DOMINASI HALANGAN SAMPING TERHADAP ARUS BERJALAN DI SIMPANG ATAS FLYOVER KEMILING (STUDI KASUS: FLYOVER KEMILING DAN JALAN PRAMUKA KOTA BANDAR LAMPUNG)

Doni Firdaus, A. IKHSAN KARIM

Abstract


Kota Bandar Lampung berkembang dengan pesat. Salah satunya pada simpang Flyover Kemiling dan Jalan Pramuka yang merupakan salah satu kawasan komersil di kota Bandar Lampung. Kawasan ini terdapat pusat permukiman dan pendidikan seperti: SD 5 Sumber Rejo, Perumahan Monic Kluster Kemiling, dan lain-lain. Pada simpang ruas jalan ini adalah salah satu simpang terpadat di Kota Bandar Lampung, jalan ini berada di kecamatan Kemiling yang menghubungkan Jalan Imam Bonjol, Jalan Teuku Cik Ditro dan Jalan Pramuka. Mandek ini juga terjadi dikarenakan adanya alat angkutan berhenti di sekitar pulau jalan depan flyover kemiling akibat adanya tundaan antrian yang disebabkan jalan dari arah terminal tidak satu arah lagi sehingga banyak terjadi tundaan antrian dari arah terminal menuju bawah dan atas flyover kemiling dan sebaliknya. Lokasi penelitian yaitu terletak di Jalan atas Flyover Kemiling Kota Bandar Lampung dan Jalan Pramuka Kota Bandar Lampung. Analisis data dilakukan setelah semua data rakitan survei terkumpul. Dalam pengolahan data untuk mengetahui nilai arus berjalan dan halangan samping dianalisis dengan menggunakan PKJI 2014 dan pengolahan data untuk mengetahui dominasi halangan samping terhadap arus berjalan dianalisis dengan bantuan program SPSS. Arus berjalan tertinggi sebesar 910 skr/jam pada pukul 14.00-15.00 WIB pada datum Senin tanggal 30 Mei 2022 di ruas Jalan Flyover Teuku Cik Ditiro Arah ke Tanjung Karang Kota Bandar Lampung, sedangkan halangan samping tertinggi di Jalan Flyover Teuku Cik Ditiro Kota Bandar Lampung sebesar 472.2 kejadian/jam pada jam 17.00-18.00WIB pada datum Senin tanggal 30 Mei 2022 dengan kelas halangan samping sedang (S). Arus berjalan tertinggi sebesar 965.4 skr/jam pada pukul 16.00-17.00 WIB pada datum Minggu tanggal 29 Mei 2022 di ruas Jalan Pramuka Arah ke Tanjung Karang Kota Bandar Lampung, sedangkan halangan samping tertinggi di Jalan Pramuka sebesar 557.2 kejadian/jam pada jam 17.00-18.00WIB pada datum Senin tanggal 30 Mei 2022 dengan kelas halangan samping tinggi (T). Dari rakitan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS diperoleh regresi linier berganda yang positif, yaitu: sebesar 66.7% di Jalan Pramuka Kota Bandar Lampung.

Keywords


Halangan Samping, Arus Berjalan

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Iskandar. 2019. Rekayasa

Berjalan. Jakarta: Direktorat Jenderal

Perhubungan Darat.

Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung,

G.R. Wells. 2018. Rekayasa Berjalan.

Jakarta: Bhratara.

Hadihardaja, Joetata. 2015. Sistem

Transportasi. Jakarta: Gunadarma.

Kementerian Pekerjaan Umum. 2014.

Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia,

Jakarta.

Priyatno, Duwi. 2013. Analisis Korelasi,

Regresi, Multivariasi dengan SPSS.

Yogyakarta: Gaya Media.

Saputra, Roni. 2013. Statistik Terapan.

Padang: Jurnal Stikes Perintis Sumbar.

Sujarweni, Wiratna. 2014. Metode

Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Tamin, O. Z, 2018. Perencanaan,

Pemodelan dan Rekayasa Transportasi.

Bandung: ITB Bandung.

Wahana Komputer. 2010. Mudah Belajar

Statistik dengan SPSS 18. Semarang: ANDI.

Wijayanto, Yudha. 2017. Analisis Kecepatan

Alat angkutan pada Ruas Jalan Brigjen

Sudiarto (Majapahit) Kota Semarang dan

Dominasinya Terhadap Konsumsi Bahan

Bakar Minyak (BBM). Semarang:

Simposium Tesis Universitas Diponegoro.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v14i1.3061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.