Analisis Gap Harapan dan Kinerja Berdasakan Persepsi Pengunjung Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur (Studi pada Divisi Pusat Latihan Gajah)

Febriyanto FEBRIYANTO

Abstract


Quality is a major factor that must be owned by an institution in selling products so that customer satisfaction can be realized. Therefore, it is necessary to analyze the gap of Visitor Expectations and Perceptions of Way Kambas National Park in Lampung Timur especially in Division Elephant Training Center (PLG). The study population was large or may be infinite, because it involves the whole visitor of Way Kambas National Park Division of PLG. This study used a sample of 272 respondents, regardless of gender, income and education. The sampling technique used is convenience method. Research variables are: visitor satisfaction (expectancy) and quality of service (service quality) covering Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy and Tangibles. The analysis tools are Validity test, Reliability and Methods SERVQUAL with Cartesian diagram. Based on data analysis has been performed, the authors concluded that the level of quality service to the satisfaction gap is still quite large visitor. It can be seen from the results of the analysis through Cartesian diagram, based on the chart dimensions of service quality (performance) provided the manager is below the expectations of consumers or log in quadrant II (Under Action), which means that high consumer expectations for PLG attractions National Parks Way division Kambas Elephant Training Center, but the quality of service (performance) after visiting still below expectations (Under action).

Kualitas merupakan faktor utama yang harus dimiliki oleh suatu institusi dalam menjual produknya sehingga kepuasan konsumen dapat terwujud. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis Gap Harapan dan Persepsi Pengunjung pada Taman Nasional Way Kambas Lampung Timur khususnya pada Divisi Pusat Latihan Gajah (PLG). Populasi penelitian ini adalah pupulasi besar atau dapat dikatakan tak terhingga, karena melibatkan seluruh pengkunjung Taman Nasional Way Kambas Divisi PLG. Dalam penelitian ini digunakan sampel sebanyak 272 responden tanpa membedakan jenis kelamin, pendapatan dan pendidikan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode convinience sampling. Variabel penelitian yang akan diuji adalah: Kepuasan pengunjung (tingkat harapan) dan Kualitas pelayanan (service quality) yang meliputi Reliability, Responsiveness, Assurance, Empathy, dan Tangibles. Alat analisis yang digunakan adalah Uji Validitas,Uji Reliabilitas dan Metode SERVQUAL dengan Diagram Cartesius. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, penulis menyimpulkan bahwa tingkat Gap kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung masih cukup besar. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil analisis melalui diagram kartesius, berdasarkan diagram tersebut dimensi kualitas pelayanan (kinerja) yang diberikan pihak pengelola masih berada dibawah harapan konsumen atau masuk dalam kuadran II (Under Action), artinya harapan konsumen tinggi terhadap objek wisata PLG Taman Nasional Way Kambas divisi Pusat Latihan Gajah, namun kualitas pelayanan (kinerja) yang dirasakan setelah berkunjung masih dibawah harapan (Under action)


Keywords


Gap Expectations and Perceptions; Quality Service; Visitor Satisfaction; Methods SERVQUAL

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari. 1992. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alpabeta.

Angel, James F; Roger D, Black Well dan Paul W Miniard. 1994. Perilaku Konsumen, Edisi ke-6 Jilid I Cetakan Pertama. Jakarta: Binarupa Aksara.

Indrianto, Nur dan Bambang Supomo. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE.

Kotler dan AB Susanto. 2003. Manajemen Pemasaran Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: PPM.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa: Teori dan Praktek. Jakarta: Salemba Empat.

Mustafa EQ, Zaenal. 1995. Pengantar Statistik Terapan untuk Ekonomi. Yogyakarta: BPFE UII.

Nursya’ban, Purnama. 2002. Tinjauan Kendala-kendala Potensial Penerapan Total Quality Manajemen.

Subagyo, Pangestu. 2000. Manajemen Operasi. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE.

Subiyakto, Haryono. 1999. Ukuran Kualitas jasa: Gap Antara Kinerja dan

Harapan atau Kinerja?. Wahana, Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi, Vol.2 No.1. Yogyakarta: AA-YKPN.

Sugiyono. 2004. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Supranto, J. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan: Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Tjiptono, Fandy. 2002. Manajemen Jasa. Edisi I, Cetakan III. Yogyakarta : Andi Offset.

Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Yamit, Z., (2001), Manajemen Kualitas Produk dan Jasa, Edisi I, Cetakan 1, Yogyakarta: Ekonosia FE UII.

Febriyanto. 2011. Analisis Gap Harapan dan Kinerja Berdasakan Persepsi Pengunjung Taman Nasional Way Kambas di Lampung Timur (Studi pada Divisi Pusat Latihan Gajah). Universitas Bandar Lampung




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v2i1.48

Article Metrics

Abstract view : 190 times
PDF - 5843 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.