Netralitas Media Lokal pada Masa Kampanye Pemilu Presiden 2024 (Analisis Isi pada Rubrik Lampung Memilih, Surat Kabar Harian Lampung Post periode 29 November 2023 – 31 Januari 2024)

M.Hafiz Salas Saputra, Noning Verawati, Budhi Waskito, Hanindyalaila Pienrasmi

Abstract

Di dalam sebuah negara, media massa memegang peran sebagai ujung tombak pemberitaan, sebab pmberitaan media massa memiliki dampak yang signifikan. Di Indonesia, media massa memiliki karakteristik yang khas, di mana kepemilikan media massa sering kali berada di tangan ketua partai politik, sehingga hal ini menjadi sebuah topik menarik.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode penelitian kuantitatif adalah suatu metode penelitian yang berfokus pada pengumpulan data yang dapat diukur secara numerik, Pendekatan ini sering digunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian yang memerlukan data kuantitatif. Analisis isi pada penelitian berfungsi untuk menganalisis pola-pola dalam teks tertulis atau komunikasi verbal lainnya yang bertujuan untuk memahami struktur, tema, atau pesan yang terkandung.Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa Rubrik Lampung Memilih pada Surat Kabar Harian Lampung Post menunjukkan bahwa persentase nilai reliabilitas dari setiap unit analisis menunjukkan hasil 0,96%-100%. Pada unit analisis nilai berita, hasilnya nilai berita netral memiliki persentase yang lebih tinggi dibanding nilai berita positif dan negatif, sehingga Surat Kabar Harian Lampung Post menjalankan fungsinya sebagai media massa dengan semestinya.Harian Umum Lampung Post sebagai media massa tetap dapat mengarahkan para pembacanya untuk fokus terhadap suatu peristiwa melalui pemberitaannya. Hal inilah yang dapat dilakukan media massa melalui agenda setting.

Keywords

Analisis Isi, Media Massa, Pemilihan Umum

Full Text:

PDF

References

Buku

Eriyanto. (2011). Analisis Framing. LkiS Yogyakarta. PT LKiS Printing Cemerlang.

Moleong, L. J. (2016). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF EDISI REVISI. PT Remaja Rosdakarya Bandung.

Nurhadi, Z. F. (2015). Teori-Teori Komunikasi. Ghalia Indonesia.

Nurudin. (2014). Pengantar Komunikasi Massa. Rajawali Pers.

Pureklolon, T. T. (2016). Komunikasi Politik. PT Gramedia Pustaka Utama.

Raco, J. R., & Semiawan, C. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo.

Roudhonah. (2019). ILMU KOMUNIKASI Edisi Revisi. Rajawali Pers.

Ruliana, P., & Lestari, P. (2019). Teori Komunikasi. Rajawali Pers.

Romli, K. (2016). Komunikasi Massa. Grasindo.

Sarosa, S. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.

Sidiq, U., & Choiri, Moh. M. (2019). METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN (A. Mujahidin, Ed.). CV. Nata Karya.

Simarmata, Salvatore. 2014. Media dan Politik: Sikap Pers Terhadap Pemerintah Koalisi di Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia

Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta

Skripsi

Jamiah, Ririn. 2016. Pemberitaan Kampanye Pilkada dalam Media Cetak (Studi Analisis Isi Pemberitaan Kampanye Pilkada Kota Bandar Lampung di Media Cetak Harian Umum Lampung Post dan Surat Kabar Harian Radar Lampung Periode Oktober-November 2015). Ilmu Komunikasi, FISIP: Universitas Bandar Lampung.

Jurnal

Fatimah, S. (2018). Kampanye Sebagai komunikasi politik: Esensi Dan Strategi Dalam Pemilu. Resolusi: Jurnal Sosial Politik, 1(1). https://doi.org/10.32699/resolusi.v1i1.154

Fransiska, N. K. (2012). Objektivitas Pemberitaan Peserta Partai Politik Tahun 2009 Dalam Periode Kampanye Pemilihan Legislatif di Koran nasional. Scriptura, 3(2). https://doi.org/10.9744/scriptura.3.2.152-160

Morissan, et al., (2013). Teori Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia Regar, T. B., & Nur Latifah Umi Satiti, M. (2016, August 16). Pemahaman Obejektivitas Oleh Wartawan (studi Deskriptif Kualitatif Pemahaman objektivitas Tim Redaksi Koran pabelan di universitas muhammadiyah surakarta). Pemahaman Obejektivitas Oleh Wartawan (Studi Deskriptif Kualitatif Pemahaman Objektivitas Tim Redaksi Koran Pabelan di Universitas Muhammadiyah Surakarta) - UMS ETD-db. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/46278

NI’MATUSSHOLIKHAH, R. (2017, May 19). Keberimbangan Berita Dalam media siber (analisis isi berita pilkada Lampung Periode DESEMBER 2015 di Saibumi.com). Digital Library. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27069

Nur, E. S. (2020). Deskripsi Kualitatif TERHADAP peran media TV Swasta Dalam mensosialisasikan Kandidat Pilwali di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu, 2(1), 1–16. https://doi.org/10.36090/jipe.v2i1.671

Rijali, A. (2019). Analisis Data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Siahaan, H. (2001). Pers yang gamang: Studi pemberitaan jajak pendapat timor timur. Lembaga Studi Perubahan Sosial.

Soelistyowati, R. D. (2020). ANALISIS NETRALITAS MEDIA TELEVISI DALAM DEBAT PILPRES 2019. http://repository.ubharajaya.ac.id/4822/2/Volume%204%2C%20Nomor%202%2C%20Oktober%202019.pdf

Triandana, M. (2016, May 10). Netralitas Media Cetak Lokal dalam pemilihan Gubernur Lampung periode 2014-2019. Digital Library Universitas Lampung. https://digilib.unila.ac.id/22480/

Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 96–102. https://doi.org/10.33592/perspektif.v3i2.1540

Website

Agung, A. F. S. (2023, February 24). Profil Surya Paloh, Ketua Partai Nasdem Yang Memiliki bisnis media. Katadata. https://katadata.co.id/agung/ekonopedia/63f863137a68c/profil-surya-paloh-ketua-partai-nasdem-yang-memiliki-bisnis-media

Kominfo. (2017, February 7). Peraturan menteri Komunikasi Dan Informatika nomor 7 Tahun 2017 tanggal ... Kementrian Komunikasi dan Informasi. https://jdih.kominfo.go.id/produk_hukum/view/id/568/t/peraturan+menteri+komunikasi+dan+informatika+nomor+7+tahun+2017+tanggal+7+februari+2017

Lampost. co. (4530, January 1). Lampung Post Tentang Kami. lampost.co. https://lampost.co/tentangkami

Refbacks

  • There are currently no refbacks.