Strategi Komunikasi Bisnis Waralaba Mixue: Studi pada Gerai Mixue Purwakarta

Faisal Muzzammil

Abstract


Menjamurnya gerai Mixue di Indonesia, pada awal tahun 2023 sempat menjadi sesuatu yang fenomenal dan viral di media sosial. Persebaran gerai Mixue ini sampai juga ke Purwakarta, salah satu daerah  industri yang ada di Jawa Barat. Fenomena menjamurnya gerai Mixue yang sampai ke Purwakarta ini menjadi realitas yang unik untuk diteliti dan dikaji lebih lanjut dengan pendekatan komunikasi bisnis. Berlatar belakang dari fenomena dan realita menjamurnya gerai Mixue di Purwakarta, maka secara spesifik studi ini bertujuan untuk mengungkap dan menggali lebih dalam mengenai: (1) Perkembangan bisnis waralaba Mixue di Purwakarta; (2) Strategi komunikasi bisnis waralaba Mixue di Purwakarta. Studi ini menggunakan metode studi kasus dengan landasan teori The Marketing Mix dari Neil H. Borden. Berdasarkan hasil analisis dan penggalian data, maka didapatkan dua temuan utama dalam studi ini, yaitu: (1) Ada dua aspek yang membuat bisnis waralaba Mixue berkembang di Purwakarta, yaitu aspek ekonomis dan aspek popularitas. (2) Ada dua bentuk strategi komunikasi bisnis waralaba Mixue di Purwakarta, yaitu strategi komunikasi bisnis melalui media sosial dan strategi komunikasi bisnis dengan pelayanan profesional.


Keywords


Komunikasi Bisnis;Waralaba Mixue;The Marketing Mix; Purwakarta

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Ainiyah, M., Mutamimah, F., Fahlevi, R. S., Saraswati, H., Sudrajat, B., & Hidayat, W. (2023). Pengaruh Sertifikasi Halal dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Studi Kasus pada Ice Cream Mixue Ciceri Kota Serang. Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.572349/mufakat.v1i1.396

Anjani, H. D., Irham, I., & Waluyati, L. R. (2019). Relationship of 7P Marketing Mix and Consumers’ Loyalty in Traditional Markets. Agro Ekonomi, 29(2), Article 2. https://doi.org/10.22146/ae.36400

Ayu, A. S., Dimas, A., Pratama, E. A., & Yahya, I. M. (2023). Analisis Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Berulang Mixue di Surabaya. Jurnal of Management and Social Sciences, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.59031/jmsc.v1i3.153

Azhara, S., Hidayat, M. F., Paradiba, N. P., Angraeni, D. A., Syarifa, H., Adelia, A., Soeharto, B. A. Z., Oktiani, M., & Permata, T. N. P. (2023). Pengaruh Konten TikTok Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mixue pada Mahasiswa Universitas Djuanda. Karimah Tauhid, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v2i1.7730

Borden, N. H. (1964). The Concept of The Marketing Mix. Journal of Advertising Research, 4(2), 2–7.

CNN Indonesia. (2022, December 29). Masuk ke RI 2020, Mixue Kini Punya Ratusan Gerai di Pasar hingga Mal. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20221229110042-92-893501/masuk-ke-ri-2020-mixue-kini-punya-ratusan-gerai-di-pasar-hingga-mal

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Fairus, E. N., & Fadli, U. M. D. (2023). Analisis Kompetensi SDM dalam Meningkatkan Kinerja Franchise Mixue di Kecamatan Klari. Jurnal Economina, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.55681/economina.v2i6.597

Halim, M., Wijaya, G. M., Sandi, S. P. H., & Hidayaty, D. E. (2023). Penerapan Metode Digital Marketing Pada Mixue Rengasdengklok. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5), Article 5. https://jurnal.penerbitdaarulhuda.my.id/index.php/MAJIM/article/view/206

Jain, M. K. (2013). An Analysis of Marketing Mix: 7Ps or More. Asian Journal Of Multidisciplinary Studies, 1(4), 23–28.

Layantara, S. (2016). Evaluasi Perkembangan BBQ Street Menggunakan Teori Marketing Mix 7P terhadap Fenomena Food Truck di Surabaya. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-up Bisnis, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.37715/jp.v1i2.147

Muzzammil, F. (2021). Sosiologi Komunikasi Masyarakat Industri. Jurnal Publisitas, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.37858/publisitas.v8i1.66

Muzzammil, F. (2022). Pengalaman Keagamaan Masyarakat Industri: Studi pada Karyawan PT Indorama Synthetics Tbk Purwakarta. Definisi: Jurnal Agama Dan Sosial Humaniora, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.1557/djash.v1i1.15334

Najla, N., Dewanthi, Y., & Permana, E. (2023). Strategi Mempertahankan Usaha Franchise pada Minuman Mixue di Indonesia. Journal Of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(2), Article 2. https://doi.org/10.32585/jbfe.v3i2.4099

Rizal, M., Damayanti, V., & Ramdan, M. (2023). Implementasi Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran Produk Mixue Harapan Indah Bekasi. Cross-Border, 6(1), 640–646.

Rohendi, & Muzzamil, F. (2021). Tipologi Pemilih Pemula pada Pilkada Jabar 2018: Studi tentang Tipe Pemilih dari Kalangan Remaja di Kabupaten Purwakarta. Jurnal Adhyasta Pemilu, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.55108/jap.v4i1.46

Suryaningtyas, A. P., Basalamah, M. R., & Wahyuningtyas, N. (2023). Pengaruh Harga, Brand Image dan Product Quality terhadap Pembelian Ulang Ice Cream Mixue: Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(01), Article 01. http://jim.unisma.ac.id/index.php/jrm/article/view/20364

Tiofani, K. (2022, December 20). Sejarah Mixue, Toko Es Krim yang Menjamur di Indonesia. Kompas. https://www.kompas.com/food/read/2022/12/29/121000775/sejarah-mixue-toko-es-krim-yang-menjamur-di-indonesia

Yin, R. K. (2009). Case Study Research: Design and Methods. Sage Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.36448/jik.v2i2.3466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.