Analisis Penggunaan Metode Pembebanan All Or Nothing Dan Equilibrium Assignment Dalam Mengestimasi Parameter Matriks Asal Tujuan Berdasarkan Arus Lalulintas

Untung Suhendro, Rahayu Sulistyorini

Abstract


Pergerakan sebagai bagian dari suatu sistem transportasi terjadi setiap hari karena hampir selalu kebutuhan hidup masyarakat tidak dapat dipenuhi di tempat tinggalnya. Kebutuhan pergerakan (demand) selalu menimbulkan permasalahan, khususnya pada saat beberapa/kelompok orang ingin bergerak dengan tujuan dan saat yang sama di dalam suatu daerah tertentu. Diperlukan sistem sediaan (supply) atau prasarana transportasi seperti jaringan jalan yang cukup sebagai sarana bagi kebutuhan pergerakan. Sehingga memperkirakan jumlah kebutuhan pergerakan merupakan bagian awal yang terpenting dalam sebuah proses perencanaan transportasi selanjutnya. Untuk mengurangi masalah-masalah tersebut, perlu dibuat perencanaan transportasi yang dapat meramalkan bahwa kebutuhan pergerakan dalam bentuk perjalanan orang, barang atau kendaraan dapat ditunjang oleh sistem prasarana transportasi yang tersedia. Konsep Matriks Asal Tujuan (MAT) oleh para perencana transportasi dianggap mampu untuk memaparkan suatu pola perjalanan. MAT adalah sebuah matriks dua dimensi yang berisi informasi tentang jumlah perjalanan antar setiap bagian daerah (zona) dalam wilayah studi. Baris pada matriks menunjukkan asal sedangkan kolom menunjukkan tempat tujuan sehingga setiap isi sel matriks tersebut mewakili jumlah aliran dari pasangan zona asal dan tujuan yang sesuai. Notasi Tid menyatakan jumlah total perjalanan dari zona asal i menuju zona tujuan d. Tujuan dari penelitian ini adalah mencoba memanfaatkan data traffic count (TC) untuk membuat MAT yang selama ini dilakukan dengan survey yang mahal dan mendapatkan metode yang sesuai di kota Bandar Lampung serta mengetahui pembebanan yang ideal sehingga didapatkan rute efektif dengan biaya yang paling efisien. Pemodelan yang dilakukan dikomputasi dengan bantuan paket program EMME/2 dengan menganalisis dua metode pembebanan yaitu all or nothing dan equilibrium.

Keywords


Gravity, All or Nothing Assignment, Equilibrium Assignment, Volume Lalulintas

Full Text:

PDF

References


Evans, S.P. 1976. Derivation and Analysis of Some Models for Combining Trip Distribution and Assignment. Transportation Research 10, 3757.

Florian, Michael, Sang Nguyen, and Jacques Ferland. (1975), On the Combined Distribution-Assignment of Traffic," Transportation Science, 9, 4353.

Ortuzar, J.D. dan Willumsem, L.G. 1994. Modelling Transport, Second Edition, John Wiley & Sons.

Purwanti,O., Tamin,O.Z., Sjafruddin, A. 2000. Estimasi Model Kombinasi Sebaran Pergerakan dan Pemilihan Moda Berdasarkan Informasi Data Arus Lalu Lintas. Simposium III

FSTPT, ISBN no.979-96241-0-X.

Sulistyorini, Rahayu. 2010. Estimasi Parameter Model Kombinasi Sebaran Pergerakan dan Pemilihan Moda Dalam Kondisi Pernbebanan Keseimbangan. Disertasi Doktor. Institut Teknologi Bandung.

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Trasnportasi. Edisi II. ITB.Bandung.

Tamin, O.Z. 2008. Perencanaan, Pemodelan, & Rekayasa Transportasi.I,T B. Bandung.

Wardrop, J.G. 1952. Some Theoretical Aspects of Road Traffic Research. Prcceeding of the Institute of Civil Engineering. II (1): 325-378.

Wells, G.R. 1975. Comprehensive Transport Planning. Charles Griffin. London.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v2i2.269

Article Metrics

Abstract view : 811 times
PDF - 162 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.