https://man3pyk.sch.id/ slot thailand warunghoki88 slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor
Pengelolaan Pesan Digital Dalam Menarik Minat Pengunjung (Studi Kasus Pada Instagram Cafe Wanowan Space Bandar Lampung) | Verawati | KONTEKSTUAL : Jurnal Ilmu Komunikasi

Pengelolaan Pesan Digital Dalam Menarik Minat Pengunjung (Studi Kasus Pada Instagram Cafe Wanowan Space Bandar Lampung)

Noning Verawati, William Djunizar, Hanindyalaila Pienrasmi, M. Denu Poyo, Budhi Waskito

Abstract

Komunikasi digital dapat mendekatkan orang yang berbeda jarak. Dengan perkerkembangan komunikasi digital saat ini dapat menciptkan ide bisnis yang menguntungkan dengan membuat sebuah pesan digital disebuah media sosial dengan harapan agar pesan tersebut dapat tersampaikan kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat dapat tertarik dan dapat menarik minat pengunjung. Dalam penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan pesan digital pada Cafe Wanowan Space Bandar Lampung dalam menarik minat pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif dengan teori new media. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pengelolaan pesan digital Cafe Wanowan Bandar Lampung menggunakan teknik pengelolaan yang pesan bersifat reward appeal berupa memberikan promo kepada pengunjung, humorious appeal berupa memberikan pesan yang memiliki unsur humor, motivational appeal berupa pesan yang menyemangati pembaca, dan emotional appeal berupa pesan dibuat demgan unsur percintaan dan kekeluargaan.

 

Keywords

Pengelolaan; Pesan; Digital

Full Text:

PDF

References

Anisti. (2020). Komunikasi Digital Oral Visual Virtual. Yogyakarta: Anom Pustaka.

Aviolitasoma. (2017). Pengaruh Citra Destinasi Terhadap Minat Kunjungan Ulang Wisatawan Umbul Sewu Pengging Boyolali. Surakarta.

Budiyanto, R. d. (2004). Manajemen Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Burhanuddin. (1994). Analisis Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Cangara, H. (2009). Penghantar Ilmu Komunikasi Edisi Revisi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Cangara, H. (2016). Penghantar Ilmu Komunikasi. Bandung: RajaGrafindo Persada.

Effendy. (1984). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Rosda Karya. Effendy.

(1993). Komunikasi dan Praktek. Bandung, Remaja Pengantar Ilmu Komuniasi.

Jakarta: Grasindo Rosdakarya.

Fikri. (2018). Sejarah Media : Transformasi, Pemanfaatan, dan Tantangan.

Malang: UB Press.

Gunarso. (1995). Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jakarta: LPTK dan ISPI. Handayaningrat, S. (1997). Penghantar Studi Administrasi dan Management.

Jakarta: Gunung Agung.

Handoko. (1997). Manajemen Personalia Dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta. Hikmawati. (2017). Metodelogi Penelitian. Depok: Gaja Grafindo.

Hurlock. (1995). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Kamisa. (1997). Kamus Lengkap Bahasa Indonesi. Surabaya: Kartika.

McQuail. (2011). Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Salemba Humunika. Morissan.

…………(2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta: Kencana.

Ngalimun. (2017). Ilmu Komunikasi Sebuah Penghantar Praktis. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Rakhmat, J. (1988). Psikologi Komunikasi Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Salim, P. d. (2002). Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern

English Press.

Sinar. (2012). Teori & Analisis Wacana Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Medan: Mit ra.

Soyomukti, N. (2016). Penghantar Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta. Sutopo. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.

Terry, G. (2006). Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara. Usman, H. (2011). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Witherington. (1991). Psikologi Pnedidikan, terj. M. Bukhori. Jakarta: Rineka Cipta.

JURNAL

Errivanh, R. &. (2018). Strategi Pesan PT. Air Mancur Pada Website Dalam Membangun Citra Peduli Kepada Masyarakat. E-Journal, http://e- journal.uajy.ac.id/5313/1/JURNAL.pdf.

Indah. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.

Undiknas.

Sari, F. &. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Minat Dan Keputusan Berkunjung. Administrasibisnis, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/down load/2231/2628.

Setiawan, S. D. (2018). Pesan Pemasaran Senjata Untuk Membangun Digital Marketing. Syntaxliterate,

https://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax- literate/article/view/653/1028.

Yulianti. (2017). AKtivitas Pemilik Akun Instagram di Kota Palu yang Mengunggah Foto dengan #Ditunggudipalu. Jurnal Online Kinesik.

WEBSITE

Prawiro. (2020, Juni 01). Pengertian Pesan Digital : Definisi, Sejarah, dan Manfaat Digitalisasi Bagi Manusia. Retrieved from Maxmanroe: https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-digital.html (Diaskses pada tanggal 21 Desember 2022 pukul 22.30)

Wahyuni. (2014, Oktober 28). In-Depth Interview (Wawancara Mendalam). Retrieved from Binus: https://qmc.binus.ac.id/2014/10/28/in-depth- interview-wawancara-mendalam (Diakses pada tanggal 20 Desember 2022 pukul 21.30)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.