https://man3pyk.sch.id/ slot thailand warunghoki88 slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor slot gacor
Identitas Visual Metro Creative Hub Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual Untuk Meningkatkan Value Kota Metro | Wijaya | KONTEKSTUAL : Jurnal Ilmu Komunikasi

Identitas Visual Metro Creative Hub Dalam Perancangan Desain Komunikasi Visual Untuk Meningkatkan Value Kota Metro

PG Wisnu Wijaya, Refita Ika Indrayati, Winri Khairunisa

Abstract

Kota Metro sebagai data awal terbentuknya Metro Creative Hub dan memberikan referensi bentuk organisasi dan organisasi Metro Creative Hub. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menerapkan Diskusi Kelompok Terarah atau Focus Group Discussion (FGD) dan metode desain Matt Cooke guna menentukan citra Metro Kreatif Hub sebagai wahana terhubungnya antara stakeholder kreatif kota Metro. Kesimpulannya, responden menginginkan alternatif jenis logo sebagai identitas yang mencerminkan Pusat, Kreatif, Modern, Sejarah, dan Ekonomi Kreatif dengan pendekatan ruang-ruang inklusif bagi para komunitas kreatif. Dari aspek fisik, creative hub menyediakan ruang untuk berkarya bagi komunitas kreatif serta berfungsi sebagai inkubator bisnis bagi industri kreatif. Sebagai entitas fisik, creative hub biasanya terletak di satu lokasi yang berfungsi sebagai pusat kegiatan. Logo digunakan sebagai merek untuk merepresentasikan eksistensi dan konektivitas komunitas kreatif, menjadi sarana untuk lebih dalam mengeksplorasi kota Metro.

Keywords

Creative hub; Maat Cooke; Logo; Identitas Visual.

Full Text:

PDF

References

Council, B. (2016). Creative HubKit: Made by hubs for emerging hubs. London: British Council.

Cooke, M. (2006). Design Methodologies: Toward a Systematic Approach to Design. dalam A. Bennett, Ed. Design Studies : Theory and Research in Graphic Design. USA : Princeton Architectural Press.

Indonesia, R., & Tahun, I. (2019). Undang-Undang Republik Indonesia No. 24 Tahun 2019 tentang Ekonomi Kreatif. Undang-Undang Republik Indonesia, 009640, 9640–9659.

Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Krisna Imlati, M., Suprapti, A., & Siti Rukayah, R. (2016). Pusat Kreatif (Creative Hub) Di Semarang Dengan Pendekatan Ruang Fleksibel. 01(02), 21020116120029

Landa, Robin. 2011. Graphic Design Solutions, Fourth Edition. USA: PlanetFriendly Publishing.

PERWALI METRO No.44 Tahun 2018. (2018).

Rustan, Surianto. (2009). Mendesain Logo. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sherin, A. (2018). Introduction to Graphic Design : A Guide to Thinking, Process and Style. USA: Bloomsbury.

Suhada, B. (2013). Kajian Identifikasi & Strategi Pengembangan Produk Ekonomi

Kreatif Berbasis Masyarakat Lokal di Kota Metro. Derivatif: Jurnal Manajemen, 7(1).

Tinarbuko, Sumbo. (2015). Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global, Yogyakarta: Center For Academic Publishing Service

Refbacks

  • There are currently no refbacks.