PERBANDINGAN PERKERASAN KAKU DAN PERKERASAN LENTUR BERDASARKAN BIAYA DAN UMUR RENCANA (STUDI KASUS LOT-3 JEMBATAN KRETEK 2 BANTUL)

Muhammad Nauval Ibrahim, Alfa Narendra

Abstract


Pembangunan LOT-3 Jembatan Kretek 2 merupakan bagian dari Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) Pulau Jawa. Jembatan ini dibangun dengan tujuan menyambungkan ruas jalan Samas–Kretek dan Kretek– Parangtritis Kabupaten Bantul yang terpisah aliran Sungai Opak. Pada penelitian ini akan membahas perbandingan perencanaan perkerasan kaku dan perkerasan lentur pada lokasi proyek LOT-3 Jembatan Kretek 2 yang akan berpedoman pada Manual Desain Perkerasan Jalan 2017 Bina Marga. Kemudian akan dibandingkan dari kedua perkerasan tersebut, sehingga mendapatkan perkerasan yang lebih ekonomis dan berumur panjang. Berdasarkan hasil pengolahan data pada perkerasan lentur direncanakan dengan tebal AC-WC = 40 mm, AC-BC = 60 mm, AC-Base = 160 mm, LPA Kelas A = 300 mm, dan lapis penopang = 100 mm. Sedangkan pada perkerasan kaku digunakan perkerasan beton semen dengan sambungan tanpa tulangan dengan tebal pelat beton = 300 mm, lapis beton kurus = 100 mm, lapis drainase = 150 mm. Dari analisis dan perhitungan didapatkan RAB untuk perkerasan lentur Rp15,382,772,000.00 dengan umur rencana 20 tahun sedangkan perkerasan kaku Rp18,093,230,000.00 dengan umur rencana 40 tahun. Maka dapat disimpulkan bahwa lebih ekonomis perkerasan kaku karena dengan harga 14,98% lebih mahal tetapi memiliki umur rencana dua kali lipat.

Keywords


perkerasan lentur, perkerasan kaku, rancangan anggaran biaya

Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. Manual

Desain Perkerasan Jalan, Kementerian

Pekerjaan Umum Dan Perumahan

Rakyat, Jakarta

Haryadi, B., & Narendra, A. (2016). Vehicle

headway distribution models on two-lane

two-way undivided roads. Int J Innov Res

Adv Eng, 7(3), 2349–2763.

Lestari, I. (2013). Perbandingan Perkerasan Kaku

dan Perkerasan Lentur. Jurnal

Transportasi, 7(1), 133–134.

Maharani, A., & Wasono, S. B. (2018).

Perbandingan Perkerasan Kaku Dan

Perkerasan Lentur (Studi Kasus Ruas

Jalan Raya Pantai Prigi-Popoh Kab.

Tulungagung). Ge-STRAM: Jurnal

Perencanaan Dan Rekayasa Sipil, 1(2),

–94.

Nurahmi, O., & Kartika, A. A. G. (2012).

Perbandingan Konstruksi Perkerasan

Lentur dan Perkerasan Kaku serta

Analisis Ekonominya pada Proyek

Pembangunan Jalan Lingkar Mojoagung.

Jurnal Teknik ITS, 1(1), E63–E68.

https://doi.org/10.12962/j23373539.v1i1.

Pd T-14-2003. Perencanaan Perkerasan Jalan

beton Semen. Department Permukiman

dan Prasana Wilayah, Kementerian

PUPR. Jakarta.

Peraturan Bupati Bantul Nomor 89 Tahun 2020.

Standarisasi Harga Barang Dan Jasa.

Pemerintah Kabupaten Bantul. Bantul

Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 84 Tahun

Analisis Harga Satuan Pekerjaan

Konstruksi. Walikota Yogyakarta.

Yogyakarta

Salim, A. K., Darmawan, M. A., & Wibowo, H.

(2020). Analisa Perbandingan Biaya

Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur

Pada Proyek Jalan Middle Ring Road

Kota Makassar. Jurnal Teknik Sipil

MACCA, 5(1), 41–47.

Satria, R. A. (2016). Studi Analisa Perbandingan

Perkerasan Lentur dengan Perkerasan

Kaku pada Ruas Jalan Ajung Kabupaten

Jember. UNIVERSITAS

MUHAMMADIYAH JEMBER.

Sukirman, S. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya.

Nova, Bandung.

Wafa, M. I., & Narendra, A. (2022). Pengaruh

Infrastruktur Transportasi Terhadap

Gross Domestic Product (GDP) Per

Capita Pada Negara-Negara Anggota

ASEAN. REKONSTRUKSI TADULAKO:

Civil Engineering Journal on Research

and Development, 1–6.

https://doi.org/10.22487/renstra.v3i1.416




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i2.3479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs slot 4d