EARNED VALUE CONCEPT TERHADAP BIAYA DAN WAKTU MENGGUNAKAN METODE CRASHING SHIFT KERJA Studi Kasus: Proyek Pembangunan Workshop 3 Madiun

Rama Pratama, Adwitya Bhaskara

Abstract


Pembangunan workshop 3 madiun ini merupakan salah satu bangunan baru yang direncanakan terdiri dari 2 lantai dengan material penyusun utamanya  baja. Bangunan yang direncanakan durasi sekitar 210 hari kalender dengan 8 jam kerja perhari. Bangunan mengalami keterlambatan di minggu 10 selama 20 hari setelah melakukan Earned Value Concept. Bangunan akan direncanakan menggunakan metode crashing shift kerja agar untuk meminimalisir durasi yang terlambat dan biaya lebih besar dari biaya sebelumnya. Penelitian kali ini  akan merencanakan pada Workshop 3 kota Madiun menggunakan metode crashing shift kerja. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan hasil perbandingan durasi dan biaya yang didapat dari penggunaan metode crashing shift kerja yang dianalisis dari data proyek.

     Metode penelitian bersifat deskriptif-analisis mengumpulkan data untuk perencanaan metode shift kerja dan membandingan waktu dan biaya pelaksanaan sebelum dan sesudah menggunakan metode crashing shift kerja. Data yang diambil menggunakan data sekunder yaitu data yang didapatkan melalui media perantara atau tidak dilakukan sendiri oleh peneliti. Data sekunder berupa laporan penyelidikan, penelitian sebelumnya, bukti yang telah ada dan juga dokumen-dokumen dari proyek tempat penelitian.

     Project acceleration dengan alternatif penambahan kerja shift pagi dan shift malam menunjukkan persentase durasi sebesar 28,10% atau 151 hari dan persentase biaya sebesar 1,47% lebih mahal dari total biaya sebelumnya. Rencana anggaran biaya normal untuk pelaksanaan 210 hari kalender adalah sebesar Rp. 19.416.533.660,29 sedangkan setelah di crashing biaya proyek menjadi sebesar Rp. 19.701.197.940,37.

Keywords


crashing; earned value concept, metode shift; project acceleration

Full Text:

PDF

References


Anomim, 2019. Rencana Anggaran Biaya dan Time Schedule Proyek. PT Inda Multi Solusi.

Anggraeni, Elisabeth, 2017. Analisis Percepatan Proyek Menggunakan Metode Crashing Dengan Penambahan Tenaga Kerja dan Shift Kerja. Studi kasus: (Proyek Pembangunan Hotel Grand Keisha Yogyakarta). Universitas Sebelas Maret.

Azzam, 2016. Analisis Percepatan Proyek Pembangunan Java Village Resort Dengan Menambahkan Tenaga Kerja dan Jam Kerja. Tugas Akhir. (Tidak diterbitkan), Universitas Islam Indonesia.

Dipohusodo, Istimawan. 1995. Manajemen Proyek dan Konstruksi, Kanisius, Jakarta.

Ervianto, Wulfram I. 2005. Manajemen Proyek Konstruksi, Andi Offset, Yogyakarta.

Febriatmoko, 2010. Analisa Pertukaran Waktu dan Biaya dengan Metode Time Cost Trade Off (TCTO) pada Proyek Pembangunan Rumah Susun Sederhana dan Sewa (RUSUNAWA) – Surabaya.

Harsanto, Budi. (2011). Manajemen proyek menggunakan MS Project 2010, Bandung.

Isnaini, wirda. 2016. Analisis Penjadwalan Proyek Dengan Metode Predence Diagram Method (PDM) Menggunakan MS. Project 2016. Padang.

Nugraheni, Fitri., 2009, Manajemen Proyek, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Ningrum, 2016. Penerapan Metode Crashing dalam Percepatan Durasi Proyek Dengan Alternatif Penambahan Jam Lembur Dan Shift Kerja. Tugas Akhir. Universitas Sebelas Maret.

Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 70 Tahun 2012 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden No.54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah pasal 92 ayat 3.

Ratna Sari, Intan, 2019. Evaluasi Project Acceleration pada Pekerjaan Struktur Jembatan Dengan Metode Over Time. Studi kasus: (Proyek Pembangunan Jembatan Karagan kab. Karanganyar). Universitas Teknologi Yogyakarta.

Rio Rasid, Ismanta, 2018. Analisis Percepatan Waktu Pelaksanaan Proyek Dengan Metode Shift. Studi Kasus : (Proyek Pembangunan TK Sultan Agung – Yayasan Badan Wakaf UII). Universitas Islam Indonesia.

Santoso, Wahyu, 2017. Analisis Percepatan Proyek Menggunakan Metode Crashing Dengan Penambahan Jam Kerja Empat Jam Dan Sistem Shift Kerja. Studi kasus : (Proyek Pembangunan Gedung Animal Health Care Prof. Soeparwi, Fakultas Kedokteran Hewan UGM, Yogyakarta) Universitas Islam Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jts.v11i2.1543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.