Studi Kasus Kerusakan Jalan Struktur Ruas Jalan Terbanggi Besar – Bujung Tenuk Kabupaten Tulang Bawang

Hery Riyanto

Abstract


Jalan merupakan prasarana transportasi yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dan aktivitas kehidupan manusia sehari-hari, apalagi jika dilihat dari peran jalan sebagai urat nadi kehidupan masyarakat, peningkatan taraf hidup masyarakat sangat berpengaruh terhadap aktivitasnya, sehingga kebutuhan akan jalan sebagai sarana transportasi meningkat seiring dengan mobilisasi manusia maupun pendistribusian barang dari pembangunan suatu daerah melalui Dirjen Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum terus membangun sarana dan prasarana jalan. Dengan dibangunnya sarana jalan maka akan mempermudah arus transportasi barang maupun orang, yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Karena hal tersebut diatas, maka peningkatan pelayanan lalulintas menjadi sangat penting, sehingga perlu dilakukan langkah - langkah sebagai berikut : (1) Peningkatan kapasitas jalan, mencakup pelebaran, perbaikan lapisan struktur perkerasan dan meningkatkan kelas jalan yang dapat memberikan pelayanan selama umur rencana; (2)       Menemukan biaya transportasi, yaitu dengan memperrbaiki jaringan jalan dan standar jalan sehingga waktu dapat dipersingkat dan Biaya Operasional Kendaaran (BOK) dan ditekan.

 

Pada penelitian ini mengambil studi kasus Jalan Terbanggi Besar - Bujung Tenuk Kabupaten Tulang Bawang saat ini dalam kondisi rusak yang berbentuk retak-retak memanjang, menurut informasi dari dinas terkait bahwa beberapa waktu yang lalu jalan tersebut baru saja dilapis ulang (Overlag) dengan sistem sapu lobang (Saplob),akan tetapi masih saja mengalami kerusakan sebelum masa layannya habis. Oleh karena itu perlu dicari solusi yang tepat untuk mengatasi kerusakan struktur jalan tersebut. Untuk memudahkan dalam menganalisis, maka dibuat batasan - batasan yang meliputi : (1) Struktur Perkerasan, (2) Beban Lalu Lintas, (3) Kronologis dan teknik pelaksanaan.


Keywords


Pengujian Lapis Permukaan (ATB); Pengujian Lapis Tanah – Semen; Pengujian Tanah Dasar; Overlay; Kronologis Teknik Pelaksanaan.

Full Text:

PDF

References


AASTHO, Guide Foi Desigu of Pavement Structures. Washington D.C. 1986.

Braja M. Das, 1988, Mekanika Tanah Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis Jilid IX Penerbit Erlangga, Jakarta.

Dirjen Bina Marga, Buku Pedoman Penentuan Tebal Perkerasan ( Fleksibel ) Jalan Raya No. 04/PD/BM/1974, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.

Dirjen Bina Marga, Manual Pemeliharaan Jalan No.03/MN/B/19S3. Badan Penerbit Pekerjaan Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v7i2.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.