso. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 2007. Manajemen PelatihanKetenagakerjaan Pendekatan Terpadu: Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta

Juliani, Retno Djohar. 2016. “Peran Pemimpin Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan Melalui Kemampuan Motivasi, Membangun Hubungan Yang Efektif, Merencanakan Dan Menerapkan Perubahan Dalam Organisasi”. Majalah Ilmiah Inspiratif, Volume 1 No. 1

John M. Ivancevich, Hersey-Blanchard 2007. Perilaku dan Manajemen Organisasi: (Jilid 2 Edisi 7), Erlangga. Jakarta.

Mangkunegara, A.A.A. Prabu. (2009). Manajemen Sumberdaya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosakarya.

Masrukhin dan Waridin. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, BudayaOrganisasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pegawai. EKOBIS. Vol 7. No 2.

Mathew J. Miles, dan A. Michael Huberman. 2012, Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode Baru, Jakarta : UI Press.

Moeheriono. 2009. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetens. Bogor: Ghalia Indonesia.

Moleong, J. Lexy. 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Nawawi, Hadari. 2012. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pasolong, Harbani. 2008. Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: C.V. Alfabeta. Rahmi, Sri. 2014. “Kepemimpinan Transformasional Dan Budaya Organisasi”.

Jakarta: Mitra Wacana Media.

Setiawan, R. (2016). Peranan Etika Aparatur Sipil Negara Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandar Lampung. Jurnal e-JKPP. Vol. 2 (2).

Setiawan, R. (2017). Partisipasi Publik Dalam Program Bantuan Listrik Pedesaan Masyarakat Kabupaten Mesuji. Jurnal e-JKPP. Vol. 3 (3).

Siagian, P. Sondang. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Simamora, Henry. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. STIE YKPN. Yogyakarta.

Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. 2009. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sedarmayanti. 2011. “Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil”. Bandung: PT Refika Aditama.

Sugandha, Dann. 2006. Kepemimpinan Di Dalam Administrasi. Bandung: C.V. Sinar Baru.

Sugiono, (2009). Metodologi Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta Moleong, Lexy J. 2007. “metodologi penilitian kualitatif.” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sukarna. 2009. Kepemimpinan Dalam Administrasi. Bandung: Mandar Maju. Sutarto. 2009. Dasar-Dasar Kepemimpinan Administrasi. Yogyakarta: Gajah

Mada University Press.

Thoha, Miftah. 2010. Kepemimpinan Dalam Manajemen (Suatu Pendekatan Perilaku). Jakarta: Rajawali.

Umar, Husein. 2009. Riset SDM dalam Organisasi. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama Jakarta.

Wibowo. 2010. “Manajemen Kinerja”. Edisi Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers. Yulk, Gery. 2010. Kepemimpinan D




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/ejkpp.v4i3.1839

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.