Analisis Investasi Bangunan Ruko dengan Metode Break Event Point, Payback Periode, dan Net Present Value

Sugito SUGITO

Abstract


Ruko adalah singkatan dari rumah toko. ruko selain berfungsi sebagai sarana untuk tempat tinggal juga merupakan sarana sebagai tempat melakukan aktifitas ekonomi. Seiring makin banyaknya jumlah peminat dan maraknya permintaan akan ruko banyak investor saling berlomba - lomba untuk menginvestasikan modal mereka pada pembangunan ruko. Hal ini sangat nampak dan dapat kita lihat dari maraknya pembangunan ruko saat ini. Investasi pada bidang pembangunan ruko ini merupakan suatu usaha yang cukup menjanjikan bagi para investor.

 

Investasi menjanjikan keuntungan, akan tetapi juga mengandung beberapa resiko dan ketidakpastian, yang dapat mempengaruhi pertimbangan dan keuntungan investor. Untuk itulah, sebelum memutuskan untuk menanam investasi perlu dilakukan suatu analisis kelayakan antara lain dengan menggunakan metode Break Even Point (BEP), PayBack Periode (PP), dan Net Present Value (NPV). Hal ini dilakukan agar resiko, ketidakpastian, dan kegagalan dalam investasi ini dapat dicegah jauh sebelum keputusan investasi diambil dan dilaksanakan. Bahkan investor dapat memperhitungkan dan memprediksi keuntungan yang dapat diperoleh dikemudian hari.

Keywords


Break Event Point; PayBack Periode; Net Present Value.

Full Text:

PDF

References


I Nyoman Pujawan, 1995. "Ekonomi Teknik Edisi Pertama Cetakan Kedua". Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya. Guna Widya Surabaya, Indonesia.

Eugene L. Grant, W. Grant Ireson, Richard S. Leavenworth, 1993. "Dasar - Dasar Ekonomi Teknik Jilid 1". PT. Rineka Cipta Jakarta, Indonesia.

Gatut Susanta, 2007. "Panduan Lengkap Membangun Rumah Toko". PT. Penebar Swadaya Jakarta, Indonesia.

"Pajak Bumi Dan Bangunan Seri 01". Direktorat Jenderal Pajak 2007. Bandar Lampung, Indonesia.

"Pajak Penghasilan Seri V Direktorat Jenderal Pajak 2007. Bandar Lampung, Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v7i2.921

Article Metrics

Abstract view : 211 times
PDF - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.