Komunikasi Bisnis Xiomi Dalam Menguasi Pasar Smartphone

AS Mulyadi, MA Syaripudin

Abstract

Kemampuan komunikasi merupakan keterampilan yang sangat penting dalam setiap pemasaran atau bisnis. Komunikasi bisnis yang baik dapat mempermudah interaksi dalam dinamika pemasaran. Selain itu, kemampuan komunikasi yang baik juga dapat memperbaiki kinerja dalam mencapai tujuan bisnis yang telah ditetapkan.  Penelitian ini dilakukan untuk melihat komunikasi bisnis perusahaan dalam menguasai Pasar yang semakin kompetitif setiap tahunnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis. Dari hasil analisis Penulis melihat bahwa strategi bersaing yang dilakukan Xiaomi dalam menguasai pasar Smartphone adalah dengan penerapan Komunikasi Bisnis dalam aktivitas pemasarannya. Hal ini sangat terlihat dari posisi Xiaomi yang telah menguasai pasar Smartphone dengan pengguna aktif smartphone terbesar keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika. Dan penulis memandang bahwa komunikasi bisnis yang dilakukan Xiaomi merupakan sebuah contoh bagi perusahaan yang ingin menguasai segmentasi pasar yang ditentukan sebagai strategi menghadapi persaingan yang ketat, dimana dalam pengembangan bisnisnya Xiaomi Corporation menggunakan komunikasi bisnis yang sesuai dengan perkembangan zaman.

Keywords

Komunikasi Bisnis; Strategi Pemasaran;

Full Text:

PDF

References

Burhanudin, Burhanudin, and Tasman H. Taher. 2017. “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Samsung Pada Karyawan Rumah Sakit Daerah Dr. Doris Silvanus Palangka Raya.” Al-Kalam: Jurnal Komunikasi, Bisnis Dan Manajemen 3(2):43–53.

Enika, Sari. 2021. “Komunikasi Bisnis Melalui Media Sosial Studi Kasus Pada Akun Instagram@ Kambingqurban_Aqiqah.”

Foris, Paskalino Jimmy. 2015. “Analisis Strategi Pada Perusahaan Plastik Dengan Porter Five Forces.” Agora 3(1):736–41.

Pearce, Robinson M. G. H. 2008. Manajemen Strategis 1 (Ed. 10) Koran. Penerbit Salemba.

Rangkuti, Freddy. 2009. Mengukur Efektivitas Program Promosi & Analisis Kasus Menggunakan SPSS. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, Sugiyono, and Puji Lestari. 2021. “Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, Dan Cara Mudah Menulis Artikel Pada Jurnal Internasional).”

Sulistiani, Dwi. 2013. “Mencapai Keunggulan Bersaing Dengan Strategi Diferensiasi.” EL MUHASABA: Jurnal Akuntansi (e-Journal) 4(2).

Syaripudin, M. Apun. 2015. “Competitive Business Indonesia.” Pp. 238–49 in Proceeding International Conference on Information Technology and Business.

Triartanto, A. Yudo, and Adhi Dharma Suriyanto. 2019. “Literasi Digital Melalui Aplikasi Microsoft Access Sebagai Komunikasi Bisnis Terhadap Perubahan Perilaku Konsumen (Studi Pada Warga Jatikramat, Bekasi, Jawa Barat).” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):166–73.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.