Strategi Pencitraan dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat pada PT. Pegadaian (Pesero) Cabang Teluk Betung Bandar Lampung

Wawan Hernawan

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipasi dan wawancara mendalam. Penentuan informan menggunakan Purposif Technique Sampling berdasarkan pertimbangan bahwa mereka memahami keberadaan dan aktivitas PT Pegadaian Cabang Teluk Betung Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan citra PT. Pegadaian (Pesero) Cabang Teluk Betung Bandar Lampung di lingkungan masyarakatnya dilakukan melalui proses komunikasi massa, komunikasi kelompok, dan komunikasi interpersonal.  Realisasi Program Corporate Social Responsibility melalui Program Pegadaian Peduli dan Program Pegadaian Berbagi merupakan sarana efektif dalam membangun komunikasi yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakatnya. Perwujudan komunikasi yang harmonis tersebut, dapat membentuk citra positif perusahaan dilingkungan masyarakatnya. Citra positif perusahaan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PT. Pegadaian (Pesero) Cabang Teluk Betung Bandar Lampung.

Keywords


citra perusahaan; corporate social responsibility; kepercayaan masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Anwar, Yesmil dan Adang. 2013. Sosiologi Untuk Universitas. Bandung: PT Refika Aditama.

Ardianto, Elvinaro. 2007. Metode Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif.Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Bungin, M Burhan. 2012. Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Effendy, Uchjana O. 1984. Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Faisal, Sanafiah. 1990. Penelitian kualitatif: Dasar-Dasar dan Aplikasi. Malang: Yayasan Asah Asih Asuh.

Kartini, Dwi. 2009. Corporate Social Responsibility: Transformasi Konsep Sustainability Management dan Implementasi di Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama

Kotler, Philip. 2003. Marketing Management. London : Prentice-Hall

Miles, Matthew B dan Huberman, A Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta. Universitas Indonesia Press

Moleong, Lexy J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif; Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rakhmat, jalaludin. 2009. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian; Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Soekanto, Soerjono. 1982. Sosiologi suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Suranto., 2011. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sutisna (2001. Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: Rosda

Wiryanto, 2005).Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Hernawan, Wawan. 2016. Strategi Pencitraan dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat pada PT. Pegadaian (Pesero) Cabang Teluk Betung Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.