Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas dan Penentuan Daerah Aman Terhadap gangguan Kebisingan (Jl. Soekarno – Hatta)

Junardi JUNIARDI

Abstract


Masalah kebisingan menjadi satu bagian dari berbagai macam masalah lingkungan yang diambil dalam Analisis Tingkat Kebisingan Lalu Lintas ini. Secara umum, kebisingan diartikan sebagai suara dari sistem yang tidak dikehendaki. Pertimbangan mengenai kebisingan memerlukan hubungan yang eksplisit terhadap tiga elemen penting. Yang pertama adalah kebisingan yang dipancarkan, yang kedua adalah penerima kebisingan ini, seorang atau suatu kegiatan, dan yang ketiga adalah jalur gerak tempat kebisingan ditransmisikan dari sumber ke penerima. Karakterisitik dari masing-masing elemen ini dapat menentukan tingkat kebisingan. Tetapi dalam batas tertentu respon manusia terhadap kebisingan karena tingkat terganggunya kebisingan karena tingkat terganggunya kebisingan Kebisingan pada transportasi terutama dari kendaraan jaian cukup besar, walaupun pada beberapa keadaan terdapat kebisingan dari sumber lain yang cukup menggangu seperti jalan kereta api, hal ini disebabkan kebisingan dijalan raya yang berlalu lintas tinggi sangat tinggi.

 

Namun potensi kebisingan terhadap daerah pemukiman akan berdampak terhadap gangguan aktifitas manusia sehingga dalam masalah ini diperlukan penelitian pada daerah yang cukup memiliki potensi yang cukup besar, yaitu Jalan Soekarno-Hatta tepatnya didepan Rumah Sakit Imanuel. Pengamatan dilakukan terhadap semua kendaraan bermesin untuk kedua arah (arah menuju Hajimena dan menuju Panjang). Perhitungan mengenai besarnya tingkat kebisingan lalulintas di sini tidak bisa dilakukan dengan rumus Galloway, karena menurut persyaratan rumus tersebut hanya berlaku untuk volume lalulintas rata-rata di atas 1000 kendaraan / jam, sedangkan pada hari ini volumenya hanya 930 kendaraan/jam

Keywords


Rumus Galloway; Tingkat Kebisingan.

Full Text:

PDF

References


Morlok, Edwar K, 1978. Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi, Terjemahan Penerbit Erlangga, Jakarta.

Hobbs, FD, 1979. Traffic Planning Engineering, Cox and Wayman Ltd, London.

Hardjosoemantri, Koesnadi, 1985. Hukum Tata Lingkungan, Gajah Mada Universitas Press.

Soeratmo, Gunarwan, 1988. Analisa Mengenai Dampak Lingkungan, Gajah Mada Universitas Press. Yogyakarta.

Prawiro, Ruslan H, 1983. Ekologi Lingkungan Pencemaran, Satya Wacana Press. Semarang.

Vasirani, VN, 1981. Transportation Engineering, Khana Publisher, New Delhi.

Doelle, Leslie L, 1972. Environmental Accoustic, Mc GrawHill, New York.

, 1972. U.S Departement of Transportation, Transportation Noise and Lts Control, Office of the Sefcretary, Washington DC.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v5i2.900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.