MPLEMENTASI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI (Studi Kasus UMKM Askha Jaya)

Mentari Anggun Meira, Noning Verawati, Wawan Hernawan

Abstract

Kehadiran Internet membawa dampak yang signifikan, terutama dalam dunia bisnis. Dampak terbesar dari kemajuan teknologi digital, yang sejalan dengan perkembangan Internet, memberikan perubahan besar dalam strategi bisnis, khususnya bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kemajuan teknologi telah merubah cara interaksi dalam komunikasi pemasaran, berawal dari face to face menjadi screen to face. Hal inilah yang mengawali UMKM Askha Jaya untuk terus beradaptasi demi memperkuat eksistensi mereka dalam dunia digital. Untuk tetap mempertahankan eksistensinya di era digital, Askha Jaya mulai menerapkan komunikasi pemasaran platform digital. Dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasarannya demi mempertahankan eksistensi bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan wawancara dan observasi langsung pada objek yang di teliti. Fokus penelitian ini menganalisis mengenai penerapan komunikasi pemasaran platform digital media sosial pada UMKM Askha Jaya untuk tetap eksis di era digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Askha Jaya dengan memanfaatkan media sosial, seperti Instagram, TikTok dan Facebook, Askha Jaya mampu mempertahankan eksistensi bisnis mereka dan bersaing di era kemajuan teknologi digital.

Keywords

UMKM; Media Sosial;Eksistensi; Komunikasi Pemasaran

Full Text:

PDF

References

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Chrismardani, Y. (2014). Komunikasi pemasaran terpadu: implementasi untuk UMKM. Neo- Bis, 8(2), 179-189.

Natania, A. T., & Dwijayanti, R. (2023). Pemanfaatan Platform Digital Sebagai Sarana Pemasaran Bagi UMKM. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(3), 343-350.

Pohan, A. (2015). Peran Komunikasi Verbal dan Nonverbal dalam Hubungan Manusia. AL MUNIR: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 5-22.

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial Dan E Commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Widodo, H. P., Rinata, A. R., & Ghofur, M. A. (2023). Implementasi Media Digital Communications Pada Pedagang Ikan Cupang Hias. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 273-283.

Yasundari, Y. (2016). Hubungan Antara Penggunaan Media Sosial Instagram Dengan Motivasi Wirausaha Pebisnis Daring (Online) Dalam Meningkatkan Produktivitas. Jurnal Kajian Komunikasi, 4(2), 207-218.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.