Hubungan Persepsi Konsumen Tentang Lokasi Usaha dengan Keputusan Pembelian pada UD Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung

Sapmaya Wulan, Fransisca Susanto

Abstract


Usaha Dagang (UD) Sinar Fajar Cabang Antasari merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan makanan yaitu Martabak Bangka. Dalam menentuan lokasi usaha memerlukan berbagai pertimbangan, di antaranya kedekatan dengan pasar, arus lalu lintas, mudah dijangkau, pesaing dan lain-lain. Lokasi yang sudah dianggap strategis oleh penjual belum tentu dianggap strategis oleh konsumen. Oleh karena itu, diperlukan penilaian mengenai persepsi konsumen tentang lokasi usaha yang akanberpengaruh terhadap keputusan membeli. Masalah yang dihadapi perusahaan adalah selama ini perusahaan belum mengetahui bagaimana persepsi konsumen tentang lokasi usahanya karena belum pernah diadakan penelitian, serta peningkatan nilai penjualan dan jumlah pelanggan yang relatif kecil menunjukkan perubahan tingkat keputusan pembelian yang rendah. Permasalahan yang timbul adalah Apakah ada hubungan yang sinifikan antara persepsi konsumen tentang lokasi usahadengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari?. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada hubungan yang sinifikan antara persepsi konsumen tentang lokasi usaha dengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari. Jenis penelitian yang ini adalah penelitian kepustakaan dan lapangan dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara,dokumentasi, dan kuisioner. Penelitian ini menggunakan metode analiisis kualitatif  dengan berdasarkan hasil kuisioner yang disebarkan kepada 86 orang konsumen sebagai responden yang sedang melakukan pembelian dan analisis kuantitatif dengan menggunakan Korelasi Product Moment, Koefisien Penentu, dan Uji t.Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Korelasi Product Moment diperoleh r sebesar 0,722, yang berarti bahwa persepsi konsumen tentang lokasi usaha memiliki hubungan yang kuat dengan keputusan membeli pada UD. Sinar Fajar cabang Antasari di Bandar Lampung. Sedangkan Keputusan Membeli dipengaruhi oleh Persepsi Konsumen tentang Lokasi Usaha sebesar 52,13%, dan sisanya sebesar 47,87% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hasil uji t diperoleh thitungsebesar 9,57, sedangkan ttabel pada α = 5% sebesar 1,665,berarti thitung> ttabel (9,57 > 1,665), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa persepsi konsumen tentang lokasi usaha mempunyai hubungan yang signifikan dan positif dengan keputusan pembelian pada UD. Sinar Fajar Cabang Antasari di Bandar Lampung dapat diterima.

Trade Enterprises (UD Sinar Fajar Antasari Branch is a company engaged in the provision of food which name is Martabak Bangka. In determining the location of the business requires a variety of considerations, including proximity to markets, traffic flow, easy to reach, competitors and others. The location is considered strategic by the seller may not be considered strategic by the consumer. Therefore, it is necessary to assess the consumer perception of the business location that will affect the buying decision. Problems faced by the company is : the company hasn’t known yet about the consumer perception of their business location because it has never conducted a research, as well as low increased sales and a relatively small number of customers show a low change of purchasing decisions. Problems that arise is:  Is there any significant relationship between consumer perceptions about the location of the business and purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Antasari Branch? The purpose of this study is to analyze whether is there any significant relationship between consumer perceptions about the location of the business ans purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Antasari Branch. This type of research is the literature and field research using data collection techniques of observation, interviews, documentation, and questionnaireThis study uses a qualitative analiisis based on the results of questionnaires distributed to 86 customers as respondents who were making purchases and quantitative analysis using Product Moment Correlation, Coefficient Determinants and t test. Based on the analysis of data obtained using the Product Moment Correlation r equal to 0.722, which means that the consumer perception of the business location has a strong connection with the decision to buy at UD. Sinar Fajar Antasari branch in Bandar Lampung. While Buying Decisions influenced by Consumer Perceptions of Business Area amounted to 52.13%, and the remaining 47.87% influenced by other factors not examined. Results obtained t t test by 9.57, while ttabel at α = 5% at 1,665, meaning thitung> ttabel (9.57> 1.665), then Ho is rejected and Ha accepted. Thus, the hypothesis that the consumer perception of the business location has a significant and positive relationship with the purchasing decisions at UD. Sinar Fajar Antasari Branch in Bandar Lampung acceptable.


Keywords


Marketing Mix; Persepsi Lokasi Usaha; Keputusan Pembelian; Consumer Perception; Business Location; Purchase Decision.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2001. Prosedur Pe-nelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi Kedelapan. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Hasan, Ali. 2008. Marketing. Yogyakarta: MedPres.

Husein, Umar, 2005. Metode Penelitian. Jakarta : Salemba Empat.

Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Edisi12. Jilid 1. Indonesia: PT. Indeks.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pe-masaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Edisi Sembilan. Alih Bahasa, Hendra Teguh. Jakarta: Penerbit PT. Prenhallindo.

Kotler, Philip. 1999. Manajemen Pemasaran. Edisi keenam. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mason, Robert D. Douglas A. Lind. 1996. Teknik Statistika untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi kesembilan. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2000. Consumer Behavior. Perilaku konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.

Sodik. 2003, Consumers behavior and marketing action, (3th ed), Kent Publishing Company, Boston Massachusset, AS.

Sriyadi. 1991. Bisnis Pengantar Ilmu Perusahaan Modern. Semarang: IKIP Press.

Sugiono, 2001. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiono, 2007. Metode penelitian pen-didikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R &D. Bandung : Alfabeta

Suharno, 2010. Marketing in practice edisi pertama, yogyakarta: penerbit graha ilmu.

Supranto, J. 2001. Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga

Swastha, Basu. DH dan Irawan. 2003. Manajemen Pemasaran Modern, Yogykarta: Liberty

Tjiptono, Fandy. 2008. Service Management. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v4i1.707

Article Metrics

Abstract view : 148 times
PDF - 97 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika) Saat ini Terindeks:

Penerbit Jurnal:Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Bandar Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Technical Support by:  RYE Education Hub