Gaya Komunikasi Pemandu Wisata Bandung Tour On Bus (Studi Kasus Pada Pemandu Wisata Bandung Tour On Bus (Bandros) Dalam Memperkenalkan Kota Bandung)

Affan Neskisyah Ramadhan, Wanti Haerani, Fatimatus Zahro, Sani Aulia Damaianti, Syifa Adira Ramadina

Abstract

Pemandu wisata Bandung Tour On Bus merupakan orang yang bertugas untuk memandu dan memberikan informasi kepada wisatawan yang menggunakan layanan Bandros (Bandung Tour On Bus) saat mengunjungi berbagai objek wisata di Kota Bandung. Bandros adalah bus wisata khas Kota Bandung yang menawarkan layanan tur keliling kota dengan rute tetap dan jadwal yang terjadwal. Pada setiap perjalanan, Bandros akan ditemani oleh seorang pemandu wisata yang bertugas untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang tempat-tempat yang dikunjungi selama tur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya komunikasi pemandu wisata Bandung Tour On Bus dalam memperkenalkan Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi partisipan dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemandu wisata Bandung Tour On Bus menggunakan gaya komunikasi yang informatif, komunikatif, menarik, persuasif, dan fleksibel. Gaya komunikasi ini digunakan untuk menyampaikan informasi tentang objek wisata di Kota Bandung kepada wisatawan dengan cara yang jelas, akurat, dan menarik. Pemandu wisata juga menggunakan humor dan contoh untuk membuat penjelasan lebih menarik. Selain itu, pemandu wisata mampu menjawab pertanyaan wisatawan dengan sabar dan memuaskan.

Keywords

Gaya Komunikasi; Pemandu Wisata; Bandung Tour On Bus

Full Text:

PDF

References

Ap, J., & Wong, K. K. (2001). Case study on tour guiding: Professionalism, issues and problems. Tourism management, 22(5), 551-563.

Badan Pusat Statistik Kota Bandung. (2019). Retrieved July 6, 2024, from Bps.go.id website: https://bandungkota.bps.go.id/indicator/16/622/1/perkiraan-jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-kota-bandung-berdasarkan-pintu-masuk-kota-bandung.html

Bungin, B. (2015). Komunikasi Pariwisata (Tourism Communication): Pemasaran dan Brand Destinasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Fatimah Salma, E. K. (2019). Gaya Komunikasi Pengemudi Go-Ride Dengan Pelanggan Dalam Memberikan Layanan Jasa Transportasi Di Kota Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi, Volume 7, Nomor 4, 2019: 103-113.

Ginanjar, A. (2017). Gaya Komunikasi Efektif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Holloway, J. C. (2006). The Business of Tourism (7th ed.). Harlow, England: Pearson Education

Hybels, S., & Weaver II, R. L. (2014). Communicating Effectively. New York: McGraw-Hill Education.

Jay, A. F. (2016). Gaya Komunikasi Tour Guide dan Kepuasan Pengguna Bus Werkudara di Kota Surakarta Tahun 2016.

Katz, E., & Lazarsfeld, P. F. (1955). Personal Influence: The Part Played by People in the Flow of Mass Communications. New York: The Free Press.

Kristiana, Y. S. (2018). Kunci Sukses Pemandu Wisata. Yogyakarta: Deepublish.

Lubis, A. (2020). Peranan Komunikasi Pemandu Wisata dalam Mempromosikan Pariwisata Islami Di Kota Medan. Al-Idarah: Jurnal Pengkajian Dakwah Dan Manajemen, 7(2).

Maulida, Heidar Nisa. 2017. Gaya Komunikasi Kepala Stasiun Dalam Membangun Kinerja Karyawan Metro TV Jawa Timur. Digital Library (online): UIN Sunan Ampel Surabaya

Moleong, Lexy. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Pikiran Rakyat. (2022). Pemandu Wisata Bandros, Gaya Komunikasi Kunci Layanan Prima.

Puspita, D. A., & Pangestuti, E. (2018). Pengaruh Komunikasi Verbal dan Nonverbal Pemandu Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan (Studi pada Wisata Religi Makam Sunan Ampel Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis, 55(1), 68-77.

Rahmawati, A. F. (2014). Pola Komunikasi Pemandu Wisata (Guide) Kampung Wisata Batik Kauman Surakarta. Journal of Rural and Development, 5(2).

Rahmawati, K. (2023). Strategi Komunikasi Pemandu Wisata Trekking Sentul Dalam Melayani Wisatawan Di Desa Karang Tengah, Kabupaten Bogor. Ikon--Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 28(3), 299-311.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2008). Human Communication: Principles and Contexts. New York: McGraw-Hill.

Widyaningrum, P. K. (2015). Pentingnya Komunikasi Pemandu Wisata dalam Meningkatkan Kepuasan Pengunjung. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 10(1), 43-54.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.