Pemanfaatan Media Presentasi untuk Mengasah Public Speaking Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di IAIN Kudus
Abstract
Public speaking merupakan suatu keterampilan penting yang harus dikuasai oleh mahasiswa untuk meningkatkan rasa percaya diri, kemampuan berkomunikasi, dan penyampaian ide secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran media presentasi dalam meningkatkan kemampuan public speaking mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IAIN Kudus. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif diterapkan dengan fokus pada mahasiswa KPI angkatan 2023 semester 3 yang dipilih dengan metode purposive sampling. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan wawancara semi-terstruktur, kemudian dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media presentasi seperti powerpoint membantu mahasiswa dalam menyusun materi secara sistematis, menarik perhatian, dan meningkatkan rasa percaya diri mereka. Namun, terdapat tantangan seperti masalah teknis dan kurangnya pengetahuan dalam memanfaatkan fitur-fitur media. Penelitian ini menyajikan kontribusi berupa model “Pengembangan Public Speaking Berbasis Media Presentasi” yang menekankan penggabungan teknologi dengan keterampilan komunikasi. Kontribusi dari penelitian ini tidak hanya memperkaya teori komunikasi visual, tetapi juga menawarkan solusi praktis untuk pengembangan keterampilan berbicara mahasiswa dalam berbagai situasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Aestetika, N. M. (2018). Buku ajar komunikasi interpersonal. Umsida Press, 1-106.
Davidson, J. (2003). The complete guide to public speaking. Breathing Space Institute.
Jurnal
Agung, K. F. L. (2022). Microsoft Powerpoint Sebagai Media Pembelajaran Audiovisual Pada Taman Kanak. Jurnal Pkm: Pengabdian kepada Masyarakat Vol, 5(03).
Arofah, F., & Suryandari, M. (2024). Penataan, Persiapan Dan Penampilan Presentasi Dalam Public Speaking Dengan Sebuah Pendekatan Sistematis. JURIHUM: Jurnal Inovasi dan Humaniora, 1(5), 694-700.
Astuti, N., Muntaqo, R., & Farida, N. (2024). Metode Presentasi Untuk Membangun Keterampilan Public Speaking Dan Kepercayaan Diri Siswa Dalam Pembelajaran PAI di SMAN 1 Mojotengah Wonosobo. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 3(2), 35-44.
Diana, A. A., Hasanah, H. I., & Suryandari, M. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Di Depan Umum: Strategi Dan Teknik Efektif. JURIHUM: Jurnal Inovasi dan Humaniora, 1(4), 667-671.
Goeyardi, W. (2022). Penerapan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Mata Kuliah Berbicara Lanjutan 2 Mahasiswa Sastra Cina, Fib Ub. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(3), 191-200.
Hikmah, I. M., Rusnawati, R., Galingging, N. S. B., & Fajarwati, N. K. (2024). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Komunikasi Massa Di Kalangan Pelajar. Filosofi: Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(2), 78-91.
Panjaitan, C. J., Soraya, D., Adelia, M., Syahputri, R. R., Ulhusna, R., Siregar, N. H., & Masyitah, N. (2024). Meningkatkan Kemampuan Public Speaking Siswa melalui Media Wayang Kertas. Catimore: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 27-37.
Prasetyo, A., Hazmin, G., Muchran, M., & Nugroho, G. S. (2023). Meningkatkan Keterampilan Public Speaking untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi di Depan Umum. International Journal of Community Service Learning, 7(2), 192-198.
Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 16(2).
Syazali, M., & Sobri, M. (2023). Upaya Meningkatkan Keterampilan Public Speaking Siswa Melalui Penerapan Metode Show And Tell. Jurnal El-Hikam, 16(1), 70-82.
Refbacks
- There are currently no refbacks.